Mengenal Makanan dan Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid

Adanya kontraksi rahim dapat menjadi  penyebab nyeri haid hari pertama. Namun, Anda jangan khawatir karena rasa nyeri saat haid dapat diatasi dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Anda penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini.

 

Jenis-jenis Makanan dan Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid

 

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu minuman yang kaya akan kalsium, vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan bakteri baik yang bagus untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu, mengkonsumsi yogurt juga dapat mengatasi rasa nyeri saat haid dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayuran

Mengkonsumsi sayuran hijau bagus untuk kesehatan dan mampu mengatasi nyeri haid. Hal ini dikarenakan sayuran hijau kaya akan kalium, magnesium dan kalsium. Asupan nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi bayam, brokoli, kubis, sawi dan lain-lain.

Air hangat

Air hangat telah terbukti sebagai obat pereda nyeri haid. Caranya sangat mudah yaitu dengan minum beberapa gelas air  hangat. Fungsi air hangat di dalam tubuh antara lain adalah untuk mendetoksi dan memperlancar aliran darah. Selain itu, air hangat juga bisa mengatasi berbagai masalah saat haid seperti kembung dan lain-lain.

Ikan yang kaya akan omega 3

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi omega 3 saat haid  dapat mengurangi rasa nyeri. Asupan omega 3 dapat Anda peroleh dari ikan salmon, ikan kembung, makarel dan lain-lain. Asupan omega 3 juga dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi biji kenari, kedelai, kembang kol dan lain-lain.

Gandum

Di dalam gandum mengandung magnesium yang bagus untuk mengatasi nyeri haid. Selain itu, gandum juga mengandung vitamin B dan E yang dapat mengatasi rasa lemah dan membuat mood Anda menjadi lebih baik saat haid. Makanan yang mengandung gandum contohnya adalah roti.

Pisang

Pisang juga merupakan salah satu jenis buah yang bagus dikonsumsi saat haid. Hal ini dikarenakan pisang mengandung potassium dan vitamin yang dapat meringankan nyeri saat haid, menjaga mood tetap baik dan lain-lain.

Jus nanas

Mengkonsumsi nanas dapat mengatasi peradangan karena adanya kandungan enzim bromelain. Selain itu, enzim tersebut juga mampu meredakan otot yang tegang sehingga rasa nyeri menjadi berkurang.

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *