Cara Meredakan Nyeri Haid, Inilah Yang Harus Anda Lakukan

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Apakah Anda pernah mengalami nyeri ketika datang bulan pertama? Tidak perlu khawatir terdapat Cara meredakan nyeri haid, yaitu dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyehatkan.

Nyeri Haid akan segera sirna, lantas aktivitas apakah yang mampu menyembuhkannya? Yuk segera simak penjelasannya.

Penyebab Nyeri Ketika Haid

Sebagian besar usia remaja sampai dewasa kerap mengalami nyeri ketika haid. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari hormon dan adanya zat kimia prostaglandin.

Otot rahim menjadi berkontraksi dan memicu rasa sakit dibawah perut. Aktivitas prostaglandin yang tinggi, maka akan   membuat nyeri menjadi sangat parah.

Jika sakit selama haid dibiarkan, maka efek yang terjadi adalah kerusakan pada saluran di tuba falopi. Semua hal itu, tidak lepas adanya faktor pendukung, yaitu:

  • Perempuan yang mengalami pubertas diawal ( sekitar umur 11 tahun).
  • Usia kurang dari 30 tahun.
  • Pendarahan atau haid mengeluarkan darah terlalu banyak.
  • Mempunyai riwayat nyeri haid.
  • Pernah merokok.

 

Nah, Anda sudah mengetahui penyebab dari rasa sakit yang dialami bukan? Selanjutnya adalah cara agar rasa nyeri tersebut dapat hilang.

Cara Meredakan Nyeri Haid

Terdapat dua cara yang dapat mengatasinya, yaitu farmakologis dengan  meredakan menggunakan obat analgesik yaitu parasetamol. Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk mengatasi kram pada perut. Namun, harus tetap berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi kesalahan.

Nah, untuk cara non farmakologis tergolong sangat aman. Lantas apa sajakah  proses penyembuhan apa saja untuk mengatasinya?

1.Kompres Air Hangat

Ketika haid datang maka, Kompres perut  Menggunakan air hangat. Agar otot rahim menjadi kendur dan rasa sakit pun berkurang. Anda pun akan mengalami suasana yang nyaman.

2. Memijat Perut Menggunakan Minyak

Apabila nyeri haid datang, maka pergunakanlah minyak esensial untuk mengurangi rasa sakit. Dengan menggunakannya rasa sakit menjadi sedot berkurang. Biasanya minyak esensial yang dipakai, yaitu mawar, kayu, lavender dan cengkeh.

Cara penggunaannya campur minyak esensial dengan menggunakan minyak kelapa atau jojoba oil. Kemudian teteskan pada perut yang sakit dan pijat arah jarum jam dengan lembur.

3. Senam  aerobik

Anda dapat meredakan nyeri dengan senam aerobik ketika sedang haid. Wanita yang sering senam, akan terhindar dari kram ketika haid. Anda juga dapat melakukan hal lain, seperti bersepeda, menari, jogging dan olahraga ringan.

4. Berendam Air Hangat

Apabila Anda sedang haid, maka berendam air hangat adalah salah satu cara mengurangi rasa kram pada perut. Cobalah mencampur air hangat menggunakan minyak esensial sebagai aroma untuk merilekskan otak. Berendam selama kurang lebih 15 menit agar membuat tubuh menjadi nyaman.

5. Berlatih Yoga

Cara meredakan nyeri haid selanjutnya adalah dengan melakukan aerobik dan yoga? Aktivitas ini disinyalir mampu mengurangi rasa sakit pada perut karena haid. Perempuan yang sering menerapkan yoga selama seminggu sekali akan terhindar dari nyeri haid.

6. Mengurangi Makanan Asin Dan Kafein

Apakah Anda suka dengan makanan atau minuman yang mengandung lemak, gula dan alkohol? Lebih baik hindari selama sedang haid atau sedikit menguranginya. Sebab, jika hal ini sering Anda lakukan efek yang didapat oleh perut akan semakin parah.

Selama haid konsumsilah minuman hangat jahe atau lemon. Kedua rempah tersebut terbukti ampuh untuk mengurangi rasa sakit.

Haid adalah siklus yang dialami oleh semua wanita dewasa. Haid akan sangat menjengkelkan jika di awal mengalami rasa nyeri. Namun, Anda tidak perlu khawatir, terdapat cara meredakan nyeri haid secara farmakologis yang dapat dipraktekkan di rumah.

Share :