Melihat Salah Satu Berlian Terbesar di Dunia, Baru Ditemukan di Botswana Lebih dari 1000 Karat

Daftar Indodax

Melihat Salah Satu Berlian Terbesar di Dunia, Baru Ditemukan di Botswana Lebih dari 1000 Karat. Berlian adalah batu berharga yang terbentuk dari mineral paling keras yang pernah ada. Berlian memiliki indeks bias tertinggi yang mempercantik tampilan. Tak salah jika berlian digemari banyak orang karena keindahan dan kekuatan bahannya. Berlian biasanya berbentuk mungil dan indah. Namun, berlian dengan karat terbesar pernah ditemukan di dunia loh.

Berlian tersebut sempat membuat takjub para pecinta berlian, pemerintah, hingga perusahaan berlian karena bentuknya yang sangat besar dan menduduki posisi sebagai berlian terbesar yang pernah ada. Nah, baru-baru ini, muncul berlian terbesar ketiga di salah satu belahan dunia. Dimana ya? yuk simak ulasannya.

Penemuan berlian terbesar ketiga di dunia

Rabu, 16 Juni 2021, perusahaan berlian Botswana Debswana mengumumkan jika mereka telah menemukan batu permata 1.098 karat dan disebut sebagai berlian terbesar ketiga di dunia. Sebenarnya, batu permata itu telah ditemukan pada tanggal 1 Juni, namun baru diserahka oleh Lynette Armstrong, direktur pengelola sementara Debswana Diamond kepada Presiden Mokgweesti Masisi di Gaborone dan diumumkan secara resmi pada 16 Juni.

Detail berlian

Sejak ditemukan, belian tersebut belum diberi nama. Berlian itu memiliki panjang 73 mm, lebar 52 mm, dan tebal 27 mm. Dilansir dari laman Berita Satu, perusahaan Debswana menyebutkan jika temuan tersebut merupakan sejarah baik bagi perusahaan mereka selama beropersi selama 50 tahun. Mereka pun belum memutuskan apakah akan menjual batu tersebut melalui jaringan De Beers atau melalui perusahaan milik Negara Okavango Diamond Company.

Penemuan berlian sebelumnya (pertama dan kedua)

Sebelum penemuan berlian di Botswana, dunia pernah dikejutkan dengan penemuan berlian terbesar pertama dan kedua. Yang pertama ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905, diberi nama Cullinan 3.106 karat. Selanjutnya, penemuan kedua berasal dari bagian timur laut Botswana, yakni Karowe. Berlian tersebut memiliki ukuran sebesar bola tenis yang ditemukan pada tahun 2015 bernama Lesedi La Rona 1.109 karat.

Botswana dan hubungannya dengan berlian

Dilansir dari laman Liputan6, Botswana merupakan produsen berlian terbesar nomor delapan di seluruh dunia. Pendapatan terbesar Botswana berasal dari penjualan berlian oleh De Beers, sebagai spesialis tambang berlian. Tak salah, jika komoditi ini mampu menjadikan Botswana negara terkaya di Afrika.

Namun, pandemi covid 19 membuat ekonomi Botswana menjadi tak stabil. Penemuan ini diharapkan mampu meningkatkan produksi Debswana, sebagai perusahaan berlian dan mendongkrak ekonomi Botswana.

Penemuan-penemuan besar seperti berlian ini harapannya mampu memberi angin segar bagi kondisi masyarakat di tengah pandemi.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *