Viral Gaji Kuli Bangunan Seminggu Tembus Jutaan, Ternyata Begini Lho Penjelasannya

Daftar Indodax

Viral Gaji Kuli Bangunan Seminggu Tembus Jutaan, Ternyata Begini Lho Penjelasannya – Kamu yang aktif bermedia sosial mungkin sudah sering melihat meme atau guyonan lucu tentang profesi kuli bangunan. Misalnya, “Sudahi galaumu, mari mengaduk semen bersamaku” atau “Berikan aku segelas kopi, niscaya ku bangun negeri ini”, dan masih banyak lainnya.

Beberapa waktu lalu, sebuah akun Instagram mengunggah foto yang menunjukkan rincian gaji kuli bangunan. Nominalnya terbilang fantastis padahal ‘hari kerja’ yang dituliskan bahkan hanya satu minggu. Hal ini tentu menimbulkan ‘kegaduhan’ di kalangan netizen. Seperti apa selengkapnya?

Rincian gaji kuli tembus jutaan cuma butuh waktu seminggu

Persoalan gaji ternyata menjadi salah satu topik yang mudah viral dan trending di media sosial. Terbukti beberapa waktu lalu sebuah foto berisi coretan tulisan yang disebut merupakan rincian gaji, viral di Instagram dan Twitter. Dalam foto tersebut, terdapat beberapa nama lengkap dengan jumlah hari serta nominal gaji.

Yang membuat foto ini diperbincangkan adalah nominal gaji yang tertulis di dalamnya. Untuk bekerja selama satu minggu, satu orang kuli bangunan bisa mendapatkan bayaran kurang lebih Rp1 juta. Terbayang ya kalau setiap hari bekerja? Nominalnya bisa menyamai UMR Jakarta, lho.

Tanggapan beragam netizen, Reza Arap: pengalaman pribadi langsung

Cuitan tentang gaji kuli yang ‘fantastis’ ini tentu saja mengundang komentar dari netizen. Ada yang mengamini bahwa profesi kuli memang punya bayaran yang lumayan seperti akun @syahsyaraf, “Kuli tuh gajinya gede, tapi pekerjaanya ga tetap misal sebulan full kerja, bisa dapet kerja lagi 3/4 bulan kemudian makanya itu yg bikin seakan gajinya kecil, soalnya tiap gaji di suatu proyek harus cukup sampe dapet proyek lagi”

Tak hanya itu, cuitan tentang bayaran untuk kuli bangunan ini ternyata juga membuat Reza Arap atau @yourbae, pentolan Weird Genius ikut berkomentar. “iya. emang gede kok. tapi 40% duit yang didapet itu biasanya dipake buat segala macem obat buat otot sama tulang yang pegel sama linunya ngalahin gaji wkwk. ini dari pengalaman pribadi langsung pas masih nguli yak wkwk” tulisnya.

Gubernur Jakarta tetapkan gaji minimum untuk kuli bangunan

Tahun 2019 lalu, Anies Baswedan selaku Gubernur Jakarta mengesahkan Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Upah Minimum Sektoral Provinsi Tahun 2019. Di dalamnya ada 11 sektor atau subsektor yang diatur upah minimum, termasuk untuk sektor bangunan dan pekerjaan umum seperti dari mandor, tukang gali, tukang batu, tukang kayu, dan lainnya.

Dalam aturan tersebut dinyatakan upah per hari untuk sektor bangunan dan pekerjaan umum dalam kisaran Rp157.643 hingga Rp194.274. Kalau upah sehari dikali seminggu, masuk akal jika gaji mereka bisa sampai Rp1 juta per minggu. Selain itu, Badan Pusat Statistik pusat pada Maret 2021 lalu merilis upah harian buruh bangunan (bukan mandor) rata-rata nasional yaitu Rp90.971. Nominal ini dikatakan turun sekitar 0,06% dari bulan Februari 2021.

Profesi kuli bangunan seringkali dipandang remeh, padahal nominal upah hariannya tak bisa disepelekan. Tapi sama seperti profesi lainnya, menjadi kuli bangunan juga ada kurang lebihnya. Untuk sebagian buruh bangunan mungkin saja tidak setiap hari dapat pekerjaan sehingga pendapatannya tak selalu fantastis. Meski ada juga yang laris manis dan bisa beli kendaraan motor mahal atau hobi lainnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *