Microsoft Umumkan Xbox Series X, Konsol Gaming yang Mendukung Resolusi 4K di 60fps

Microsoft secara resmi mengumumkan kehadiran konsol gaming terbarunya yang diberi nama Xbox Series X. Berstatus sebagai penerus dari Xbox One dan Xbox One X, Xbox Series X diklaim sebagai konsol paling kencang dan paling bertenaga yang pernah dibuat oleh Microsoft.

Mendukung resolusi 4K di 60fps

Xbox Series X tampil dengan desain yang jauh berbeda dibanding konsol generasi sebelumnya. Kali ini, Microsoft menyajikan desain kotak yang cenderung lebih mirip PC desktop. Gamer bisa meletakkan konsol tersebut dalam posisi vertikal maupun horizontal.

Untuk menunjang performanya, Xbox Series X dipersenjatai CPU dan GPU generasi terbaru dari AMD. CPU-nya berbasis arsitektur Zen 2 yang juga digunakan pada Ryzen 3000 Series, sementara GPU-nya berbasis arsitektur RDNA seperti yang ditemukan pada Radeon RX 5000 Series.

Dengan bekal tersebut, Xbox Series X diklaim punya performa 4 kali lebih bertenaga dibanding Xbox One X. Selain itu, konsol ini juga mendukung hingga resolusi 4K di 60fps atau bahkan 120fps di beberapa skenario. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya Xbox Series X telah mendukung output hingga resolusi 8K.

Microsoft juga berusaha meminimalisir latency dengan membenamkan teknologi seperti Auto Low Latency Mode (ALLM), dan memberikan fitur baru bagi para developer seperti Dynamic Latency Input (DLI). Kombinasi yang amat menggiurkan dan menarik untuk ditunggu seperti apa implementasinya.

Meluncur akhir tahun 2020

Meski sudah diperkenalkan secara resmi, Microsoft menjelaskan bahwa Xbox Series X dijadwalkan baru akan dijual ke pasaran pada Musim Liburan (akhir tahun) 2020 mendatang. Artinya, ada waktu sekitar satu tahun bagi para gamer untuk bersiap menyambut konsol canggih ini.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *