Sayembara Kepala Putin Dibuat Pengusaha Rusia, Seharga Rp14 M

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Sayembara Kepala Putin Dibuat Pengusaha Rusia, Seharga Rp14 M. Seorang pengusaha Rusia, Alex Konanykhin, mengumumkan sebuah sayembara untuk memburu kepala Presiden Vladimir Putin. Langkah ini ia lakukan terkait dengan serangan Moskow ke Ukraina.

Mengutip Express dan The Independent, Konanykhin mengatakan Putin merupakan biang kerok dari kekacauan yang bermuara pada serangan ke Ukraina. Ia bertekad menyediakan hadiah hingga US$ 1 juta atau setara Rp 14 miliar bagi siapa saja yang mampu membunuh salah satu figur terkuat dunia itu.

“Saya berjanji untuk membayar US$ 1 juta kepada petugas yang, sesuai dengan tugas konstitusional mereka, menangkap Putin sebagai penjahat perang di bawah hukum Rusia dan internasional,” ujarnya dalam sebuah posting di LinkedIn dikutip Jumat (4/3/2022).

“Putin bukan presiden Rusia karena ia berkuasa sebagai hasil dari operasi khusus meledakkan gedung-gedung apartemen di Rusia, kemudian melanggar Konstitusi dengan menghilangkan pemilihan umum yang bebas dan membunuh lawan-lawannya.”

Tak hanya di LinkedIn, Konanykhin juga memberikan pesan ini di sebuah posting Facebook. Dalam posting itu, ia bahkan membuat sebuah poster yang bertuliskan ‘Dicari: Hidup atau Mati, Vladimir Putin sang Penjahat Perang’. Meski begitu, pesan ini tak lama kemudian diblokir oleh Facebook.

“Sebagai seorang etnis Rusia dan warga negara Rusia, saya melihatnya sebagai kewajiban moral saya untuk memfasilitasi denazifikasi Rusia,” tambahnya lagi.

Ia berharap makin banyak pengusaha Rusia yang bertindak sepertinya. Ini agar dunia mau terdorong untuk menghentikan aksi Putin yang mana menurutnya merupakan ‘tanggung jawab moral’ seluruh pihak.

“Jika cukup banyak orang membuat pernyataan serupa, itu dapat meningkatkan kemungkinan Putin ditangkap dan dibawa ke pengadilan.”

Konanykhin merupakan pengusaha yang saat ini fokus dalam mata uang kripto dan dunia digital. Ia diberikan suaka politik untuk tinggal di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1999 dan 2007. Saat ini, ia diketahui bermukim di wilayah California.

Bagi Rusia, Konanykhin dianggap sebagai kriminal. Negeri Beruang Putih mengatakan ia telah melakukan penggelapan dana senilai US$ 8 juta dari Russian Exchange Bank.

Sementara itu, kekayaan para pengusaha Rusia sendiri saat ini sedang menurun cukup tajam. Ini dipengaruhi oleh sanksi ekonomi yang dijatuhkan negara-negara Barat kepada Rusia pasca serangan negara itu ke Ukraina.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220304064210-4-319880/sayembara-kepala-putin-dibuat-pengusaha-rusia-seharga-rp14-m

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *