Desa Sangiang Gelar Penyuluhan dan Pelatihan Maggot Black Soldier Flay (BSF) Untuk Ekonomi Masyarakat


KAB SERANG (Banten) Wikimedan | Penyuluhan dan pelatihan maggot yang digelar oleh Desa Sangiang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Propinsi Banten yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sangiang, Selasa (22/10/2020).

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan Maggot BSF yang dihadiri oleh Camat Kecamatan Pamarayan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang, Tokoh Masyarakat Desa Sangiang yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang akan dikelola oleh UMKM maupun BUMDES Desa Sangiang.

Kepala Desa Sangiang Sugeng Wahyono mengatakan Kami mengadakan penyuluhan dan pelatihan maggot BSF gunanya untuk memperdayakan masyarakat dan menambah nilai ekonomi bagi masyarakat Desa Sangiang, Karena dengan meningkatkannya ekonomi warga otomatis kita tidak ketergantungan serta bisa beraktifitas dengan baik apalagi dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti ini

“Bagaimana caranya kita mempertahankan ketahanan pangan bagi masyarakatnya maka dari itu kami membudidayakan maggot itu salah satu cara kami mempertahankan ketahanan pangan khususnya masyarakat Desa Sangiang, Bahan baku yang menjadi bahan untuk budidaya maggot salah satunya melalui limbah ayam kebetulan di Desa Sangiang ada salah satu peternakan ayam dan limbah kotoran ayam bisa kita jadikan media untuk budidaya maggot,” Ujarnya.

Camat Pamarayan Supiyan saat diwawancarai Kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Desa Sangiang untuk melakukan pembudidayaan maggot untuk masyarakat, Sebab pembudidayaan maggot bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Desa Sangiang.

Menurut Harsono selaku Barokah Maggot Ubah Nasib (BMUN) pembudidayaan Maggot mengungkapkan Maggot telah buming di Indonesia sejak tahun 2012.

“Penanganan limbah dengan metode maggot ini bisa memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, Walaupun maggot ini pemusnah limbah akan tetapi maggot bisa dimanfaatkan kembali untuk pembudidayaan ternak ikan, Jadi pemusnahan limbah ayam dengan metode maggot sangat aman untuk dikonsumsi kembali”Jelasnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *