Warga Malaysia Berulah dengan Unggah Parodi Lagu Indonesia Raya

Daftar Indodax

Warga Malaysia Berulah dengan Unggah Parodi Lagu Indonesia Raya – Meskipun dikatakan serumpun, tapi diakui atau tidak hingga sekarang masih ada gesekan-gesekan antara Indonesia dan Malaysia terutama dari kalangan masyarakatnya. Yang paling baru, ada sebuah video yang diketahui diunggah oleh warga Malaysia yang isinya parodi lagu Indonesia Raya.

Sebenarnya video ini lebih ke penghinaan dibandingkan parodi karena melecehkan banyak aspek. Tak hanya mengganti lirik-lirik patriotisme menjadi kata-kata melecehkan dan kasar, tapi juga lambang negara yang diganti dengan ayam. Selengkapnya, simak ulasan berikut.

Parodi lagu Indonesia Raya diunggah warga Malaysia

Diketahui video ini diunggah oleh warga Malaysia. Hal ini dilihat pada location video yang tertulis Malaysia serta dari isi videonya sendiri. Dilihat dari kata-kata dan logatnya, cukup jelas bahwa ini dilagukan oleh orang Malaysia.

Cuplikan video parodi [sumber gambar]Seperti yang sudah disinggung, isi dari video ini lebih kepada penghinaan di mana terdapat muatan berupa lirik-lirik tidak pantas, serta lambang garuda yang diganti ayam. Video ini sendiri sudah dilihat sebanyak puluhan ribu kali.

Video dan akun Youtube yang mengunggah sudah raib

Video penghinaan ini disebut-sebut sudah diunggah sekitar dua minggu lalu. Namun belakangan ini baru tercipta percikan-percikan protesnya. Sampai akhirnya mungkin karena gelombang tidak terima dan report yang muncul, akhirnya video tersebut lenyap dari Youtube.

Channel MY Asean tidak ditemukan

Tak hanya videonya, namun akun yang mengunggah (MY Asean) juga turut raib. Namun demikian masih ada banyak video-video hasil copy yang bisa ditemukan. Beberapa disertai dengan tanggapan. Aksi take down yang cepat ini bisa dibilang langkah yang bagus, karena bisa saja lewat video ini terjadi provokasi yang lebih besar lagi.

Sudah ada pelaporan yang dilayangkan

Kasus penghinaan ini agaknya masuk ke ranah serius, tak hanya karena kontennya tapi juga tanggapan warga terutama dari Indonesia yang ternyata sudah ada beberapa yang melaporkan. Salah satunya seorang praktisi hukum bernama Pitra Romadoni yang melaporkan kasus penghinaan ini ke Polda Metro Jaya.

Sudah ada pelaporan ke Polda Metro Jaya [sumber gambar]“Jadi kami selaku pemuda dan ada teman-teman kita artis di sini, merasa terpanggil untuk mengusut tuntas permasalahan ini karena sudah menghina lambang negara Republik Indonesia,” ungkap Pitra. Bisa jadi aksi ini bukan akan jadi satu-satunya mengingat seruan untuk melakukan laporan banyak digaungkan terutama di sosial media.

Tanggapan netizen terkait kejadian miris ini

Mendapati kejadian ini netizen Indonesia pun tentu tidak berdiam diri. Ada begitu banyak yang berkomentar mengenai penistaan tersebut, bahkan di Twitter kata Malaysia jadi trending teratas. Tanggapan netizen Indonesia sendiri macam-macam. Ada yang meminta untuk bersabar, tapi tentu saja mayoritas emosi dan menuntut Malaysia untuk meminta maaf.

Dari pihak kedubes Malaysia di Jakarta, mereka mengecam aksi tersebut dan sedang melakukan penyelidikan terkait. Mereka juga berjanji akan menindak tegas pelakunya sesuai dengan hukum, serta menyadari bahwa gesekan semacam ini akan bisa memengaruhi hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia.

Kasus penghinaan semacam ini seperti yang kamu tahu bukan cuma sekali saja terjadi. Kalau masih ingat, beberapa waktu lalu ada salah satu warga Malaysia yang menghina Indonesia dan juga Gojek, namun akhirnya ia meminta maaf. Semoga kasus ini segera selesai dengan baik dan jangan sampai terulang lagi di masa depan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *