Inilah 5 Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+


Salah satu produsen yang masih konsisten menghadirkan tablet Android adalah Samsung. Produsen asal negeri ginseng ini selalu menghadirkan berbagai varian tablet menarik di saat banyak produsen lain meninggalkan tablet.

Hal yang cukup wajar mengingat sekarang banyak orang yang lebih memilih smartphone dengan layar yang lebih lebar dibandingkan dengan memilih tablet. Biasanya mereka lebih suka memilih laptop sekalian dibandingkan tablet. 

Namun, tidak sedikit ternyata yang masih membutuhkan perangkat tablet. Karena itu, Samsung masih tetap konsisten menghadirkan tablet karena memang masih ada kebutuhan untuk memakai tablet, di luar penggunaan smartphone. 

Untuk itulah, Samsung selalu menghadirkan tablet, terutama untuk Galaxy Tab S series. Di tahun 2020 ini, Samsung merilis beberapa tablet menarik. Contohnya adalah Samsung Galaxy Tab S6 Lite. 

Agustus 2020 ini, Samsung menghadirkan tablet lain yang menarik dan masuk resmi ke Indonesia, Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7+. Apa yang menarik dari tablet ini? Untuk mengetahuinya mari simak spesifikasi yang ditawarkan kedua tablet berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7

  • Layar: LTPS IPS LCD 11 inci
  • Resolusi Layar: 1600 x 2560 pixels, HDR10+, 120Hz refresh rate
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot) up to 1 TB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 8000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7+

Samsung Galaxy Tab S7+

  • Layar: Super AMOLED 12,4 inci
  • Resolusi Layar: 1752 x 2800 pixels, HDR10+, 120Hz refresh rate
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot) up to 1 TB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 10090 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Samsung Galaxy Tab S7 dan Tab S7+

Setelah mengetahui spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus atau Galaxy Tab S7 +, selanjutnya mari lihat perbedaan spesifikasi di antara kedua tablet ini.

1. Dimensi dan Bobot

Samsung Galaxy Tab S7 series

Samsung Galaxy Tab S7 dan Tab S7+ adalah dua tablet dengan dengan dimensi layar yang berbeda. Karena itu, keduanya memiliki dimensi yang berbeda. 

Samsung Galaxy Tab S7 datang dengan dimensi 253.8 x 165.3 x 6.3 mm dan bobot 498 gram. Yang menarik, Galaxy Tab S7+ datang dengan dimensi 285 x 185 x 5.7 mm. 

Menarik karena Galaxy Tab S7+ memiliki ukuran lebih panjang tetapi ketebalannya justru lebih tipis dibandingkan Samsung Galaxy Tab S7, yakni hanya 5,7 mm. Sementara untuk bobot, cukup wajar Galaxy Tab S7+ datang dengan bobot 575 gram. 

Walaupun berbeda dimensi, kedua tablet sama-sama memiliki desain bodi berbalut aluminum. Frame yang dipakai juga berbahan aluminum yang tentunya membuat kedua tablet terasa lebih premium, solid, dan juga kokoh. 

2. IPS vs AMOLED

Samsung Galaxy Tab S7 series

Perbedaan kentara antara Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7+, ada pada sektor layar. Kedua tablet-tablet sama menawarkan dimensi layar yang besar tetapi hadir dengan panel yang berbeda. 

Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan panel layar IPS. Layarnya ini memiliki dimensi 11 inci beresolusi 1600 x 2560 piksel dan memiliki kerapatan layar 274 ppi.

Samsung Galaxy Tab S7+ datang dengan panel layar AMOLED. Dimensi layar yang ditawarkan adalah 12,4 inci dengan resolusi 1752 x 2800 piksel. Sementara kerapatan layarnya adalah 266 ppi.

Meskipun hadir dengan panel layar yang berbeda, Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7+ sama-sama menawarkan layar HDR10+. Selain itu, layarnya juga sudah mendukung refresh rate 120 Hz. 

Menilik hal tersebut, jelas kedua tablet menghadirkan teknologi layar yang bagus yang bisa memberikan pengalaman menikmati konten visual dengan lebih menarik. Pembedanya adalah yang satu hadir dengan panel IPS yang lebih umum, satu lagi layar AMOLED yang hadir dengan warna yang memikat dengan warna hitam yang pekat. 

3. Kapasitas Baterai

Samsung Galaxy Tab S7 series

 

Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 Plus memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan kapasitas baterai  8.000 mAh. Samsung Galaxy Tab S7 Plus sendiri datang baterai berkapasitas 10.900 mAh. 

Kedua tablet sama-sama mendukung teknologi pengisian cepat 45W. Sementara Samsung Galaxy Tab S7 hanya mendukung pengisian cepat 15W.

4. Kemampuan S Pen

s pen Samsung Galaxy Tab S7 series

Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7+ sudah dilengkapi dengan S Pen atau stylus pen. Hanya saja, kemampuan S Pen di kedua tablet berbeda. 

S Pen di Samsung Galaxy Tab S7 memiliki latency 26 ms sementara S Pen di Samsung Galaxy Tab S7+ memiliki latency 9 ms. Latency yang lebih rendah ini memberikan pengalaman membuat teks atau menggambar layaknya menulis atau membuat catatan di atas kertas. 

Konsep S Pen yang diterapkan ini mirip dengan S Pen pada Samsung Galaxy Note20 series. S Pen dengan latency 26 ms hadir di Samsung Galaxy Note20 sementara S Pen dengan latency 26 ms hadir di Samsung Galaxy Note20 Ultra. 

5. Posisi Sensor Sidik Jari

Samsung Galaxy Tab S7 series

Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7 Plus datang dengan posisi sensor sidik jari yang berbeda. Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan sensor sidik jari yang berada di bagian samping. 

Posisi sensor sidik jari ini tergolong bagus karena sebagian pengguna lebih suka posisi sensor sidik jari ada di bagian samping. Apalagi ini adalah tablet yang memiliki ukuran atau dimensi layar yang lebih besar. 

Sementara Samsung Galaxy Tab S7 Plus, karena memakai panel AMOLED, menghadirkan sensor sidik jari di layar. Teknologi sensor sidik jari di layar ini juga sebelumnya pernah tersemat di Samsung Galaxy Tab S6 yang sama-sama menawarkan panel AMOLED.

6. Varian dan Harga

harga Samsung Galaxy Tab S7 series

Pembeda lain di antara kedua tablet ada pada varian RAM dan harganya. Di Indonesia, Samsung Galaxy Tab S7 hadir dengan RAM 6 GB storage 128 GB yang dijual dengan harga Rp12.999.000. 

Sementara Samsung Galaxy Tab S7+ hadir dengan RAM 8 GB storage 256 GB. Tablet yang satu ini dibanderol lebih mahal, yakni Rp16.999.000.

Perbedaan harga ini jelas lebih kepada teknologi yang disematkan pada Samsung Galaxy Tab S7+ yang lebih baik. Secara performa, kedua tablet serupa. Perbedaan RAM memang sedikit berpengaruh tetapi tidak terlalu besar.

Karena kedua tablet tersebut hadir dengan  Snapdragon 865+, jelas, baik Samsung Galaxy Tab S7 maupun Samsung Galaxy Tab S7+ mampu menawarkan performa kelas atas. 

Apalagi Snapdragon 865+ yang memiliki core khusus dengan kecepatan clock yang tinggi, yakni mencapai 3.09 GHz. Dengan kemampuan yang kencang ini, jelas akan banyak gim dan tugas berat di tablet ini begitu lancar dijalankan.

Demikianlah penjelasan soal perbedaan spesifikasi antara Samsung Galaxy Tab S7 dan Samsung Galaxy Tab S7+. Semoga informasi ini membantu bagi Anda yang masih kebingungan menentukan mana produk tablet yang tepat dan cocok untuk Anda pilih. 

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *