Membangun Kembali Kepercayaan yang Telah Sirna dengan 4 Cara Ini

Di dalam sebuah hubungan percintaan, kepercayaan adalah salah satu elemen penting yang membuat hubungan semakin kuat dan sehat. Maka itu, ketika elemen tersebut dirusak oleh perselingkuhan atau janji yang dilanggar, akan sulit membangunnya kembali. Bagaimanakah cara mengembalikan kepercayaan yang hilang agar hubungan kembali normal? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini. 

Memahami arti kepercayaan

Setiap orang memiliki definisi kepercayaan masing-masing, terutama dalam sebuah hubungan. Dalam hubungan romantis, kepercayaan dapat berarti:

  • Berkomitmen dengan pasangan.
  • Merasa aman dengan pasangan serta menghargai batasan fisik dan emosional yang Anda buat. 
  • Saling mendukung satu sama lain. 
  • Memiliki komunikasi yang baik karena Anda dan pasangan tahu kapan waktunya berbicara dan mendengarkan.  

Meski begitu, ada pula yang sepakat bahwa kepercayaan bukan berarti wajib memberikan informasi menyangkut akses pribadi, seperti: 

  • Ponsel
  • Kata sandi akun sosial media
  • Rekening bank pribadi

Ketiganya adalah ranah pribadi Anda, sehingga hal tersebut menjadi pilihan Anda apakah memang mau membagikannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Penyebab kepercayaan bisa hilang

selingkuh lagi

Lantaran kepercayaan adalah salah satu elemen penting yang memperkuat hubungan, ketika hal tersebut hilang tentu akan berdampak buruk bagi Anda dan pasangan. Ada beberapa hal yang mungkin dapat membuat rasa percaya tersebut hilang dalam sekejap, seperti:

  • Sering mengingkari janji
  • Tidak dapat menemani pasangan saat sedang dibutuhkan 
  • Menyembunyikan sesuatu yang penting
  • Berbohong atau memanipulasi
  • Tidak membagikan perasaan secara terbuka
  • Selingkuh

Alasan-alasan di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak penyebab yang bisa menghilangkan kepercayaan dalam sebuah hubungan. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu akan membuat hubungan Anda dan pasangan renggang, hingga kandas. 

Cara mengembalikan kepercayaan yang telah hilang

Walaupun tidak ada cara yang benar-benar jitu untuk membangun kepercayaan, kelima strategi di bawah ini mungkin dapat membantu Anda untuk memperbaiki kesalahan yang pernah Anda buat dan bisa membuat pasangan Anda dapat mempertimbangkan kembali untuk memberikan kepercayaannya. 

1. Jujur dan terbuka

cara menghadapi pasangan introvert

Ketika Anda telah kehilangan kepercayaan karena berbohong, mungkin akan sangat sulit mengatakan kejujuran karena pasangan Anda bisa jadi tak percaya lagi. Meski begitu, tetaplah berkata jujur dan terbuka.

Pertama-tama, Anda harus paham dahulu mengapa Anda berbuat demikian agar Anda bisa memosisikan diri sebagai pasangan Anda. 

Jika mereka bertanya, jawablah dengan jujur, jangan memberikan jawaban yang berputar atau memilih menjawab “tidka tahu”. Pura-pura tidak tahu hanya akan menghilangkan kesempatan Anda untuk memperbaiki kesalahan tersebut. 

Meski mungkin berat mengungkapkannya, ingat kembali bahwa ini adalah kesempatan yang tepat untuk memperbaiki hubungan Anda.

2. Merencanakan waktu untuk meminta maaf

Hampir semua mengamini bahwa mengucapkan kata maaf dari hati adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Menurut seorang psikolog dari Good Therapy, Angela Bisignano, PhD, meminta maaf dapat menimbulkan perasaan cemas dan takut yang berlebihan. 

Maka itu, mempersiapkan diri untuk meminta maaf adalah cara yang tepat untuk mengembalikan kepercayaan pasangan Anda.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengatakan maaf dan menjelaskannya tanpa memperburuk keadaan, seperti:

  • Mengumpulkan pemikiran Anda terlebih dahulu dengan menuliskannya. 
  • Mendengarkan apa yang akan Anda katakan kepada pasangan Anda di depan cermin. 
  • Berkomitmen untuk menghindari kesalahan yang sama dan dengarkan jawaban dari pasangan Anda dengan cermat. 

3. Menghargai waktu pasangan untuk berpikir

ketika jenuh dengan pasangan

Setelah Anda meminta maaf, mungkin ada kalanya pasangan Anda membutuhkan waktu untuk berpikir apakah bisa memaafkan Anda dan membangun kembali rasa percaya tersebut.

Usahakan untuk tidak menekan pasangan Anda agar cepat memberikan jawaban sebelum mereka siap. Bagaimanapun mereka juga butuh waktu untuk memikirkan segala yang telah terjadi. 

4. Memperlihatkan perilaku yang sesuai dengan ucapan

pasangan beda usia jauh

Permintaan maaf memang penting, tetapi lebih penting lagi jika diikuti dengan perilaku yang sesuai dengan ucapan Anda. Kata-kata tulus Anda mungkin akan terdengar omong kosong jika tidak memperlihatkan perubahan kepada pasangan Anda. 

Setelah permintaan maaf diterima, cobalah untuk lebih berkomitmen mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda kepada pasangan. Misalnya, dengan menjadi lebih menghargai, setia, dan dapat dipercaya sehingga memperlihatkan keseriusan untuk mengembalikan kepercayaan pasangan dalam hubungan. 

Pada dasarnya, cara mengembalikan kepercayaan dalam hubungan akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan mungkin akan menemui beberapa rintangan. Akan tetapi, jika Anda benar-benar ingin hubungan ini bertahan, tetap sabar dan bangun kembali hubungan meskipun dari awal. 

Baca Juga:

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *