9 Tempat Wisata di Medan Ini, Wajib Anda Kunjungi

9 Tempat Wisata di Medan Ini, Wajib Anda Kunjungi – Medan, yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini, juga tercatat sebagai kota terbesar di Pulau Sumatera. Dengan mayoritas penduduknya yaitu suku Batak, di kota ini Anda juga bisa menemukan banyak sekali kawasan wisata.

Secara geografis, kota Medan sendiri berbatasan langsung dengan Selat Malaka serta kabupaten Deli Serdang. Sehingga kota ini menjadi tempat yang strategis dan menjadi pintu gerbang berbagai kegiatan ekonomi baik domestik maupun internasional.

Total keseluruhan kelurahan di kota ini mencapai 151 dengan 21 kecamatan. Yang menarik, kota Medan juga dilintasi beberapa sungai, seperti Sungai Belawan, Sungai Deli, Sungai Tuntungan dan masih banyak lagi. Karena posisinya berada di antara sungai, pemerintah kota Medan pun mendirikan sebuah kanal besar untuk menghindari terjadinya bencana banjir.

Inilah 9 Tempat Wisata di Medan

– Danau Toba

Danau Toba, jelas ini adalah rekomendasi pertama sebagai tempat wisata di Medan yang wajib kamu kunjungi. Keindahan danau vulkanik terbesar di seluruh dunia ini memang sangat memukau. Di mana untuk mencapai kawasan wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan darat dari kota Medan sekitar 90 km.

Kemudian, ketika Anda sudah sampai di Danau Toba, ada baiknya Anda melakukan penyebrangan untuk mencapai pulau yang berada di tengahnya, yaitu Pulau Samosir. Selain itu, kamu juga masih bisa menikmati keindahan danau lainnya yang terletak di Pulau Samosir, yaitu Danau Sidihoni dan juga Danau Aek Natonang.

 

– Maha Vihara Adhi Maitreya

Rekomendasi tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Maha Vihara Adhi Maitreya. Untuk masuk ke salah satu Vihara terbesar di Indonesia ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Tidak saja digunakan sebagai tempat beribadah, Vihara yang terletak di Jl. Cemara Boulevard Utara No. 8, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara ini, terbuka bagi siapa saja yang ingin menikmati wisata religi.

 

– Kampung Madras

Kampung Madras yang dulunya lebih dikenal dengan sebutan Kampung Keling, juga merupakan kawasan wisata yang wajib kamu kunjungi, bila melakukan perjalanan ke kota Medan. Kota yang juga memiliki julukan ‘The Little India” ini memang sangat kental dengan budaya masyarakat India yang mendominasi sebagian besar wilayah di kampung tersebut.

Di Kampung seluas 10 hektar ini, Anda akan disuguhi semua hal yang berbagai hal berbau India. Mulai dari bangunan, kuliner hingga berbagai adat budaya khas India yang unik. Dan di kota ini, Anda juga akan bertemu dengan etnis lainnya yang mampu hidup berdampingan dengan rukun.

 

– Air Terjun Dua Warna

Tempat wisata di Medan yang berikutnya adalah Air Terjun Dua Warna. Tidak sedikit pula yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Telaga Dwi Warna. Letak air terjun ini tepatnya di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang atau sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan dari pusat kota Medan atau sekitar 75km.

Air terjun dengan ketinggian 75 meter ini memang terdiri dari dua aliran air, di mana dari keduanya terlihat aliran air yang berbeda warna. Yang satunya berwarna biru dan satunya lagi berwarna abu-abu. Dimana keduanya juga memiliki suhu yang berbeda.

 

– Cagar Alam Sibolangit

Masih di Kecamatan Sibolangit. Sebaiknya Anda juga mengunjungi kawasan wisata Cagar Alam Sibolangit. Tempat wisata di Medan ini sangat tepat dikunjungi, terutama bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam. Di sana, Anda akan disuguhi aneka flora dan fauna.

Cagar alam yang sudah ada sejak tahun 1914 ini memiliki luas 127 hektar. Dan didirikan oleh seorang warga negara Belanda keturunan Jerman, yaitu J.A Loerzing.

 

– Istana Maimun

Ini dia salah satu ikon kota Medan yang juga wajib Anda kunjungi, Istana Maimum yang merupakan Istana Kesultanan Deli. Istana ini dibangun pertama kali pada tahun 1888 dan pembangunannya baru tuntas di tahun 1891. Didirikan oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang sekaligus pendiri Kota Medan.

Istana yang dibangun 3 lantai ini terdiri dari 30 ruangan yang megah. Memadukan berbagai gaya arsitektur, mulai dari Melayu, Islam, India, Timur Tengah, Spanyol juga Italia, Istana ini terlihat begitu unik dan menawan.

Tempat wisata di Medan ini tepatnya berlokasi di Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66 A.U.R, Maimun, Medan. Dengan luas 2772 m2, Istana Maimun wajib dikunjungi dan dijelajahi, bagi Anda yang senang dengan wisata sejarah.

 

– Rahmat Gallery Medan

Rekomendasi yang ke tujuh, tempat wisata yang wajib Anda kunjungi bila berlibur ke Medan, adalah Rahmat Gallery Medan atau Rahmat “International Wildlife Museum & Gallery.” Di museum ini, Anda akan melihat berbagai satwa yang sudah diawetkan setidaknya 2600an spesies satwa.

Perlu Ada ketahui, setiap satwa yang dikoleksi dan dipajang di gallery yang didirikan oleh DR.H.Rahmat Shah ini, tidak ada yang sengaja dibunuh untuk diawetkan. Satwa yang ada di gallery tersebut berasal satwa yang mati dari taman hewan dan juga kebun binatang. Pemberian dan sumbangan dari banyak pihak, hingga pembelian yang dilakukan secara legal dari berbagai negara.

 

– Danau Linting

Tempat wisata di Medan selanjutnya yang harus masuk ke dalam daftar kunjungan wisata adalah Danau Linting. Danau air panas ini masuk ke dalam tiga wilayah yaitu, Desa Durian IV Mbelang, Desa Sibunga-bunga dan juga Desa Gunung Manumpak, yang berada di Keacamatan Sinembah Tanjung Muda, Deli Serdang.

Untuk mencapai danau yang baru dikenal beberapa tahun belakangan ini, Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 hingga 2 jam, atau tepatnya sekitar 70 km dari pusat kota Medan. Sayangnya, meskipun Anda bisa menikmati keindahan danau dan sekitarnya, ada larangan untuk berendam dan menikmati air hangat di danau ini, terlebih bila Anda berenang hingga ke bagian tengah danau.

 

– Air Terjun Sipiso-piso

Rekomendasi ke sembilan bila Anda berada di Medan, maka wajib mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso yang berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Di tempat wisata di Medan ini, Anda akan disuguhi air terjun yang sangat indah dengan posisi vertikal yang sangat tajam. Inilah yang membuatnya diberi nama Sipiso-piso karena terlihat seperti sebuah pisau.

Untuk Anda yang ingin mencapai dasar air terjun, harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan indah Tanah Karo di puncak bukit. Di sana, Anda juga bisa melihat langsung ke arah Danau Toba.

Itulah 9 rekomendasi tempat wisata di Medan yang wajib Anda kunjungi. Kota yang berulang tahun setiap tanggal 1 Juli ini juga memiliki sejumlah wisata kuliner yang wajib Anda coba. Mulai dari menikmati buah durian di Kedai Ucok, menikmati lezatnya soto kesawan, atau menyeruput hangatnya teh susu telur di TST Pak Haji, tempat wisata di binjai, tempat wisata di berastagi, dan masih banyak lagi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *