Inilah 7 Negara Dan Wilayah Yang Nol Kasus Covid

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Inilah 7 Negara Yang Nol Kasus Covid. Pandemi Covid-19 sudah dua tahun terjadi sejak pertama kali virus SARS-CoV-2 muncul di Cina akhir 2019 lalu. Sejak kemunculannya, virus tersebut sudah tersebar di hampir seluruh negara. Tapi, siapa sangka ada beberapa negara yang belum terpapar Covid-19 hingga sekarang.

Negara-negara yang dilaporkan belum terjangkit Covid-19 umumnya wilayah yang menarik diri dari komunitas internasional. MenurutAssociated Press, dua negara yang sampai sekarang nihil kasus Covid-19 adalah Turkmenistan dan Korea Utara. Keduanya dikenal sebagai negara yang menarik diri dari komunitas global.

Berikut daftar lengkap negara yang belum memiliki kasus Covid-19 sejak hampir 3 tahun pandemi berlangsung, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (3/3/2022):

 

1. Korea Utara

Korea Utara adalah satu dari hanya dua negara non-pulau yang masuk daftar ini, meskipun laporannya tentang nol kasus Covid-19 dipertanyakan. Negara yang dipimpin Kim Jong Un ini berbatasan dengan Cina dan Korea Selatan. Status itu menimbulkan keraguan akan akurasi data mereka mengenai nir kasus Covid-19.

Korea Utara menjadi negara terbesar yang melaporkan nol kasus Covid-19, dengan populasi 25 juta, telah menerapkan lockdown yang ketat, pembatasan perjalanan, dan menutup perbatasannya, menurut The Associated Press.

2. Niue

Niue adalah negara pulau yang berada sekitar 800 kilometer dari Selandia Baru. Negara ini dikenal memiliki banyak karang dan menjadi wilayah merdeka meski dikelilingin banyak negara pulau lain.

Negara ini belum melaporkan sama sekali penularan Covid-19 sejak 2019. Selama ini, Niue dibantu Selandia Baru dalam mencegah penyebaran Covid-19 di sana.

3. Saint Helena

Saint Helena merupakan Wilayah Luar Negeri Inggris di Samudra Atlantik Selatan.

Saint Helena dianggap sebagai salah satu tempat paling terpencil di dunia. Hingga kini belum ada kasus corona yang dilaporkan oleh wilayah Saint Helena. Populasi Sanit Helena sendiri diyakini hanya 4.500 orang.

4. Nauru

Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia berdasarkan ukuran. Di mana pulau tunggal ini memiliki luas 8 mil persegi dan dihuni sekitar 10 ribu penduduk. Negara itu dilaporkan telah mencegah virus corona melalui pembatasan perjalanan serupa ke negara-negara pulau tetangga mereka. Sehingga hingga kini Nauru belum mencatatkan kasus infeksi terkait Covid-19.

5. Kiribati

Negara yang letaknya sekitar 2 ribu mil di barat daya Hawaii ini adalah satu-satunya negara yang lokasinya ada di 4 belahan bumi. Kiribati sejak awal penyebaran Covid-19 sudah memberlakukan pembatasan perjalanan. Hal ini menjadi sebab negara terpencil ini belum melaporkan satu pun kasus penularan Covid-19 hingga sekarang.

6. Turkmenistan

Turkmenistan belum secara resmi mengakui adanya kasus virus corona. Pemerintah setempat telah melakukan pembatasan terhadap semua perjalanan komersial, acara keagamaan massal dan mendorong jarak sosial dan pemakaian masker.

7. Kepulauan Pitcairn

Negara kepulauan ini terletak di Samudra Pasifik dan terdiri dari empat pulau besar yaitu Henderson, Oeno, Pitcairn dan Ducie.

Sesuai catatan, orang Polinesia adalah penghuni pertama Kepulauan Pitcairn, dan itu satu-satunya pulau yang berpenghuni. Juga sesuai catatan, ia memiliki populasi hanya 50 orang dan mereka berhasil menjauh dari virus corona.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220303092447-4-319738/2-tahun-pandemi-negara-wilayah-ini-tetap-nol-kasus-covid

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *