Misteri Setan Budek, Sosok Gaib yang Dianggap Sering Mencelakakan Manusia di Jalur Kereta

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Peristiwa kecelakaan yang sering terjadi di perlintasan kereta api (KA) tak hanya dilihat dari sisi teknis maupun non-teknis. Masyarakat Indonesia yang masih kental dan percaya dengan hal-hal yang berbau supranatural, kerap mengaitkan peristiwa tersebut dengan sosok gaib yang ada di sana.

Salah satu yang menjadi sebuah legenda yang diceritakan secara turun temurun adalah keberadaan ‘setan budek’ atau makhluk gaib yang dipercaya membuat manusia lalai hingga berujung pada kecelakaan. Keberadaannya sendiri masih samar dan tidak jelas asal usulnya. Lantas, seperti apa sosok tersebut?

Makhluk gaib yang dipercaya membuat manusia celaka di sekitar perlintasan kereta api

Ilustrasi kecelakaan di sekitar perlintasan kereta api [sumber gambar]Keberadaan setan budek telah menjadi sebuah urban legend yang begitu melekat di masyarakat. Sosok gaib satu ini dianggap sering mencelakakan manusia di sekitar perlintasan kereta api dengan cara menutup kuping targetnya. Alhasil, mereka yang jadi korban sering tidak mendengar (budek) suara sirine ataupun suara orang sekitar yang memberi peringatan. Mungkin dari hal itulah julukan setan budek disematkan.

Tidak pilih kasih dalam mencelakakan korbannya

Ilustrasi setan budek yang diilustrasikan oleh tim Kisah Tanah Jawa [sumber gambar]Saat mengganggu manusia, setan budek tidak memilih korbannya. Baik wanita, laki-laki, orang dewasa, orang tua, semua bisa menjadi targetnya. Menurut seorang indigo, Furi Harun, mereka yang rentan adalah ketika bepergian dalam kondisi setengah sadar, melamun, dan pikirannya sedang tidak fokus. Terutama saat melewati perlintasan kereta api, baik siang hari maupun malam hari.

Mencelakakan manusia dengan membisikkan hal-hal yang jahat

Ilustrasi perlintasan kereta api [sumber gambar]Sebuah utas di Twitter yang diunggah oleh akun Kisah Tanah Jawa menjelaskan, setan budek dianggap bisa membaca suasana hati dan pikiran seseorang. Jika tengah dirundung masalah yang mungkin dirasakan cukup pelik, makhluk gaib ini membisikkan ajakan jahat agar targetnya melakukan aksi bunuh diri agar masalahnya selesai. Jika di perlintasan, korbannya didorong untuk menabrakkan diri dengan kereta yang melintas.

Setan budek berwujud seperti pria yang bergentayangan di sekitar rel

Ilustrasi setan budek [sumber gambar]Masih menurut tim Kisah Tanah Jawa, setan budek merupakan perwujudan qorin jahat yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, bahkan jauh lebih lama sebelum masa penjajahan Belanda. Jika digambarkan menjadi sebuah sosok, makhluk gaib ini berwujud seorang pria dengan wajah yang menyerupai kera dan kerap berjalan dengan kondisi baju compang-camping di sekitar perlintasan kereta api (KA).

Fenomena setan budek dilihat dari kacamata psikologis

Rombongan wisata Jakarta Mystical Tour saat berkumpul di rel lintasan tragedi Bintaro 1987 [sumber gambar]Selain dari sisi gaib, faktor kecelakaan di perlintasan kereta api juga berkaitan erat dengan kondisi psikologis seseorang. Psikolog dari Sanotarium Dharmawangsa Jakarta, Liza Marielly Djaprie, yang dikutip dari Kumparan (16/06/2017) mengatakan, pengendara yang dibebani dengan pikiran untuk mengejar waktu di jam-jam sibuk biasanya cenderung abai dengan sekelilingnya. Hal ini terjadi lantaran fokus dari pikiran menjadi hal utama sehingga mengalahkan kesadaran akan risiko celaka dan sebagainya.

Terlepas dari penyebab karena terkait dengan setan budek atau tidak, kecelakaan di sekitar perlintasan kereta api (KA) memang rawan terjadi. Salah satu cara agar terhindar dari mara bahaya tersebut adalah dengan banyak-banyak berdoa, fokus kala di perjalanan, dan tetap mematuhi aturan-aturan lalu lintas yang ada. Ngeri juga sih ya kalo setan budek yang beraksi.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *