Perhatikan 7 Posisi Tidur yang Bisa Bikin Badan Sakit Ketika Bangun

Daftar Indodax

Perhatikan 7 Posisi Tidur yang Bisa Bikin Badan Sakit Ketika Bangun – Tidur merupakan salah satu aktivitas yang penting bagi manusia. Tidur yang berkualitas mampu menghilangkan lelah dan membuat badan kita segar di pagi hari. Sayangnya, tak semua orang bisa mendapatkan tidur yang cukup dan nyaman.

Salah satunya disebabkan karena posisi tidur yang salah. Posisi tidur yang kurang tepat bisa mempengaruhi seluruh tubuh, menyebabkan nyeri hingga kerusakan bagian tubuh dalam jangka panjang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 posisi tidur yang wajib diwaspadai jika tak mau bangun dengan badan sakit-sakitan.

1. Posisi telungkup

Sumber Gambar: klikdokter.com

Siapa sangka posisi tidur yang terasa nyaman untuk banyak orang ini ternyata sangat berbahaya. Tidur telungkup dapat membuat badan terterkan dan leher terus berputar sehingga memberikan efek buruk pada sirkulasi pernapasan. Selain itu, tidur telungkup bisa menyebabkan kerusakan pada tulang belakang hingga menyebabkan kematian mendadak.

2. Posisi telentang

Sumber Gambar: lifestyle.kompas.com

Mungkin tidur telentang termasuk salah satu posisi tidur yang baik. Tapi posisi ini bisa tak aman untuk orang yang sering mendengkur, memiliki gangguan heartburn, dan gangguan sleep apnea. Seluruh anggota mulut dalam posisi rileks dan lidah akan mengunci tenggorokan pada posisi deep sleep. Ternyata hal ini dapat memicu dengkuran yang sangat keras.

3. Posisi meringkuk

Sumber Gambar: orami.co.id

Gaya tidur seperti janin dalam kandungan ini juga memiliki dampak buruk pada tubuh. Posisi ini dapat menyebabkan sakit di bagian leher dan punggung. Sendi-sendi di tubuh juga akan terasa tegang dan nyeri, apalagi jika posisi dagu dan lutut diselipkan di dada.

4. Posisi tidur miring

Sumber Gambar: tribunnews.com

Sebenarnya tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri terasa nyaman karena bisa mengurangi sleep apnea dan mendengkur. Namun posisi ini bisa berdampak buruk jika dilakukan terlalu lama. Ketika tidur miring, khususnya untuk perempuan, payudara menjadi kendur dan kulit wajah akan cepat keriput karena efek gravitasi. Posisi ini juga dapat memperparah gangguan nyeri pada pinggul atau pundak.

5. Posisi tengkurap dengan tangan menyangga kepala

Sumber Gambar: lifestyle.kompas.com

Tidur tengkurap saja sudah sangat berbahaya, apalagi dengan tangan menyangga kepala. Dampak buruk di tubuh bisa bertambah parah. Tangan yang terlipat dan menjadi tumpuan kepala dapat membuat saraf di lengan terganggu karena aliran darah tidak lancar.

6. Posisi tidur telentang dengan bagian kepala lebih tinggi

Sumber Gambar: bolastylo.bolasport.com

Tidur telentang dengan bantal yang lebih tinggi dapat menyebabkan leher tertarik. Posisi ini sangat berbahaya karena menurunkan kapasitas paru-paru, sehingga sel-sel tubuh tak memiliki pasokan oksigen yang cukup. Tidur dengan posisi ini juga dapat menyebabkan penyakit jantung, sleep apnea dan asma.

7. Posisi tidur telentang dengan tangan ke atas

Sumber Gambar: tokopedia.com

Tidur telentang dengan tangan ke atas memang bisa membantu mencegah kerutan di wajah. Namun posisi ini menyebabkan masalah dengan refluks asam lambung dan memperparah dengkuran. Selain itu, lengan ke atas dapat menekan saraf bahu dan menimbulkan rasa nyeri.

Sebaiknya sesuaikan posisi tidur dengan kondisi kesehatan. Jika perlu, tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan saran mengenai posisi tidur yang baik bagi tubuh. Jangan sampai posisi tidur yang dianggap baik justru menimbulkan dampak berbahaya bagi tubuh kita.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *