Penipuan Airdrop, Minereum (MNEB) dan VeloChain (VELO), Mendarat di Binance Smart Chain

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Penipuan Airdrop, Minereum (MNEB) dan VeloChain (VELO), Mendarat di Binance Smart Chain. Scammers mengintensifkan upaya di BSC, sekarang mengirimkan jutaan token palsu kepada pengguna dengan janji palsu untuk hadiah besar.

Token Airdrop Palsu 

Selama dua minggu terakhir, dua penipuan airdrop besar, termasuk token phising MNEB dan token replika palsu VELO, dikirim ke jutaan alamat dompet pengguna.

Penipuan airdrop telah menyebar luas di Binance Smart Chain (BSC). Scammers mampu memikat korban untuk membayar biaya untuk membuka token airdrop. Yang meresahkan adalah token palsu akan muncul di dompet seseorang senilai ribuan hingga jutaan dolar, sehingga biaya mahal tampaknya sepadan.

“Orang-orang ditipu dalam jumlah yang terus bertambah. Sejauh tahun ini, lebih dari $2,6 miliar telah diambil, menurut Chainalysis , seorang peneliti blockchain yang berbasis di New York, ”kata Misyrlena Egkolfopoulou dan Charlie Wells dalam artikel Bloomberg baru-baru ini yang diterbitkan 7 Juli 2021.

Saat ini, minimal 5 juta alamat dompet telah dikirimkan token MNEB dan VELO palsu. Praktik penipuan airdrop yang berbahaya dapat mengakibatkan jutaan atau bahkan miliaran USD dicuri.

Bagaimana Penipu Ini Mencuri Uang Anda

Token airdrop palsu di dompet seseorang tidak dapat diperdagangkan atau ditukar. Sebagai gantinya, pengguna diperintahkan untuk pergi ke situs web replika palsu dari proyek sebenarnya. Sesampai di sana, pengguna diinstruksikan untuk “membuka” token dengan membayar protokol di mana saja dari 0,3 – 0,9 BNB. Ini juga dapat memberikan akses pengeluaran ke dompet Anda.

Sayangnya, mereka yang membuka kunci token tidak akan pernah menerima kompensasi nyata untuk token palsu yang dijatuhkan melalui udara. Yang lebih memprihatinkan adalah ada desas-desus tentang pengguna yang telah terhubung ke situs palsu ini, hanya untuk mencuri seluruh kepemilikan crypto di dompet mereka.

Menemukan Penipuan Airdrop 

Untungnya, ada beberapa cara efektif untuk membantu pengguna menemukan dan mengidentifikasi penipuan crypto airdrop dan penipuan secara umum. Cara pertama dan mungkin terbaik untuk menemukan scam airdrop adalah mencoba dan menukar token airdrop. Jika ini terbukti tidak mungkin atau tidak dapat dilakukan, Anda mungkin menjadi calon korban penipuan airdrop.

Saat mencoba menukar token, jangan berinteraksi dengan kontrak yang tidak tepercaya. Tetap berpegang pada pertukaran tepercaya seperti PancakeSwap , ApeSwap , DoDo dll.

Cara kedua untuk menemukan penipuan airdrop adalah dengan memeriksa kapitalisasi pasar dan likuiditas dari proyek yang dicurigai tersebut. Untuk melakukan ini, pengguna harus pergi ke PooCoin atau situs web pelacakan token lainnya. Untuk contoh ini, kami akan memeriksa MNEB di PooCoin.

Bagan PooCoin

Jika pengguna di-airdrop 150.000 MNEB yang mencerminkan harga MNE, yaitu .10 menurut CoinMarketCap , pengguna mengira mereka memiliki token MNEB senilai $15.000. Biaya sebesar 0,3 BNB untuk mengklaim $15.000 terdengar bagus. Satu-satunya masalah adalah pengguna tidak akan pernah mendapatkan $15.000 itu.

Kapitalisasi pasar MNEB di PooCoin terbukti tepat di atas $24 miliar (ditemukan dalam warna hijau di sebelah kiri). Kapitalisasi pasar $ 24 miliar dolar adalah bendera merah utama, karena itu berarti bahwa proyek ini adalah salah satu dari sepuluh proyek teratas dalam Keuangan Terdesentralisasi (DeFi).

Namun, jika seseorang memeriksa kepemilikan LP MNEB/BNB yang ditunjukkan tepat di bawah dengan warna hijau, itu akan menunjukkan likuiditas lebih dari $12.000. Ini berarti secara sah tidak mungkin untuk menukar token MNEB senilai $15.000 yang dijatuhkan melalui udara.

Situs Web Palsu

Hal yang sama ditunjukkan di bawah ini untuk VELO palsu dan situs web VELO asli. Website palsu VELO saat ini sedang down. Untuk menghindari interaksi dengan situs web palsu, sangat penting untuk melakukan uji tuntas pada saluran media proyek.
Saat mencari saluran media proyek Anda, pastikan untuk mencari semua hasil. Jangan hanya mengklik Twitter dari situs web dan menganggap itu adalah sumber yang sebenarnya. Periksa ulang langsung di Twitter dan pastikan tidak ada saluran media yang lebih besar yang asli.

Selanjutnya, pengguna dapat memanfaatkan CoinMarketCap dan CoinGecko untuk menerima tautan resmi ke media sosial. Mengikuti influencer utama juga dapat membantu mengidentifikasi saluran sosial yang sebenarnya. Jika tidak ada orang besar yang mengikuti proyek, itu menimbulkan risiko palsu atau niat jahat yang jauh lebih tinggi.

Situs web palsu VELO (di sebelah kiri) dan situs web asli VELO (di sebelah kanan) 

Keamanan umum

Seiring upaya intensif untuk mengembangkan protokol perubahan dunia berikutnya, demikian pula upaya scammers yang ingin mengambil keuntungan dari investor crypto yang naif. Hal terpenting di atas segalanya adalah mempelajari cara menghindari penipuan semacam itu. Tidak mungkin scammers akan pergi dengan sendirinya. 

Memahami dan mempelajari trik dan taktik mereka adalah cara terbaik untuk tetap berada di depan mereka. Pastikan juga untuk berbagi informasi dengan teman dan keluarga sehingga mereka juga dapat menghindari menjadi korban penipuan artis. 

BSC News meminta pembacanya untuk Melakukan Penelitian Anda Sendiri (DYOR) sebelum berinvestasi atau memperdagangkan token yang tidak dikenal.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *