7 Tempat Wisata di Berastagi yang Patut Anda Kunjungi

7 Tempat Wisata di Berastagi yang Patut Anda Kunjungi – Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan adat Bataknya yang khas. Selain adat istiadatnya, daerah ini juga memiliki berbagai daerah yang patut untuk dikunjungi baik untuk sekedar singgah maupun untuk tinggal menetap disana.

Salah satu daerah di provinsi ini juga memiliki daya tarik wisata dari kekayaan alam yang dimilikinya. Daerah tersebut ialah Berastagi. Daerah ini sudah cukup dikenal dan tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Kekayaan alam yang dimilikinya bisa dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini.

Tempat wisata di Berastagi cukup banyak dan tersebar di seluruh penjuru daerah ini. Jika Anda sedang berkunjung untuk keperluan pekerjaan, pendidikan, atau sekedar berlibur bersama keluarga Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut. Anda akan dimanjakan dengan suasana di daerah ini yang cukup membuat tenang.

Destinasi tersebut rasanya akan kurang lengkap jika tidak Anda coba kunjungi jika berada di daerah ini. Sebab, pemandangan alam dan udara disana akan memanjakan mata Anda untuk sekedar menghilangkan penat setelah beraktivitas.

Berikut 7 Tempat Wisata Di Berastagi

Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap

Destinasi yang pertama ialah air terjun Sikulikap. Jika Anda menyukai wisata air maka air terjun ini cocok untuk Anda. Keindahan air terjunnya yang eksotis mampu membuat Anda merasa nyaman jika mengunjunginya. Kesejukannya pun tentu tidak dapat diragukan lagi. Dengan ketinggian mencapai 30 meter, Anda bisa menikmati pesona air terjun yang indah.

Tempat wisata di Berastagi ini juga ditumbuhi pohon cemara disekitarnya. Hutan cemara ini menambah suasana menjadi lebih nyaman dengan aromanya yang harum. Sumber airnya berasal dari Taman hutan rakyat Bukit Barisan. Taman tersebut termasuk kawasan Ekosistem Leuser.

Untuk bisa sampai ke tempat ini Anda akan menempuh waktu perjalanan hingga 2 jam atau lebih. Anda bisa sampai disana menggunakan angkutan umum antar daerah. Namun, Anda juga bisa membawa kendaraan sendiri yang dapat diparkir ditempat khusus yang ada di Penatapan Berastagi.

 

Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Tempat wisata di Berastagi berikutnya masih merupakan wisata air. Namun, disini air yang akan Anda temukan ialah air panas. Sumbernya berasal dari aliran lava Gunung Sibanyak yang bercampur dengan belerang. Hangatnya air disini mampu membuat Anda menjadi tenang dan bisa melakukan relaksasi dengan berendam.

Air panas ini dikelola langsung oleh pemerintah setempat serta masyarakat sekitar. Suasana pegunungan yang asri, Anda bisa merasa betah untuk berlama-lama berendam di daerah ini. Pemandiannya terdiri dari beberapa kolam dengan air panas bersuhu 40 hingga 45 derajat celcius. Anda bisa mengunjunginya pada hari libur agar lebih ramai.

 

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Salah satu tempat wisata di Berastagi yang memiliki ciri khas tersendiri ialah taman Alam Lumbini. Tak hanya taman yang berisi berbagai jenis tanaman biasa, di taman ini juga terdapat Pagoda terbesar yang ada di Indonesia. Hal inilah yang membuat taman ini berbeda dari jenis taman lainnya yang menonjolkan tanamannya untuk para pengunjung.

Pagoda yang ada disini merupakan replikasi Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Jadi, jika Anda penasaran dengan Pagoda yang ada di Myanmar cukup kunjungi saja taman ini. Dengan ukuran sekitar 69 meter persegi dan tinggi sekitar 46,8 meter, Pagoda ini bisa membuat Anda takjub dengan keindahannya. Terlebih Pagoda merupakan pemandangan yang sangat langka khususnya di Indonesia.

 

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling

Jika Anda menyukai tempat yang penuh dengan penghijauan dan suasana pegunungan, maka Anda bisa mengunjungi bukit Gundaling ini. Tempat wisata di Berastagi ini cukup dekat dari pusat kota yaitu jaraknya hanya sekitar 3 km saja. Udara di tempat ini cukup sejuk. Hal ini dikarenakan ketinggiannya melebihi seribu meter diatas permukaan laut.

Bukit ini dikelilingi oleh Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Dari bukit ini Anda dapat melihat pemandangan seluruh kota dari ketinggian. Anda bisa menggunakan angkutan umum Berastagi untuk sampai ke tempat ini. Anda akan dikenakan biaya retribusi yang sangat terjangkau bahkan lebih murah yakni sebesar 4 ribu rupiah untuk bisa memasuki areanya.

 

Penatapan Berastagi

Penatapan Berastagi

Tempat wisata di Berastagi yang satu ini merupakan pusat wisata kuliner di daerah ini. Para wisatawan biasanya akan mengunjungi daerah ini saat pertama mengunjunginya. Kuliner khas Berastagi bisa Anda temukan di tempat ini. Dengan suasana alam yang indah dan sejuk, daerah ini menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi.

Penatapan ini sangat direkomendasikan sebagai wisata kuliner karena harganya yang terjangkau dan rasa hidangannya yang lezat. Anda dapat mengunjunginya untuk beristirahat bersama keluarga dan makan bersama menikmati kuliner disana. Sangat disayangkan jika Anda sampai melewatkan tempat ini. Sebab, didalamnya Anda bisa merasakan kelezatan makanan khasnya.

 

Desa Lingga

Desa Lingga

Tak hanya berupa sebuah tempat khusus, tempat wisata di Berastagi juga memiliki sebuah tempat khusus berupa desa yang unik untuk dapat dikunjungi. Desa Lingga ini merupakan desa tertua yang masih menjaga dengan baik kelestarian Budaya Karo. Desa ini berjarak 15 km dari Berastagi. Isinya kurang lebih merupakan desa budaya khas daerah tersebut. Didalamnya terdapat sebuah museum kecil yang berisi peninggalan Kerajaan Karo.

Museum tersebut ditata pada sebuah rumah tua yang berumur mencapai ratusan tahun lamanya. Hal ini dapat memancing penasaran para wisatawan terutama bagi mereka yang menyenangi budaya beserta sejarahnya. Anda juga bisa belajar untuk menggunakan pakaian adat budaya Karo untuk menambah informasi serta dokumentasi.

 

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar

Berastagi masih memiliki banyak wisata air salah satunya Danau Lau Kawar. Tempat wisata di Berastagi ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan juga sejuk. Letaknya berada di bawah kaki Gunung Sinabung. Hal inilah yang membuat udara menjadi lebih sejuk. Anda tentu akan merasa nyaman berada disini.

Areanya cukup luas dan mencapai 200 hektar. Fasilitas yang dimilikinya cukup memadai terutama bagi para pecinta alam karena terdapat camping ground atau area untuk berkemah. Anda bisa bermalam di tempat ini dengan mendirikan tenda bersama keluarga ataupun teman Anda. Dengan begitu, Anda bisa menikmati alam disekitarnya saat malam hari.

 

Inilah beberapa tempat wisata tersebut bisa Anda kunjungi jika Anda sedang berada di Berastagi. Anda tidak akan merasa menyesal mengunjunginya. Sebab, daerah tersebut didominasi oleh tempat wisata dengan suasana alam. Kenyamanan dan keasriannya masih terjaga dan terjamin oleh setiap pengurusnya.

Anda bisa memilih salah satu tempat wisata di Berastagi ini agar bisa Anda kunjungi. Dengan begitu, Anda bisa merasakan momen liburan yang nyaman, sejuk dan tidak terlupakan. Sebab, suasana alam terutama pegunungan akan membuat siapapun merasa tenang saat berada di tempat tersebut. Jadi, jika pergi ke Sumatera Utara tak ada salahnya kunjungi daerah Berastagi dan bisa juga mengunjungi tempat wisata di binjai yang keren dan menyenangkan. Selamat liburan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *