7 Fakta Sapi Limosin dan 5 Keunggulannya untuk Ternak

Pasang Iklan Disini

Sapi limosin  atau Limousin adalah sapi yang pertama kali dikembangkan di negara Prancis. Sapi ini memiliki ciri yaitu mempunyai ukuran tubuh yang besar dan panjang, dengan bulu yang berwarna coklat tua, warna sekeliling mata dan bagian lutut ke bawah berwarna sedikit terang, serta pada sapi limosin jantan memiliki tanduk yang tumbuh ke luar yang sedikit melengkung.

Sapi limousin sendiri adalah jenis sapi pedaging yang mempunyai nilai jual tinggi. Oleh sebab itu sekarang banyak orang yang sudah mulai mengembangbiakkan sapi jenis limousin ini. Berikut sederet Fakta mengenai Sapi yang jadi favorit korban kalangan papan atass ini.

1. Punya 5 Keunggulan

Bukan tanpa alasan sapi ini di bawa ke Indonesia. 5 Keunggulan ini membuat peternak berlomba membudidayakan sapi coklat ini

Berikut keunggulan sapi limosin, yaitu :

  1. Sapi limousin mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibanding dengan jenis sapi yang lain sehingga sapi ini sangat cocok untuk di jadikan sebagai usaha budidaya.
  2. Ukuran berat badannya lebih dari jenis sapi lain sehingga mempunyai daging yang lebih banyak.
  3. Sapi ini  mempunyai daging dengan kualitas yang baik dan cocok untuk dijadikan makanan konsumsi
  4. Waktu untuk penggemukan sapi limousin lebih pendek dan cepat
  5. Sapi limosin lebih tahan terhadap penyakit yang biasa menyerang sapi terutama penyakit antraks.

Ternak Sapi Limosin

Apakah anda tertarik beternak sapi limousin, cek fakta berikut ini

2. Kandang Sapi Limosin Harus Luas dan bersih

Sapi limosin adalah sapi yang mempunyai ukuran yang besar jadi apabila anda ingin membudidayakannya dalam skala besar maupun kecil, sebaiknya buatlah kandang sapi dalam ukuran yang luas. Anda bisa memilih kandang dengan tipe terbuka, setengah terbuka, dan kandang tertutup.

Teknik ternak sapi limousin secara lengkap bisa anda baca di : Ternak Sapi Limosin di Indonesia dan Tips Usaha

Ketika memilih kandang untuk sapi, sebaiknya pilihlah kandang yang sesuai dengan kebutuhan anda serta buatlah kandang yang sesuai dengan lingkungan tempat anda ingin membudidayakan sapi limosin. Jika tempat yang akan anda gunakan di dataran rendah yang mempunyai tiupan angin yang tidak terlalu kencang, anda bisa memilih kandang terbuka atau setengah terbuka. Sedangkan bila di daerah yang dingin dengan angin yang bertiup kencang anda bisa memilih kandang yang tertutup.

Hendaklah kandang yang bisa melindungi sapi dari bahaya baik bahaya dari alam maupun dari pencurian. Rutinlah membersihkan kandang, karena kandang yang bersih bisa menghindarkan sapid an anda sendiri dari penyakit. Anda bisa membersihkan kandang ketika sapi limosin sedang anda keluarkan.

Bibit Sapi Limosin

3. Pakan sapi limosin seperti sapi lainnya. Tetapi harus bergizi

Untuk pakan sapi limosin, anda bisa member pakan hijau yang berupa:

  • rumput hijau
  • makanan kasar yang berupa jerami
  • konsentrat
  • vitamin.

Arikel lengkap mengenai pakan sapi sudah saya tulis di  baca di : 17 Jenis Pakan Sapi, khusus sapi limosin kami ulas di: Pakan Sapi Limosin

Konsentrat berupa biji-bijian, limbah pengolahan hasil pertanian, serta umbi-umbian. Berikan juga vaksin dan antibiotik agar sapi sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Walaupun sapi limosin adalah sapi yang tahan terhadap penyakit tetapi vaksin dan antibiotik bisa tetap di berikan.

Anda juga harus menjaga kebersihan tempat pakan dan minum, pilihlah tempat pakan dari bahan yang tidak melukai mislanya bahan dari kayu atau anda juga bisa membuat tembok yang dibuat persegi panjang. Sedangkan untuk tempat minum pilih dari bahan plastik yang berupa ember yang tidak mudah pecah serta mudah untuk dibersihkan dan diganti airnya.

4. Perawatan Sapi Limosin harus diutamakan

Sapi limosin memang terkenal kebal penyakit. Meski demikian anda harus melakukan perawatan agar tidak merogoh kocek dalam saat terjadi sapi sakit.

Untuk perawatan anda bisa memberikan sapi limosin obat cacing, antibiotik, maupun vaksin. Usahakan agar selalu membersihkan kotoran di kandang sapi setiap hari, ini untuk menjaga kesehatan sapi dan juga agar sapi tidak mengalami stress. Anda juga bisa rutin memotong kuku sapi, karena pada kondisi tertentu kuku sapi yang terlalu panjang akan membuat sapi tidak nyaman dan membuat kakinya sakit.

Pakan Sapi Limosin

Jika anda ingin menggembalakannya sebaiknya sapi di ikat di tiang atau tempat tambatan, serta pilihlah tempat yang lapang dan rumput tumbuh subur untuk makan sapi limosin anda. Mandikan juga sapi 3 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sapi limosin.

5. Panen Sapi limosin bisa mulai 3 kwintal 

Sapi limosin sudah bisa di panen (dipasarkan atau dipotong) bila beratnya sudah mencapai 390-500 kg, karena sapi limosin merupakan sapi yang pertumbuhan dan perkembangannya  cepat

Untuk pemasaran sapi limosin sendiri anda tidak akan kesulitan, karena sekarang minat orang terhadap sapi jenis ini cukup banyak sehingga anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli selain itu harga sapi limosin juga cukup mahal jadi anda akan mendapat banyak keuntungan bila beternak sapi limosin.

6. Menjadi Sapi Korban Pak Presiden

limousin jokowi

Di tahun 2019 nama sapi limousin semakin melejit setelah pak jokowi memilih sapi ini menjadi sapi korban. Seperti dilansir CNBC, Sapi tersebut dihargai lebih dari 100 juta

7. Mampu mencapai berat lebih dari 1 Ton

Sapi Limosin adalah salah satu sapi yang bisa mencapai berat 1 Ton. Pak Jusuf Kalla pernah dikabarkan berkurban dengan sapi ini seberat 1,2 Ton dan Pak Jokowi 1,7 Ton. Limosin adalah 1 dari puluhan jenis sapi potong yang diternak di Indonesia.

Selanjutnya silahkan membaca :
Ternak Sapi Bali Pakan Sapi Limosin  Macam Macam Jenis Sapi Ternak Cara Ternak Sapi Limosin

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *