USDCAD Memulihkan Diri Memanfaatkan Penurunan Harga Minyak Mentah Global

Daftar Indodax

Saat sesi awal kawasan Eropa di hari Jumat (19/2), pasangan USDCAD bullish tipis dengan menghapus beberapa kenaikan sebelumnya. Pasangan sempat mencatatkan kenaikan menuju ke titik paling tinggi harian. Sayangnya beberapa setelah itu, USDCAD mengalami penurunan sampai 25 pips. Untuk saat ini tampak masih bertahan di kisaran nilai tukar di bawah 1,2700 atau naik ringan 0,10%.

Pada perdagangan terakhir hari Jumat ini, akhirnya Dolar AS mendapatkan nada pembelian kembali. Sehingga USDCAD bullish memulihkan diri dari aksi bearish Kamis kemarin. Adanya pembalikan lebih rendah dari harga energi menjadi penyebab utama turunnya permintaan mata uang komoditas Dolar Kanada.

Sampai saat ini minyak mentah yang ada di WTI dalam bulan mengalami penurunan menjauh dari tertinggi 13 bulan sekitar 1,5%. Salah satu katalis yang membawa harga energi merosot tajam adalah kekhawatiran pada permintaan energi yang berasal dari Texas. Hal itu akan berdampak ke lonjakan pasokan energi selama beberapa pekan ke depan. Selain itu berita mengenai pemulihan hubungan AS dan Iran juga membuat minyak mentah semakin terbebani dan membawa USDCAD bullish.

Untungnya posisi Dolar AS saat ini masih dinilai kurang menguntungkan dan membatasi aksi bullish USDCAD. Apalagi data pasar tenaga kerja AS dilaporkan dengan hasil yang suram hari Rabu kemarin. sementara itu klaim pengangguran sepakan awal juga melompat pada laporan 13 Februari sampai 861K.

Optimisme pasar mengenai dana stimulus bagaimanapun juga tetap menjadi katalis lain yang bisa menggerakkan USDCAD hari ini. pergerakan berikutnya pasar akan menanti rilis data mengenai penjualan eceran Kanada nanti malam. Lalu AS juga merilis data IMP manufaktur dan jasa flash bersama penjualan rumah. Dinamika yield Treasury juga diperhatikan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *