Mengenal Sinovac, Perusahaan Cina yang Kirim Vaksin ke Indonesia untuk Perangi Covid-19

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Indonesia menjadi salah satu negara untuk pengujian fase III vaksin virus corona yang dibuat oleh Sinovac Biotech Ltd. Perusahaan farmasi asal Beijing Cina itu nantinya akan bekerja dengan Bio Farma untuk memproduksi vaksin Covid-19, lewat skema transfer teknologi.

Sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Cina, Sinovac telah malang melintang bergelut di industri farmasi dengan jangkauan internasional. Indonesia yang menjadi lokasi uji coba fase III vaksin virus corona, merupakan salah satu dari sekian negara di dunia yang juga merasakan hal serupa.

Perusahaan besar di Cina yang mengembangkan berbagai jenis vaksin

Perusahaan Sinovac asal Cina [sumber gambar]Sinovac berawal pada tahun 1993 silam ketika Weidong Yin selaku pimpinan dan timnya terlibat dalam kegiatan penelitian di Tangshan Yian Biological Engineering Co. Ltd. Tujuannya pada saat itu adalah mengembangkan vaksin hepatitis A. Perusahaan baru resmi berdiri pada 2001 dan telah memproduksi dua vaksin, yakni untuk influenza (H5N1 dan H1N1) hingga hepatitis.

Punya fasilitas canggih dengan standar internasional

Proses produksi vaksin di Sinovac [sumber gambar]Kinerja perusahaan juga didukung dengan fasilitas penelitian canggih yang sepenuhnya saling terintegrasi satu sama lain, tim penjualan yang tersebar di seluruh Cina, hingga fasilitas manufaktur dan produksi bersertifikat GMP. Sinovac pun diakui sebagai salah satu pelaku industri farmasi yang berpengaruh di Cina.

Kembangkan vaksin untuk memerangi virus corona

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac [sumber gambar]Pengembangan vaksin untuk virus corona atau Covid-19 dilakukan pada akhir Januari 2020 lalu. Selain penelitian, Sinovac juga menyiapkan pabrik yang diharapkan mampu memproduksi hingga 100 juta vaksin virus corona dalam setahun. Semua didukung oleh lembaga riset dan pengembangan sebanyak 5 buah yang tersebar di seluruh Cina.

Bekerja sama dengan Indonesia sebagai salah satu lokasi uji coba

Ilustrasi uji coba vaksin Sinovac pada relawan [sumber gambar]Indonesia menjadi salah satu dari banyak negara di dunia yang bakal menjalani uji coba vaksin buatan Sinovac. Nantinya, produksi yang dilakukan akan dikerjasamakan dengan perusahaan farmasi lokal, yakni Bio Farma, lewat skema transfer teknologi. Informasi terbaru yang dikutip dari Kompas (21/10/2020), vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah melewati uji klinis tahap ke-3.

Negara-negara lain yang juga menggunakan vaksin buatan Sinovac

Ilustrasi uji coba vaksin Sinovac [sumber gambar]Selain Indonesia, Bangladesh dan Brazil adalah negara yang menjadi tempat uji coba vaksin Covid-19. Pusat Penelitian Penyakit Diarrheal Internasional di Bangladesh (ICDDR, B), bakal melaksanakan uji coba di tujuh rumah sakit Covid-19 yang berlokasi di ibu kota Dhaka. Sedangkan Brazil yang sedianya bakal menjalani uji coba serupa, dikabarkan batal lantaran pemerintahnya tak jadi membeli vaksin tersebut.

Selain mengembangkan vaksin untuk virus corona, Sinovac pada saat ini juga tengah meneliti vaksin baru untuk menyembuhkan enterovirus 71, yakni virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) yang menjangkiti di kalangan anak-anak.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *