Normalkah Jika Bayi Pilek Ketika Mulai Tumbuh Gigi?

Pasang Iklan Disini

[ad_1]

Kata orang, saat bayi tumbuh gigi akan muncul tanda-tanda khas yang membuatnya jadi lebih rewel dibandingkan hari-hari biasanya. Bahkan tak jarang, sakit pilek si kecil dikaitkan dengan proses pertumbuhan giginya. Memangnya, apa benar bayi pasti akan mengalami pilek saat tumbuh gigi? Atau hanya kebetulan saja?

Si kecil pilek saat tumbuh gigi, apakah normal?

obat pilek bayi

Kondisi yang tidak biasa pada tubuh bayi tentu akan membuat Anda merasa khawatir. Terutama di masa-masa pertumbuhan giginya, yang membuat si kecil biasanya jadi lebih manja, rewel, dan mudah menangis. Ditambah lagi, banyak kabar yang beredar kalau bayi tumbuh gigi sering terserang demam dan pilek.

Menurut American Academy of Pediatrics, dilansir dari Healthline, bayi yang pilek saat tumbuh gigi biasanya disertai dengan meningkatnya suhu tubuh yang hanya berlangsung selama kurang lebih tiga hari. Kondisi ini masih termasuk normal.

Yang harus Anda waspadai, ketika flu dan demam si kecil terjadi lebih dari tiga hari. Jika ini terjadi, sebaiknya segera periksakan lebih lanjut dengan dokter anak Anda.

Apa penyebab bayi pilek saat tumbuh gigi?

Sumber: Baby Center

Sebenarnya, pilek saat bayi tumbuh gigi tidak selalu terjadi. Bahkan sejauh ini tidak ada penelitian pasti yang menyebutkan bahwa pilek berhubungan dengan proses pertumbuhan gigi bayi. Nah, flu yang menyerang tubuh si kecil selama masa-masa ini bukan merupakan efek samping dari tumbuh gigi.

Melainkan karena sistem kekebalan tubuh bayi yang sedang menurun, sehingga lebih rentan terhadap serangan infeksi. Akibatnya, kuman dan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh bayi yang kemudian menghasilkan respon berupa penyakit. Bayi pun jadi mudah mengalami pilek, demam, diare, hingga ruam popok selama masa tumbuh gigi.

Selain itu, tindakan alamiah bayi yang selalu ingin tahu hal-hal baru juga mendorongnya untuk memainkan, memegang, hingga menggigit benda yang menarik perhatiannya. Biasanya, ini mulai berlangsung saat si kecil telah memasuki usia 6-30 bulan dimana bersamaan dengan waktunya ia tumbuh gigi.

Tidak hanya sekadar memainkannya saja, sering kali si kecil juga akan memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya demi meredakan rasa tidak nyaman pada area gusi yang akan ditumbuhi gigi.

Padahal benda-benda tersebut bisa saja mengandung kuman dan bakteri, yang nantinya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh si kecil dan memicu timbulnya penyakit flu.

Tanda yang harus diperhatikan ketika bayi tumbuh gigi

gigi bayi tumbuh

Jadi, bisa dikatakan bahwa pilek bukanlah kondisi khusus yang selalu menandai periode bayi tumbuh gigi. Ini mungkin hanya suatu kebetulan yang terjadi di masa pertumbuhan gigi si kecil, akibat berbagai faktor pemicu dari lingkungan.

Namun, Anda tetap bisa menyadari saat bayi sedang tumbuh gigi bila muncul beberapa tanda, di antaranya:

  • Bayi sering berliur atau ngeces
  • Keinginan bayi untuk mengunyah atau menggigit sesuatu meningkat daripada biasanya
  • Bayi lebih mudah menangis dan rewel
  • Gusi bayi terlihat membengkak akibat nyeri ringan, biasanya karena ada kuman yang tinggal di gusi
  • Nafsu makan bayi menurun

Tanda tersebut bisa berlangsung dalam hitungan hari menjelang keluarnya gigi baru si kecil. Penting untuk diingat, mungkin tidak semua bayi akan mengalami tanda tumbuh gigi yang sama. Ada bayi yang tidak mengalami gejala sama sekali, sehingga menyulitkan Anda untuk mengetahui kondisi yang sedang dialami si kecil.

Baca Juga:



[ad_2]

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *