Otoritas Inggris Berfokus pada Peraturan Stablecoin untuk Cegah Monopoli

Daftar Indodax

John Glen, menteri layanan keuangan Inggris, mengatakan bahwa stablecoin akan menjadi fokus utama dari aktivitas regulasi crypto pemerintah.

Glen menyampaikan komentarnya saat berpidato di konferensi yang diselenggarakan oleh City & Financial Global pada hari Selasa, dalam laporan Reuters.

Bagi Glen, keputusan Inggris untuk memprioritaskan stablecoin daripada mengatur pasar keuangan yang lebih luas disebabkan oleh kekhawatiran akan munculnya monopoli di pasar berdasarkan terbatasnya jumlah peserta yang menawarkan layanan pembayaran cryptocurrency yang dipatok dengan fiat.

“Ada potensi bagi beberapa perusahaan untuk dengan cepat mencapai dominasi dan menyingkirkan pemain lain, karena kemampuan mereka untuk meningkatkan skala dan menyambungkan ke layanan online yang ada,” kata Glen.

Memang, argumen menteri menggemakan sentimen yang dianut oleh beberapa regulator keuangan terhadap proyek stablecoin Diem. Awalnya dijuluki Libra, otoritas pengatur di berbagai negara menunjuk kehadiran global Facebook sebagai faktor risiko yang signifikan terhadap kebijakan moneter negara terkait dengan proyek mata uang digital yang direncanakan.

Diem pada bagiannya telah berusaha untuk memperhalus kerutan peraturan ini dengan membuat perubahan besar-besaran pada proyek tersebut. Namun, Diem belum menerima persetujuan regulasi yang diperlukan untuk mulai meluncurkan stablecoinnya.

Komentar Glen adalah indikasi terbaru dari fokus pemerintah Inggris pada stablecoin sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan inovasi fintech baru di tengah penarikan negara dari Uni Eropa.

Kembali pada November 2020, Rishi Sunak, Kanselir Bendahara mengatakan bahwa Brexit menawarkan titik perubahan untuk industri jasa keuangan Inggris.

Saat itu, Sunak mengungkapkan bahwa pemerintah akan memprioritaskan pemanfaatan inovasi fintech baru seperti mata uang digital bank sentral dan stablecoin untuk memastikan negara mengikuti perkembangan ekonomi digital yang sedang berkembang.

Sebelumnya, departemen kebijakan keuangan Inggris menyerukan konsultasi publik tentang aturan yang diusulkan untuk stablecoin lintas batas pada Januari 2021.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *