Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat

Laptop 15 inci dulu jarang dilirik oleh para pengguna mengingat dimensi yang besar dan cukup sulit diajak mobilitas. Tapi, seiring dengan meningkatnya tren gaming, laptop dengan layar 15 inci kembali mencuri perhatian terutama untuk para gamer. Nah, HP pun telah siap memanjakan para gamer dengan meluncurkan Pavilion Gaming 15 dk0043tx. Laptop gaming ini merupakan versi terbaru dari Pavilion Gaming 15 sebelumnya. Bedanya, Pavilion Gaming 15 dk0043tx kini hadir dengan prosesor dan kartu grafis yang lebih bertenaga. Penasaran bagaimana kehebatannya? Simak ulasan kami berikut ini.

Serupa tapi tak sama

Di sektor desain HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx sekilas masih mirip seperti generasi lawasnya yang pernah kami review di artikel berikut. Laptop ini tetap mempertahankan desain minimalis. Aura gamingnya cukup kental dengan rancangan lubang ventilasi pembuangan panas yang berukuran besar khas laptop gaming. Tapi tetap ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat 2

Pertama, lubang ventilasi pembuangan panas Pavilion Gaming 15 dk0043tx rancangannya lebih sederhana. Berbeda dengan Pavilion Gaming 15 sebelumnya yang mengadopsi model sirip. Penempatan port konektivitasnya juga berbeda. Di sisi bodi kanan Pavilion Gaming 15 dk0043tx terdapat jack audio, dua port USB 3.1 Gen 1 Type-A dan port untuk power adapter. Sementara di sisi kiri tersedia port HDMI, USB 3.1 Gen 1 Type-A, RJ45, USB 3.1 Gen 2 type-C dan slot kartu memori SD.

Selain itu keduanya masih terlihat sama. Anda masih tetap bisa menemukan logo HP dengan warna hijau dan area keyboard dengan tombol yang diberi aksen hijau lengkap dengan lampu backlit berwarna hijau.

Secara keseluruhan desainnya yang minimalis tidak terlalu mencuri perhatian saat digunakan untuk bermain game di kedai kopi atau diajak meeting bertemu klien. Bodinya pun cukup ramping dengan ketebalan sekitar 23.4 mm. Sementara bobotnya yang sekitar 2.23 Kg masih lumayan ringan untuk laptop di kategori 15 inci dan tetap bisa diajak bermobilitas.

Layar dan audio memuaskan

Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat 3
Di sektor layar HP Pavilion Gaming 15 dk0043t membawa layar IPS 15.6 inci yang resolusinya Full HD. Layarnya ini cukup memuaskan dengan warna yang amat baik, panelnya pun tidak memantulkan bayangan sehingga sangat nyaman di mata.

Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat 4

Sementara untuk sektor audionya, HP tetap melengkapinya dengan speaker dari Bang & Olufsen. Speakernya tersebut mampu menghadirkan suara yang cukup lantang dan terasa bertenaga. Sangat pas saat digunakan untuk bermain game. Untuk mendongkrak performa suaranya, HP juga menyediakan aplikasi B&O Audio Control. Di aplikasinya ini Anda bisa mengatur output suaranya lewat EQ ataupun profil audio yang telah tersedia.

Keyboard nyaman untuk mengetik

Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat 5
Bergeser ke sektor keyboard, HP Pavilion Gaming 15 membawa keyboard full size yang lengkap dengan numpad di sisi sebelah kanan. Tombol-tombol keyboardnya berukuran cukup besar dan jarak antar tombolnya sangat pas. Setiap tombolnya juga sangat nyaman saat ditekan. Secara keseluruhan keyboardnya ini nyaman digunakan untuk bermain game ataupun mengetik.

Sebagai pemanis dan untuk menonjolkan kesan gamingnya keyboard HP Pavilion Gaming 15 didukung lampu backlit berwarna hijau. Warna yang tidak pasaran tapi tetap membuat tampilannya terlihat sangat keren jika dibandingkan laptop lain sekelasnya.

Performa lebih bertenaga dengan Intel Core Generasi Ke-9 dan Nvidia GTX 1600Ti

Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat 6
Hadir sebagai laptop gaming, performa Pavilion Gaming 15 dk0043tx tetap menjadi prioritas. Jika di versi lawasnya yang sebelumnya kami review menggunakan Intel Core i7 8750H dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050, HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx menjanjikan performa yang lebih baik dengan Intel Core i7-9750H, RAM 8GB dan kartu grafis dengan Nvidia GeForce GTX 1660Ti. Hasil benchmarknya berikut ini.

Spesifikasinya ini jelas memadai untuk gaming walau di beberapa judul game Anda tidak bisa bermain di pengaturan grafis rata kanan atau setting tertinggi. Untuk bekerja seperti menyunting foto dan video pun masih sangat mumpuni.

Review HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx: Performa Tambah Bertenaga, Harga Tetap Bersahabat 7

Kendati demikian, ini bisa dimaklumi mengingat HP Pavilion Gaming 15 memang untuk kasual gamer dan bukan untuk hardcore gamer yang mementingkan kualitas visual di pengaturan tertinggi saat bermain game. Saat digunakan untuk bermain game, game seperti Battlefield 1 dan Metro Exodus bisa dijalankan dengan sangat lancar dan stabil di pengaturan grafis medium.

Manajemen thermalnya juga tergolong baik. Saat bermain game dengan intens, hanya terasa sedikit hangat di bagian area keyboard. Walau begitu kinerja kipasnya lumayan berisik saat kinerja laptop maksimal dan agak mengganggu jika Anda bermain di tempat yang sepi.

Menariknya, untuk mengakomodir game-game masa kini yang sangat menyita ruang penyimpanan HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx datang dengan ruang penyimpanan yang kapasitasnya sangat besar. HP Gaming Pavilion 15 dilengkapi dengan hard disk berkapasitas 1TB dan M.2 SSD 256GB. Berkat penggunaan SSD ini juga Anda bisa merasakan kinerja yang lebih cepat terutama saat booting Windows dan membuka tutup program.

Baterai rata-rata

Untuk penggunaan dengan skema terhubung ke WiFi, tingkat gelap terang 50% dan menonton video di resolusi 4K baterainya ini hanya tahan sekitar 1 jam 30 menit. Tapi, untuk penggunaan standar terhubung ke WiFi, pengaturan gelap terang 50% dan mengetik sambil browsing baterainya ini bisa bertahan nyaris 5 jam. Daya tahan baterainya ini tergolong cukup rata-rata untuk kategori laptop gaming.

Kesimpulan

Desain yang tetap minimalis dan peningkatan performa yang dibawa HP Pavilion Gaming 15 dk0043tx menjadikan laptop ini semakin ideal untuk gaming atau bekerja. Harga jualnya yang ada di kisaran 17,99 juta menurut kami juga sepadan dengan performa yang ditawarkan. Jika tidak keberatan dengan harga jualnya tersebut, laptop ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan layar besar saat kerja dan bermain game.

Yang Canggih:

  • Desain keren dan minimalis
  • Layar IPS yang memanjakan mata
  • Performa bertenaga
  • Audio ok
  • Keyboard nyaman digunakan
  • Port konektivitas lengkap
  • Ruang penyimpanan besar dengan HDD dan SSD

Yang Kurang:
– Kipas berisik saat beban kerja tinggi
– Layar belum menggunakan panel 144Hz

Harga jualnya yang ada di kisaran 17,99 juta sepadan dengan performa yang ditawarkan. Cocok untuk pengguna yang membutuhkan layar besar saat kerja dan bermain game.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *