5 Cara Mengatasi Sifat Pemalu Paling Efektif, Wajib Dicoba!

Pasang Iklan Disini

Wikimedan.com – Sebenarnya, perasaan malu dianggap sebagai suatu hal yang manusiawi. Tetapi, jika perasaan malu ini terlalu berlebihan, maka berbagai aspek kehidupan bisa saja menjadi terganggu. Mulai dari karier, persahabatan, bahkan kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengatasi sifat pemalu tersebut?

Perlu kamu ketahui bahwa sifat pemalu dapat menutup banyak peluang dalam kehidupan. Perasaan ini dapat membuat seseorang menghindari berbicara di depan umum serta menghindari situasi publik atau keramaian.

Untungnya, perasaan malu yang berlebihan itu masih bisa diatasi dengan efektif. Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi sifat pemalu yang bisa kamu lakukan.

5 Cara Atasi Sifat Pemalu Supaya Lebih Percaya Diri

Buat kamu yang merasa memiliki sifat pemalu, maka bisa coba untuk menghilangkannya dengan beberapa cara efektif berikut.

1.     Melatih Diri Sendiri untuk Tersenyum

Nyatanya, tersenyum bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan sifat pemalu. Sebab, tersenyum dapat memberikan dampak positif terhadap suasana hati kamu, lho.

Melansir dari situs American Psychological Association, tersenyum dapat membantu kamu dalam mengatasi rasa malu serta kecemasan sosial, terutama pada situasi yang mencekam.

2.     Sering Berbicara dengan Teman

Supaya dapat menumbuhkan rasa percaya diri, cobalah untuk sering berbicara bersama teman dan tatap matanya. Pasalnya, hal ini dapat membantumu untuk mengekspresikan diri sekaligus mengatasi sifat pemalu.

Kalau sudah begitu, perlahan-lahan kamu akan merasa nyaman saat bersama orang lain. Bahkan, bisa cepat terbiasa untuk memulai percakapan bersama mereka kapan saja tanpa ada rasa malu sedikit pun.

3.     Keluar Dari Zona Nyaman

Cara menghilangkan sifat pemalu berikutnya adalah keluar dari zona nyaman. Ingatlah, bahwa rasa malu sebenarnya adalah perasaan wajar yang dimiliki oleh seluruh manusia.

Oleh sebab itu, kamu mesti bisa mengatasinya dan mencoba untuk hidup lebih percaya diri. Tentu saja, kamu dapat keluar dari zona nyaman yang membuatmu terus-terusan merasa malu secara berlebihan.

4.     Jangan Sering Overthinking

Ketika kamu lagi overthinking, pasti saja selalu timbul berbagai pikiran terkait bagaimana perilaku kamu nanti, bagaimana gerakan yang akan kamu lakukan, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu berpikir seperti itu, sebaiknya kamu mesti bisa menghentikannya, ya. Sebab, hal itu hanya pikiranmu semata dan belum tentu bakalan terjadi nantinya.

Fokus saja terhadap apa yang kamu lakukan dan jangan berpikiran yang aneh-aneh, dimana pikiran itu dapat memunculkan perasaan malu yang berlebihan. Dengan begitu, kamu bisa berhenti mengkritik diri sendiri secara berlebihan dan hidup dengan lebih percaya diri.

5.     Berlatih di Depan Cermin

Saat kamu berada di lingkungan baru yang terdapat banyak orang di dalamnya, biasanya sifat pemalu akan lebih sering muncul dalam dirimu, bukan?

Nah, untuk meningkatkan kepercayaan diri di depan umum maupun lingkungan baru, cobalah untuk banyak berlatih di depan cermin.

Kamu bisa mulai melatih terkait gaya bicara, gerak atau bahasa tubuh, penampilan dan lainnya supaya kamu melangkah lebih percaya diri.

Cara ini bisa kamu lakukan setiap hari secara rutin di depan cermin yang ada di kamar. Dijamin, perlahan-lahan, sifat pemalu yang kamu miliki perlahan dapat diatasi secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara mengatasi sifat pemalu yang bisa kamu lakukan dengan efektif. Tentunya, sifat pemalu yang berlebihan ini mesti kamu atasi, bahkan hilangkan demi kehidupan kamu juga. Sebab, kamu pasti tidak ingin apa yang kamu inginkan, nyatanya sulit untuk digapai gara-gara perasaan malu tersebut, bukan?

Share :