Zhao: Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) dapat ‘Mengancam’ Bitcoin

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Changpeng Zhao, kepala eksekutif Binance yang penuh teka-teki, percaya mata uang digital bank sentral (CBDC) yang dirancang dengan cukup baik dapat menjadi ancaman bagi Bitcoin.

Dalam sebuah wawancara video dengan penulis senior Fortune Jeff Roberts, dia ditanyai bagaimana inisiatif yuan digital Bank Rakyat China akan mempengaruhi industri crypto.

Zhao menjawab bahwa blockchain atau mata uang digital apa pun akan baik untuk industri secara keseluruhan, karena itu melegitimasi aset digital dan memperluas kesadaran. Dia menambahkan bahwa saat ini ada perlombaan antara negara-negara besar untuk meluncurkannya, kebanyakan CBDC cenderung lebih ketat pada awalnya tetapi akan berkembang seiring waktu.

Ketika ditanya secara langsung tentang ancaman terhadap Bitcoin, ia menjawab bahwa sangat sedikit CBDC yang memiliki kebebasan yang sama dengan Bitcoin dan mereka akan sangat tersentralisasi dan dikendalikan. Namun, dalam jangka panjang dia memperingatkan:

“Jika ada pemerintah yang mendorong cryptocurrency lain yang bahkan lebih terbuka, lebih gratis, memiliki batasan yang lebih sedikit daripada Bitcoin, dan lebih cepat serta lebih murah untuk digunakan, maka itu akan mengancam Bitcoin. Tapi itu bagus untuk industri, itu hanya sesuatu yang lebih baik dari Bitcoin, dan akan menggantikannya.”

Dia menambahkan bahwa itu bukan hal yang buruk, karena akan mirip dengan bahasa web HTML5 yang menggantikan HTML4.

Ketika ditanya apakah Binance memiliki niat untuk meluncurkan stablecoin berbasis yuan untuk melengkapi stablecoin yang ada di bursa, Zhao menyatakan bahwa itu tidak akan datang dalam waktu dekat. Dia menambahkan, terlalu banyak pembatasan terkait pelarian modal dari China.

Minat pada CBDC telah tumbuh pada tahun 2020, dengan pandangan beragam. Politisi Jerman dan anggota dewan eksekutif bank sentral Jerman, Burkhard Balz, baru-baru ini menyatakan bahwa euro digital akan menjadi ancaman bagi sistem keuangan jika digunakan sebagai penyimpan nilai.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *