Putin Bakal Deklarasikan Perang Dunia III 9 Mei?

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Putin Bakal Deklarasikan Perang Dunia III 9 Mei? Berbagai konflik antar negara yang terjadi saat ini kian menimbulkan ancaman dimulainya perang dunia 3. Sayangnya, ancaman perang dunia tampaknya benar-benar akan terjadi dalam waktu dekat dan segera dicetuskan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace yang mengungkapkan bahwa Putin sangat memungkinkan mengumumkan perang pada 9 Mei mendatang, bertepatan dengan Rusia yang merayakan kemenangan Uni Soviet terhadap NAZI Jerman dalam Perang Dunia 2.

Ben menambahkan, hal ini dilakukan Putin demi memobilisasi rakyat Rusia melawan dunia.

“Kami telah melihat sejumlah pernyataan dari Putin baru-baru ini. Dia mengatakan ‘ini menjadi perang, ini adalah perang proxy’, padahal bukan,” tegas Ben dikutip dari Express.co.id, Selasa (3/5/2022).

Menurut Ben, isu NAZI akan diangkat kembali oleh Putin dalam peringatan hari kemenangan itu dan akan dikaitkan dengan peperangan yang lain, bukan hanya melawan Ukraina, tapi seluruh ‘Nazi di dunia’.

Sebelumnya, Putin memang telah memperingatkan untuk melakukan pembalasan secepat kilat jika negara-negara Barat ikut campur di Ukraina. Komentar Putin ini hadir saat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menyatakan mendukung perjuangan Ukraina melawan perang Rusia pada Kamis lalu.

Sementara itu, berbicara kepada anggota parlemen di St Petersburg, Putin mengatakan Barat ingin memecah belah Rusia. Ia menuduh Barat mendorong Ukraina ke dalam konflik dengan negaranya.

“Jika seseorang berniat untuk campur tangan dalam peristiwa yang sedang berlangsung dari luar, dan menciptakan ancaman strategis bagi Rusia yang tidak dapat kami terima, mereka harus tahu bahwa serangan balasan kami akan secepat kilat,” kata Putin dalam video pidatonya yang dikutip oleh media Rusia, sebagaimana dikutip oleh Channel News Asia (CNA).

“Kami memiliki semua alat untuk ini, hal-hal yang tidak dapat dibanggakan orang lain sekarang. Dan kami tidak akan menyombongkan diri, kami akan menggunakannya jika perlu. Dan saya ingin semua orang tahu itu.”

Rusia sendiri sudah mengatakan kepada AS untuk berhenti mengirim senjata ke Ukraina. Kremlin menambahkan pengiriman senjata dari Barat dalam jumlah besar mengobarkan konflik.

Sementara itu, mengutip CNBC International, ahli strategi mengatakan sebenarnya Putin menghindari risiko dengan Barat dan menekankan bahwa kemungkinan perang nuklir sangat kecil. Namun tegasnya, ancaman serius bisa muncul jika ia merasa dipermalukan di medan perang.

“Putin memiliki sejarah meningkatkan ketidakpastian. Jika dia merasa bahwa Rusia sedang dipermalukan dalam beberapa cara. Jika ada kemunduran besar, terutama pada sekitar tanggal 9 (Mei) maka ada risiko tindakan yang tidak dapat dipatahkan,” terangnya.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *