Rusia Resmi Mengangkat Pelarangan Dua Tahun Telegram

Pasang Iklan Disini

Setelah bertahun-tahun upaya yang gagal untuk melarang Telegram di Rusia, pihak berwenang setempat akhirnya memutuskan untuk membatalkan larangan pada messenger terenkripsi utama di negara itu.

Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan Komunikasi, Teknologi Informasi dan Media Massa, juga dikenal sebagai Roskomnadzor, telah secara resmi mencabut larangan dua tahun pada Telegram.

Dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Kamis, Roskomnadzor mengatakan bahwa pihak berwenang telah menghapus persyaratan yang membatasi akses ke utusan Telegram dalam perjanjian dengan Jaksa Agung Rusia.

Mengumumkan berita itu, Roskomnadzor menguraikan bahwa regulator memuji kesediaan CEO Telegram Pavel Durov untuk menghadapi terorisme dan ekstremisme. Pengumuman itu tampaknya datang sebagai tanggapan terhadap pernyataan baru-baru ini dari Durov yang mengklaim bahwa tim Telegram telah secara aktif memerangi terorisme dan ekstremisme pada pembawa pesan sambil memastikan privasi pengguna.

Dalam posting 4 Juni , CEO Telegram mencatat bahwa perusahaan itu mencegah ribuan pernyataan publik yang mendorong kekerasan setiap bulan. Durov menulis:

“Setiap bulan, tim Telegram sekarang mencegah puluhan ribu upaya untuk mendistribusikan hasutan publik terhadap kekerasan dan teror. […] Telegram telah mengembangkan sistem yang mencegah aksi teroris global sambil memastikan privasi korespondensi sesuai dengan kebijakan privasi Telegram.”

Langkah Rusia untuk membuka blokir Telegram di negara itu datang pada upaya upaya baru-baru ini untuk mencabut larangan Telegram oleh Duma Negara.

Pada 23 April, dua anggota Duma Negara memperkenalkan rancangan undang-undang tentang penghentian pelarangan Telegram di Rusia.

Para pejabat berpendapat bahwa aplikasi pesan sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran tentang langkah-langkah untuk mengurangi pandemi COVID-19.

Segera setelah proposal dibuat, otoritas Rusia lainnya, Kementerian Pengembangan Digital, Komunikasi dan Media Massa, mempertanyakan inisiatif untuk mencabut larangan tersebut. Kementerian berpendapat bahwa negara itu tidak membutuhkan lebih banyak layanan untuk mendistribusikan data di Internet.

Roskomnadzor Rusia mulai memblokir Telegram pada tahun 2018 tak lama setelah Pengadilan Distrik Tagansky Moskow memerintahkan pembatasan akses ke Telegram di Rusia pada 13 April.

Seperti dilansir Cointelegraph, Telegram tetap dapat diakses oleh pengguna di Rusia meskipun banyak upaya untuk memblokirnya. Pada waktu pers, Telegram tampaknya masih membutuhkan bantuan VPN untuk mengakses messenger dari Rusia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *