Mengenal Madain Shaleh, Desa di Arab yang Terkutuk Karena Durhaka Kepada Nabi

Daftar Indodax

Mengenal Madain Shaleh, Desa di Arab yang Terkutuk Karena Durhaka Kepada Nabi – Negara Arab memang dikenal dengan kota-kotanya yang suci dan sering dikunjungi banyak orang. Bagaimana tidak, pasalnya banyak kota di sana yang berhubungan dengan perkembangan agama Islam dari awal hingga seperti sekarang. Kita tengok saja Makkah dan Madinah yang tak pernah sepi didatangi oleh muslim dari berbagai penjuru dunia.

Namun tak semua yang berada di Arab itu selalu berhubungan dengan kota suci. Seperti yang ada di Madain Shaleh yang ternyata adalah bekas kota atau kerajaan kuno yang malah terkutuk. Bahkan sampai sekarang pun jarang ada yang datang ke sana meskipun berada di Arab. Lalu seperti apakah kota terserbut? Simak ulasan berikut.

Madain Shaleh, kota kuno Arab yang dikutuk

Mungkin kamu menyangka tempat angker dan terkutuk hanya berada di negara-negara yang kepercayaan akan takhayul masih tinggi. Namun ternyata di Arab pun masih ada kota yang dianggap terkutuk.

Tempat itu adalah Madain Shaleh atau biasa disebut Hegra, sebuah pemukiman kuno yang orang Arab sendiri jarang ke sana. Hal itu tidak terlepas dari perilaku penduduk kota itu yang buruk di masa lalu dan menolak ajaran yang dibawa oleh para nabi. Akhirnya, meskipun kota ini memiliki peninggalan sejarah yang banyak, namun jarang ditemui turis, baik domestik atau mancanegara.

Kisah kaum Tsamud dan nabi Shaleh

Lalu, sebenarnya apa yang terjadi pada Madain Shaleh ini pada zaman dulu? Usut punya usut, hal itu berhubungan dengan kisah nabi Shaleh a.s. dengan kaum Tsamud. Dilansir dari laman Detik, sebenarnya kota kuno ini dulu dihuni oleh kaum Nabath, yang ternyata adalah nenek moyang dari kaum Tsamud itu sendiri.

Seperti yang diketahui kalau kaum Tsamud menolak ajaran para nabi, bahkan menzalimi para utusan Allah SWT itu. Akhirnya turunlah azab yang sangat pedih buat mereka, dimana petir dan guntur menyambar tiada henti serta membinasakan kaum Tsamud. Karena kejadian di masa lalu inilah yang membuat Madain Shaleh dijauhi oleh orang karena takut terkena azab.

Kaum Nabahth sejatinya ahli memahat

Terlepas dari perlaku penduduk Tsamud yang durhaka kepada Allah SWT, fakta mengenai majunya peradaban Nabatea di masa lalu tidak dapat dipungkiri. Bagaimana tidak, di kota kuno itu ditemukan ukiran peninggalan yang luar biasa, mulai dari Spinx hingga dewa-dewa masa lalu.

Tak hanya itu, bentuk bangunannya juga sangat bagus untuk di zamannya, semua diukir dari pegunungan hingga batu-batu yang ada di setempat. Oleh sebab itu, UNESCO sampai menobatkan Hegra atau Madain Shaleh sebagai salah satu situs warisan dunia. Hal ini disebabkan memang banyak peninggalan yang berharga yang ditemukan di sana.

Pihak Arab mencoba membuatnya sebagai destinasi

Sejatinya pihak pemerintahan Arab sendiri sudah melirik Madain Shaleh sebagai salah satu destinasi wisata. Namun keputusan ini sempat menimbulkan pro dan kotra karena ada beberapa pendapat yang menjelaskan agar tidak melewati atau singgah di daerah bekas kaum yang diazab. Ketakutan akan wisatawan juga bakal kena azab jika terus berada di sana.

Namun demikian, pemerintah Arab sudah mempersiapkan fasilitas yang memadai bagi wisatawan untuk datang ke sana. Mulai jalan yang sudah dibuat lebih halus, adanya pemandu dan lain-lain. Namun sayang sampai saat ini situs tersebut rupanya sedikit sekali yang datang berkunjung karena banyak lebih yang percaya takut terkena azab juga.

Madain Shaleh mungkin jadi salah satu pelajaran bagi diri kita. Tempat orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT bahkan setelah kaumnya tiada pun masih tetap dihinakan. Oleh sebab itu, jangan sampai kita melakukan perbuatan yang tidak diridhoi oleh Yang Maha Kuasa

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *