Mengurai Perbedaan Smartphone Realme 7 dan Realme 7 Pro


Mengurai Perbedaan Smartphone Realme 7 dan Realme 7 Pro. Lagi-lagi vendor ponsel pintar asal Tiongkok, Realme mengenalkan personel barunya. Tak tanggung-tanggung pada bulan yang sama tepatnya di September 2020, ada dua model Realme terbaru yakni Realme 7 dan Realme 7 Pro.

Kedua ponsel pintar dengan sistem operasi yang sama yaitu Android 10, rupanya memiliki kesamaan dari segi kamera belakangnya. Resolusi lensa kamera utama dari Realme 7 dan Realme 7 Pro kompak dengan ukuran 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP. Begitupun dengan fitur dan resolusi videonya.

Selain itu, Realme 7 dan Realme 7 Pro mempunyai tipe WLAN, USB, hingga microSDXC. Lalu, adakah perbedaan dari kedua ponsel ini? Pastinya ada, seperti pemasangan fitur FM Radio yang hanya dapat dinikmati pada Realme 7. Hal berbeda pada Realme 7 Pro, yang tidak memiliki fitur konektivitas FM Radio.

Perbedaan dari kedua ponsel pintar ini tampaknya masih banyak dan perlu dikorek lebih lanjut. Maka demikian, dalam artikel kali ini Wikimedan akan mengurai perbedaan antara Realme 7 dan Realme 7 Pro. Penasaran apa saja perbedaan dari kedua ponsel ini? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Spesifikasi Realme 7

 

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif IPS LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi Realme 7 Pro

 

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: Layar sentuh kapasitif Super AMOLED, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh tidak dapat dilepas

Perbedaan Realme 7 dan 7 Pro

Jika kamu bingung memilih antara Realme 7 dan Realme 7 Pro, sebaiknya cari tahu dulu perbedaan antara keduanya melalui penjelasan berikut ini.

1. Punya Bodi Beda Tipis

 

Merundingkan soal bodi dari kedua ponsel ini tampak tidak terlalu renggang perbedaannya dari sisi dimensi dan bobot. Dimensi yang dimiliki Realme 7 lebih besar dengan ukuran 162.3 x 75.4 x 9.4 mm, sedangkan Realme 7 Pro justru menyusut di ukuran 160.9 x 74.3 x 8.7 mm. Meski beda beberapa milimeter, bodi Realme 7 Pro lebih kecil dibanding Realme 7.

Untuk bobot terpantau kalau Realme 7 Pro lebih ringan dengan 14,5 g dibandingkan dengan Realme 7. Ponsel Realme 7 memiliki berat 196,5 g, sementara Realme 7 Pro dengan bobot 182 g. Dengan demikian bila kamu mencari bodi yang eteng Realme 7 Pro juaranya, akan tetapi ukuran dimensinya lebih kecil dari Realme 7.

Baca juga : Realme Watch S Pro Resmi Hadir Di Indonesia

Masih dalam perundingan bodi, Realme 7 dan Realme 7 Pro meski memiliki empat lensa untuk kamera utamanya tetapi memiliki desain yang berbeda. Desain kamera utama Realme 7 terlihat empat menjajar ke bawah, sementara Realme 7 Pro seperti leter L. Namun, secara keseluruhan desain kedua ponsel ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Oh, hampir lupa ada poin yang rupanya tidak dimiliki Realme 7 tetapi ada di dalam bodi Realme 7 Pro. Slot SIM yang diusung oleh Realme 7 hanya sekadar Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Namun, Realme 7 Pro yang memiliki Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) juga telah didukung dengan Water-Repellent, mempunyai sifat tahan air sampai ke hydrophobic level. 

Dilansir dari Wia.id, untuk sampai ke tingkatan tersebut umumnya produk dilapisi oleh lapisan tipis khusus entah di bagian dalam, luar atau keduanya dengan sejenis lapisan nano technology.

2. Petarungan Ketajaman Layar

 

Ponsel kakak-beradik ini kelihatan memiliki identitas yang berbeda pada layarnya baik dari tipe, ukuran, resolusi, hingga proteksi layar. Tipe layar yang diusung oleh Realme 7 bertipe  IPS LCD dengan kecepatan refresh 90Hz, sehingga membuatnya halus.

Lewat jumlah refresh rate tersebut membuat kinerjanya lebih baik saat menggulir antarmuka dan bermain gim. Lalu, untuk tingkat kecerahannya standar yang berada di angka 480 nits. Penggunaan layar IPS LCD juga tidak mengonsumsi baterai yang banyak.

Berpindah ke tipe layar yang dianut oleh Realme 7 Pro adalah Super AMOLED. Berkat tipe layar ini membuat Realme 7 Pro jauh lebih responsif, sehingga dalam satu sentuhan layar ponsel akan langsung merespon.

Layar Super AMOLED diklaim mampu meng-update piksel secara sendiri serta memiliki saturasi dan kualitas warna yang sangat tinggi. Penggunaan Super AMOLED, tidak membuat penggunaan baterai yang besar malah dikatakan 10 kali lebih hemat.

Beralih ke ukuran layar, Realme 7 lebih luas dengan 6,5 inci dan rasio layar-ke-bodi 83,4 persen. Sedangkan, Realme 7 Pro hanya beda tipis saja luasnya yaitu 6,4 inci dengan rasio layar-ke-bodi 82,7 persen. Dengan demikian, Realme 7 Pro sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Realme 7.

Untuk resolusi tidak ada perbedaan dari kedua ponsel pintar ini, 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9, akan tetapi tingkat ketajaman dari Realme 7 Pro lebih mantap. Bukan tanpa alasan, Realme 7 hanya memiliki kepadatan layar/piksel 405 ppi dan Realme 7 Pro mempunyai kepadatan layar 411 ppi. 

Dilanjutkan dengan proteksi layar yang ternyata Realme 7 Pro juara dalam urusan ini. Pada Realme 7 proteksi layarnya berbalutkan dengan Gorilla Glass 3, berbeda dengan Realme 7 Pro yang disuplai dengan Gorilla Glass 3+. Berkat embel plus pada jenis proteksinya, membuat Realme 7 Pro lebih tahan goresan.

Pun Realme 7 Pro memiliki fitur Always-on display, memungkinkan adanya proses kustomisasi layar ponsel untuk menampilkan waktu, tanggal, status baterai, notifikasi, screen saver, dan masih banyak lagi.

3. Punya OS Sama tapi Beda Prosesor

 

Kedua ponsel ini menggunakan sistem operasi yang sama yaitu Android 10, akan tetapi prosesor dari Realme 7 dan Realme 7 Pro mempunyai perbedaan. Realme 7 rupanya menggandeng Mediatek Helio G95 untuk menjadi perangkat kerasnya.

Untuk prosesor utama atau CPU, Realme 7 jatuh kepelukan Octa-core dua jenis (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55). Lalu, untuk prosesor pengolah grafis atau GPU, ponsel pintar ini memilih Mali-G76 MC4.

Lanjut pada Realme 7 Pro yang mengajak Qualcomm Snapdragon 720G untuk dijadikan sebagai chipset-nya, dengan Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) sebagai CPU dan Adreno 618 untuk GPU. Lalu, mana yang paling oke dalam urusan prosesor dari kedua ponsel pintar produksi Realme ini?

Menurut Verus.com, Realme 7 dengan Mediatek Helio G95 lebih baik daripada Qualcomm Snapdragon 720G pada Realme 7 Pro. Kenapa demikian? Mediatek Helio G95, mempunyai kecepatan CPU lebih cepat 4,55 persen jika dibandingkan dengan kinerja dari Qualcomm Snapdragon 720G.

Qualcomm Snapdragon 720G juga harus kalah dalam Kecepatan RAM. Dikarenakan kecepatan RAM yang dimiliki Mediatek Helio G95, 267MHz lebih tinggi sehingga mendukung memori yang lebih cepat, yang menghasilkan performa sistem lebih cepat. Tidak hanya itu Mediatek Helio G95, mendukung jumlah memori maksimum RAM hingga 10 GB.

4. Hanya Kamera Depan yang Berselisih

 

Seperti yang dijelaskan di awal artikel bahwa kedua ponsel ini sangat rukun dalam ukuran lensa pada kamera belakang, lengkap dengan fitur dan ukuran resolusi videonya yang sama. Namun tidak dengan kamera depan atau selfie-nya, Realme 7 Pro menanamkan lensa kamera depannya dengan resolusi 32 MP dilengkapi dengan fitur HDR dan Panorama, serta Gryo-EIS yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan dari guncangan ketika mengambil gambar.

Beralih pada kamera depan milik Realme 7 yang resolusinya masih 16 MP, hanya memiliki satu fitur yaitu Panorama, dan tidak dibantu dengan teknologi Gryo-EIS. Dari ukuran tersebut, jelas membuat Relame 7 harus gigit jari melihat kualitas dan hasil yang diambil oleh kamera depan Realme 7 Pro lebih cantik dan tajam.

5. Kesenjangan dalam Kapasitas Daya Baterai

 

Sumber Daya Baterai tentunya wajib diperhatikan saat mengulik ponsel pintar yang baru saja rilis. Tidak hanya itu, terkadang kita juga harus membandingkan kapasitas baterai ponsel terbaru itu dengan ponsel yang duluan hadir. Seperti halnya Realme 7 dan Realme 7 Pro yang ternyata memiliki kapasitas daya pengisian berbeda.

Baterai dari kedua ponsel mempunyai perbedaan yang terpaut cukup besar yaitu 500 mAh. Lalu, mana yang lebih besar? Jawabannya, Realme 7 dengan kapasitas baterai mencapai 5000 mAh. Sedangkan, Realme 7 Pro harus mentok di ukuran 4500 mAh. Dengan bertipe Li-Po, penggunan Realme 7 mampu bertahan lebih lama dan memungkinkan digunakan seharian penuh untuk melakukan beragam aktivitas dalam sekali pengisian daya.

Tetapi untuk urusan pengisian cepat, Realme 7 Pro patut bangga karena berkat teknologi pengisian daya cepat 65W dirinya mampu mengisi daya secara penuh dalam 34 menit saja. Sedangkan, teknologi pengisian daya cepat yang dimiliki Realme 7 hanya 30W sehingga membutuhkan waktu 65 menit jika ingin mendapatkan baterai 100 persen.

6. Disparitas Minor Lainnya

 

Mari beranjak ke perbedaan kecil di antara Realme 7 dan Realme 7 Pro yang dilihat dari segi konektivitas, fitur, warna, dan harga. Di bagian konektivitas kedua ponsel ini telah dipasangkan dengan teknologi NFS, akan tetapi untuk Realme 7 lebih spesifik maksudnya teknologi ini dikhususkan untuk di kawasan Indonesia. Sedangkan, Realme 7 Pro baru melabelkan dirinya dengan region dependent atau tergantung regional.

Adapun nominasi fitur konektivitas di bidang Bluetooth ter-update jatuh kepada Realme 7 Pro dengan versi 5.1, semantara Realme 7 harus puas dengan posisi runner-up. Pengguna Bluetooth versi 5.1 mendorong pengguna Realme 7 Pro untuk menggapai jangkauan lebih jauh, lebih akurat, konsonsumi daya lebih rendah, dan kecepatan yang lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Dari segi fitur yang tidak lain adalah sidik jari, sebenarnya keduanya sudah dilengkapi fitur ini hanya saja tata letaknya yang berbeda. Realme 7 memasangkan teknologi sidik jarinya di sisi bingkai atau bodi, sedangkan Realme 7 Pro menyematkan sensor sidik jari di bagian belakang dan optik.

Membahas soal variasi warna, tampaknya kedua Realme ini hanya memiliki dua jenis saja yaitu Realme 7 dengan Mist Blue dan Mist White serta Realme 7 Pro menyediakan Mirror Blue dan Mirror Silver. Selanjutnya yang ditunggu-tunggu yaitu perbandingan harga dari kedua ponsel pintar ini, Realme 7 dipatok Rp3.540.000 dan Realme 7 Pro dibanderol Rp4.325.000. Yap, lebih murah Realme 7 disandingkan dengan Realme 7 Pro.

Simpulan

Kedua ponsel yang memiliki resolusi kamera belakang sama ini cukup kompetitif, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dari penjelasan di atas,kamera depan milik Realme 7 Pro lebih besar sehingga memungkinkan menghasilkan hasil yang lebih baik. Selain itu, kamera depan kepunyaan Realme 7 Pro dibekali dengan fitur HDR dan gyro-EIS.

Soal bodi Realme 7 Pro meski dimensinya lebih kecil dari Realme 7 tetapi bobotnya lebih ringan. Selain itu, Realme 7 Pro dibekali dengan teknologi Water-repellent coating. Untuk ukuran layar Realme 7 lebih luas, tetapi kepadatan pikselnya lebih kecil jika diadukan dengan Realme 7 Pro walaupun layarnya agak sempit. Juga, Realme 7 Pro dilengkapi dengan proteksi layar oleh Gorilla Glass 3 Plus.

Dari segi sumber daya baterai, Realme 7 unggul dengan Li-Po berukuran 5000 mAh membuat dirinya mampu bertahan lebih lama. Namun, untuk urusan pengisian daya cepat Realme 7 Pro juara dengan kemampuan pengisian penuh hanya dalam 34 menit. Kedua ponsel yang hanya menawarkan dua variasi warna ini soal harga lebih murah Realme 7 yang terpaut Rp800 ribuan.

Demikianlah perbedaan antara Realme 7 dan Realme 7 pro. Semoga dengan membaca ini kamu sudah tahu mau pilih ponsel Realme yang mana. Namun, jangan khawatir jika kamu masih bimbang mau beli yang mana, bisa membaca artikel yang bertajuk Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7 atau Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 7 Pro. Selamat membaca, ya!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *