USDCAD Bearish Menghentikan Kenaikan, Dominasi Dolar AS Belum Berakhir

Daftar Indodax

Menjelang pembukaan sesi Eropa hari Jumat (4/9) pasangan mata uang USDCAD kembali mengalami penurunan. Bahkan USDCAD bearish cukup besar sampai menjadi penurunan yang paling besar sejak 30 Juli lalu. Padahal untuk beberapa waktu ini seharusnya volume penjualan tidak terlalu besar. Karena menjelang rilis data utama dari Amerika Serikat dan juga Kanada nanti malam yang memancing suasana hati-hati para investor.

Tampaknya adanya arah yang beragam pada risiko global dan posisi harga minyak mentah menjadi faktor yang membawa USDCAD bearish. Sayangnya upaya itu akan tetap terbatas mengingat Dolar AS masih belum menurunkan penguatannya. Apalagi harga minyak mentah juga kembali mencatatkan penurunan. Nada bullish USDCAD akan sangat diharapkan terjadi kembali.

Dari sisi lain, fundamental perekonomian Kanada sepertinya tampak kuat. Angka perdagangan yang terbaru dari AS, hubungan buruk AS-China bersama penjualan saham teknologi di Wall Street membebani permintaan Dolar AS.

Arah risiko global juga terus memperjuangkan sesuatu yang pasti. Sementara itu saham Asia hari ini harus rela mengalami penurunan yang sangat besar dan menjadi terbesar sejak April kemarin. Penyebabnya kemungkinan adalah kenaikan pada yield obligasi Treasury AS. Tapi Dolar AS gagal memanfaatkan kenaikan yield obligasi tersebut dan membawa USDCAD bearish.

Pergerakan USDCAD selanjutnya sepenuhnya akan mulai fokus ke rilis data ekonomi AS dan Kanada nanti malam. Data mengenai Non Farm Payrolls akan sangat ditunggu. Data itu diprediksi akan menuju ke 1,4 juta dari sebelumnya di 1,73 juta. Sementara itu data pengangguran AS bisa lebih baik ke 9,8% dari sebelumnya di 10,2%.

Kemudian data pengangguran Kanada diprediksi akan membaik ke 10,1% dari sebelumnya di 10,9%. Data perubahan bersih pekerjaan diprediksi anjlok ke 275K dari sebelumnya di 418,5K. Sehingga semua hasil akan sangat diperhatikan.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *