Punya Tampilan Sama, Makanan dari Indonesia Ini Ternyata Punya Kembaran di Negara Lain

Daftar Indodax

Punya Tampilan Sama, Makanan dari Indonesia Ini Ternyata Punya Kembaran di Negara Lain. Makanan merupakan salah satu budaya negara yang terus berubah dan bertransformasi mengikuti zaman. Oleh karenanya, sering kita jumpai makanan dari berbagai belahan dunia yang memiliki persamaan. Indonesia pun memiliki makanan tersohor yang ternyata ada di negara lain loh.

Mungkin makanan tersebut memiliki bahan dan bumbu yang sama atau mungkin sedikit berbeda. Pastinya, makanan tersebut dibuat untuk menonjolkan cita rasa khas masing-masing negara. Lalu, apa perbedaan makanan beda negara tersebut ya? Coba intip ulasan dari Wikimedan berikut biar nggak bingung.

Nasi uduk vs nasi lemak

Masyarakat Indonesia sudah pasti akrab dengan makanan bernama nasi uduk. Rasa gurihnya yang nikmat, ditemani berbagai isian, dan juga sambal yang mantap. Eh, tapi panganan ini ternyata punya kembaran di Malaysia loh, namanya nasi lemak. Sekilas mereka memang serupa, tapi ada beberapa perbedaan yang khas. Nasi uduk memiliki komposisi rempah yang lebih kompleks dibanding nasi lemak, sehingga rasanya lebih beraroma rempah yang harum. Sementara nasi  lemak tidak begitu kompleks dan aromanya lebih segar khas pandan.

Sambal yang digunakan pun berbeda. Jika nasi uduk menggunakan bumbu khas kacang, nasi lemak menggunakan sambal terasi, bawang, garam, dan cabai saja. Nah, perbedaan lain akan terlihat jelas jika diamati dengan saksama dari bahan pelengkap untuk penyajiannya. Nasi lemak disajikan dengan telur rebus, irisan mentimun, kacang tanah goreng, ayam goreng, dan lainnya. Nasi uduk memiliki bahan pelengkap seperti tempe orek, telur balado, telur dadar, ayam goreng, dan pelengkap lain sesuai keinginan.

Martabak manis vs apam balik

Hmm, kalo mendengar jajanan yang satu ini rasanya tidak ada yang menolak. Martabak manis dengan berbagai isian yang yummy dan digemari seluruh masyarakat. Tau gak? Di Malaysia, ada jajanan serupa yang disebut dengan apam balik.

Sekilas tampilannya memang sama persis. Ternyata bahan-bahan yang digunakan pun sama persis loh. Jika dulu apam balik hanya berisi topping kacang, kini ia memiliki banyak varian isi. Sama seperti martabak manis di Indonesia, dengan berbagai pilihan isi yang bikin ngiler!

Nasi pecel vs nasi kerabu

Pecel, kudapan pagi yang mengenyangkan. Makanan yang khas dengan bumbu kacang ini memang nikmat dijadikan sarapan pagi. Ternyata nasi pecel punya kembaran loh di Malaysia, namanya nasi kerabu.

Yap, nasi kerabu memiliki isian yang sama dengan nasi pecel. Di dalam satu piring terdapat nasi, tauge, bumbu kacang, irisan telur atau ayam, dan krupuk sebagai pelengkap. Bedanya, nasi kerabu memiliki warna biru yang didapat dari kelopak bunga kembang telang.

Ramyeon vs ramen

Nah, pecinta drama Korea Selatan pasti sudah ngak asing dengan makanan ini, ramyeon. Makanan berbahan dasar mie ini ternyata diadaptasi dari ramen Jepang loh. Tentunya ada perbedaan dari keduanya. Ramen berbahan dasar mie gandum yang disajikan denga kuah gurih, biasanya terbuat dari kaldu khusus yang diproses secara alami. Ramen disajikan dengan bahan pelengkap seperti irisan daging babi, daging ayam, olahan rebung, dan telur setengah matang.

Sedangkan ramyeon Korea merupakan hidangan berbahan dasar mie instan kering yang dimasak dalam wadah. Ramyeon memiliki cita rasa gurih pedas dengan bumbu racikan tersendiri atau mengandalkan bumbu instan. Bahan pelengkapnya berupa irisan daging babi atau ayam dengan saus gochujang dan beberapa ditambah kimchi.

Gimana, sudah pada paham perbedaanya kan? Masih banyak lagi panganan di Indonesia yang serupa dengan negara lain loh. Hanya saja kita perlu menerima persamaan dan perbedaan tersebut karena makana terus diadaptasi dan makin unik dari waktu ke waktu.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *