Kuota Internet Lokal Telkomsel, Pengertian dan Cara Pakai

Daftar Indodax

Wikimedan – Khusus untuk pengguna operator seluler Telkomsel, ketika membeli atau mengaktifkan pake data internet kerap mendapat notifikasi berupa bonus kuota internel lokal Telkomsel.

Namun demikian, banyak di antara pengguna operator yang identik dengan warna merah ini tidak mengetahui apa dan bagaimana cara menggunakan paket internet lokal ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi Wikimedan akan memberikan pengertian mengenai bonus kuota internet lokal dari Telkomsel ini. Silahkan di simak.

Apa Itu Kuota Internet Lokal Telkomsel ?

Kuota internet lokal telkomsel adalah salah satu jenis pake data internet yang diberikan oleh operator selluler Telkomsel yang hanya bisa di gunakan di area atau zona tempat mengaktifkan paket internet tersebut.

Sebagai ilustrasi, apabila Anda adalah warga kota Bandung dan mengaktifkan jenis pake internet ini, maka ketika Anda bepergian ke Jakarta dan berinternetan lewat smartphone dengan kartu yang terdapat paket ini, maka paket tersebut tidak bisa digunakan.

Umumnya, jenis pake internet ini sudah bundling atau menjadi satu dengan jenis pake data yang sering dibeli, biasa ketika membeli lewat aplikasi MyTelkomsel akan ditandai dengan tulisan Local Data 4G.

Sebagai contoh, misal Anda membeli paket internet 20GB maka biasaya akan terbagi menjadi 10GB internet, 5GB internet malam, dan 5GB internet lokal.

Selain paket bundling, untuk tipe nomor telkomsel tertentu juga bisa membeli jenis paket ini secara mandiri. Dikarenakan inimerupakan paket lokal, maka biasanya untuk harga dari kuota internet jenis ini bisa dibilang lebih murah dan mempunyai kapasitas kuota yang besar.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Sesuai dengan nama paketnya, untuk cara penggunaan paket internet ini memang hanya dilokasi atau zona tempat paket internet ini di aktifkan.

Meski dibanderol dengan harga yang murah, namun salah satu kekurangan paket ini adalah paket tersebut tidak bisa digunakan di luar kota tempat paket ini diaktifkan.

Tapi tenang saja, redaksi Wikimedan punya cara jitua agar paket internet ini tetap bisa digunakan meski kalian berada diluar kota.

Bagaimana caranya? silahkan simak pannduanya berikut ini.

Untuk bisa menggunakan kuota lokal internet dari Telkomsel di daerah lain yang, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Aplikasi Fake GPS Location.

Dimana aplikasi ini akan mengubah lokasi ponsel yang kalian gunakan mengikuti area pengaktifan kuota lokal, atau dengan kata lain ponsel anda seakan-akan tetap berada di daerah asal kalian.

Sekedar tambahan, Aplikasi Fake GPS Location free dan dapat kalian unduh secara gratis di Google Play Store serta bisa dijalankan pada perangkat yang sudah di root maupun yang belum di root, jadi jangan khawatir soal kemanannnya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silahkan buka menu setting atau pengaturan pada perangkat yang kalian gunakan.
  • Selanjutnya, silahkan pilih menu “Jaringan Seluler” > lalu pilih kartu SIM Telkomsel
  • Selanjutnya, silahkan klik pada opsi “Nama jalur akses” atau APN > lalu klik tanda + untuk membuat APN baru lalu isi APN sebagai berikut:
    Nama: videomax.co
    APN: SGSN
    Proxy: – (biarkan kosong saja)
    Port: – (biarkan kosong saja)
    Menu lainnya biarkan kosong saja.
  • Selanjutnya Klik save setting  lalu akhiri dengan klik OK
  • Gunakan setting APN ini sebagai APN default pada perangkat yang kalian gunakan.

Tahap selanjutnya, sealah kalian melakukan pengaturan seperti diatas, silahkan download aplikasi Fake GPS Location pada market resmi Google Play Store.

Selanjutnya, lakukan tahapan berikut:

  • Setelah aplikasi berhasil diunduh dan terinstall, lalu buka aplikasinya.
  • Nantinya akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan Mock Location.
  • Selajutnya, silahkan Klik “OPEN SETTINGS” lalu cari opsi “Aplikasi Tiru Lokasi” kemudian pilih “Fake GPS”
  • Selanjutnya kalian tinggal pilih atau lokasi dimana kalian mengaktifkan paket ineternet lokal tersebut. Setelah nama kota atau daerah kalian ketemu, selanjutnya cukup klik tombol panah berwarna hijau maka aplikasi Fake GPS akan berjalan di latar belakang
  • Sampai pada tahap ini proses sudah selesai, dan kini kalian bisa langsung mengakses internet lokal meski kalian berada di daerah lain.

Demikian informasi mengenai apa itu kuota internel lokal Telkomsel serta bagaimana cara menggunakan paket data yang satu ini.

Cukup mudah mudah bukan? selamat mencoba.

(ikhsan)

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *