Negara Dengan Angkatan Laut Paling ‘Ditakuti’ Dunia, Ada RI?

Wikimedan.com – Negara Dengan Angkatan Laut Paling ‘Ditakuti’ Dunia, Ada RI? Indonesia dikenal sebagai negara maritim, yakni negara yang sebagian besar wilayahnya didominasi oleh lautan. Untuk menjaga kedaulatan Indonesia, tentu Indonesia harus memiliki angkatan laut yang kuat bahkan disegani.

Pasalnya, ada beberapa negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia hingga saat ini. Kekuatan militer dari sebuah negara tentunya dihimpun dari kekuatan angkatan darat, angkatan udara, dan juga angkatan lautnya.

Angkatan laut meliputi kekuatan dari kapal perang dan juga kapal selam yang dimiliki oleh suatu negara.

World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) merilis data mengenai angkatan laut dari berbagai negara. Mereka memiliki sebuah formula penilaian bernama True Value Rating (TvR) yang menaksir kekuatan angkatan laut dari sebuah negara berdasarkan beberapa aspek.

Berikut adalah negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia berdasarkan TvR dari WDMMW:

  • Amerika Serikat

Amerika Serikat menempati posisi pertama dengan skor TvR mencapai 329,9. Angkatan laut Amerika Serikat memiliki 243 unit armada kapal aktif dengan perincian 11 unit kapal induk, 68 unit kapal selam, 131 unit armada kapal utama, dan 33 kapal amfibi.

Pasukan AS tersebut menjalankan operasi bersama di Laut China Selatan (LCS) dengan TNI AL. Kegiatan itu berlangsung sejar 12 April lalu dan berakhir kemarin, Kamis (14/4/2022). (Dok: U.S. Navy Office of Information)Foto: Pasukan AS tersebut menjalankan operasi bersama di Laut China Selatan (LCS) dengan TNI AL. Kegiatan itu berlangsung sejar 12 April lalu dan berakhir kemarin, Kamis (14/4/2022). (Dok: U.S. Navy Office of Information)

 

Angkatan laut Amerika Serikat didirikan pada tahun 1775 atau 247 tahun yang lalu dan saat ini menjadi angkatan laut paling disegani di dunia.

 

  • Tentara Pembebasan Rakyat (China)

China memiliki Tentara Pembebasan Rakyat yang merupakan tentara nasional yang berada di bawah naungan partai komunis. Jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, sebenarnya armada angkatan laut China jauh lebih banyak, yaitu sebanyak 416 armada kapal aktif.

Namun, WDMMW menempatkan China di urutan kedua dengan TvR sebesar 319,8. Angkatan laut China sudah berdiri sejak 1949 dan memiliki armada kapal dengan perincian 2 unit kapal induk, 72 unit kapal selam, 333 unit armada kapal utama, dan 9 unit kapal amfibi.

 

  • Rusia

Soal pertahanan negara, Rusia kerap disebut sebagai negara terbaik, tidak terkecuali untuk angkatan lautnya. Tidak heran, di urutan ketiga ditempati oleh Angkatan Laut Rusia. Angkatan Laut Rusia memiliki nilai TvR sebesar 242,3 dan 265 unit armada kapal aktif.

Kapal fregat Angkatan Laut Rusia Laksamana Essen bersiap untuk berlayar untuk latihan di Laut Hitam, Rabu, (26/1/2022). Rusia telah meluncurkan serangkaian latihan di tengah ketegangan atas Ukraina dan mengerahkan sekitar 100.000 tentara di dekat wilayah Ukraina yang memicu kekhawatiran Barat akan invasi. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)Foto: Kapal fregat Angkatan Laut Rusia Laksamana Essen bersiap untuk berlayar untuk latihan di Laut Hitam, Rabu, (26/1/2022). (Russian Defense Ministry Press Service via AP)

 

Jika diperinci, Rusia memiliki 1 unit kapal induk, 58 unit kapal selam, 185 unit armada kapal utama, dan 21 unit kapal amfibi. Sebagai tambahan, Angkatan Laut Rusia sudah didirikan sejak tahun 1696 dengan nama “Imperial Russian Navy”.

 

  • Indonesia

Kita perlu berbangga karena Indonesia menduduki peringkat keempat dalam daftar kekuatan armada laut dunia. Indonesia mendapatkan nilai TvR sebesar 137,3 dan memiliki 242 unit kapal armada laut.

 

Dua Kapal Perang Baru TNI AL (Dok Kemenhan)Foto: Dua Kapal Perang Baru TNI AL (Dok Kemenhan)

 

Jika diperinci, Indonesia memiliki 4 unit kapal selam, 208 unit armada kapal utama, dan 30 unit kapal amfibi. TNI Angkatan Laut didirikan bersamaan dengan kemerdekaan Indonesia, yaitu pada tahun 1945.

 

  • Korea Selatan

Posisi terakhir daftar negara dengan angkatan laut paling disegani di dunia adalah Korea Selatan. Dengan 138 unit armada kapal, Korea Selatan mendapatkan skor TvR sebesar 122,9.

Secara terperinci, armada kapal Korea Selatan terdiri dari 18 unit kapal selam, 110 unit armada kapal utama, dan 10 unit kapal amfibi dan telah berdiri sejak tahun 1945.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *