Samsung Akui Pasokan Chip Bermasalah Pada Kuartal Kedua 2021

Daftar Indodax

Jakarta, Wikimedan – Samsung Akui Pasokan Chip Bermasalah Pada Kuartal Kedua 2021. Co-CEO Samsung Electronics dan chief selular Koh Dong-jin mengatakan bahwa ketidakseimbangan pasokan-permintaan saat ini dari chip sektor TI dan komponen terkait “sangat serius” dan kuartal kedua “menimbulkan sedikit masalah”.

Koh mengungapkan hal tersebut pada rapat umum pemegang saham tahunan, Rabu (17/3/2021). Meski suplai tersendat, Koh mengatakan perusahaan terus berupaya untuk mengatasi masalah pasokan.

Sebelumnya Reuters melaporkan bahwa Raksasa Korea Selatan itu, termasuk di antara sejumlah produsen perangkat yang terpengaruh oleh kekurangan chip buatan Qualcomm. Terkendalanya pasokan chip, sejalan dengan lonjakan permintaan terkait sanksi AS terhadap vendor China Huawei.

Sumber mengatakan bahwa Samsung menghadapi kekurangan prosesor aplikasi, yang berdampak pada produksi handset kelas bawah dan menengah. Pasokan chip premium dalam jangka pendek juga terpengaruh.

Selain Samsung, beberapa merek smartphone besar lainnya diperkirakan berada dalam kesulitan yang sama. Sumber dari pabrikan kontrak teratas mengatakan kepada Reuters bahwa mereka akan memangkas pengiriman perangkat pada 2021.

Pasar smartphone global memang menjadi tidak menentu dalam beberapa tahun belakangan ini. Menurut lembaga riset terkemuka, Gartner, akibat rantai pasokan yang bermasalah karena covid-19 dan dampak dari sanksi AS terhadap Huawei, penjualan smartphone global diprediksi merosot 5,4% pada kuartal keempat 2020. Dengan demikian, penjualan smartphone turun 12,5% sepanjang 2020.

Bermasalahnya pasokan chip, kemungkinan besar juga akan membuat penjualan smartphone di sepanjang 2021 tidak sesuai target.

Sebelumnya sesuai laporan yang dirilis firma riset Digitimes Research baru-baru ini, pangsa pasar smartphone global diprediksi akan tumbuh hampir 50 persen secara Year-over-Year (YoY). Total pengiriman diperkirakan mencapai 340 juta unit pada kuartal I-2021.

Namun Digitimes tidak merinci berapa prediksi total pengapalan para vendor smartphone global pada periode kedua 2021. Sepertinya Digitimes telah memprediksi akan terjadi kekurangan pasokan chip, yang kini mulai melanda vendor-vendor smartphone.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *