Mau Belajar Trading Saham? 6 Film Ini Wajib Ditonton

Daftar Indodax

Mau Belajar Trading Saham? 6 Film Ini Wajib Ditonton. Belajar trading saham bisa melalui banyak media, termasuk film.

Tidak bisa dimungkiri, sekarang ini banyak yang tertarik dengan trading saham karena potensi keuntungan yang tinggi. Tapi, bukan berarti kamu main saham bakal auto kaya ya. Ada serangkaian proses yang mesti dilalui agar bisa memperoleh keuntungan besar.

Agar bisa menjadi trader yang andal, tentunya kamu harus belajar banyak hal. Kamu bisa memulai belajar melalui film-film yang membahas tentang dunia saham agar bisa lebih mengerti tentang analisis misalnya.

Berikut ini rekomendasi film tentang trading saham yang bisa kamu tonton di waktu senggang.

6 Film yang Wajib Ditonton untuk Belajar Trading Saham

Wall Street

Film besutan sutradara Oliver Stone ini diproduksi di tahun 1987. Film ini diangkat dari kisah nyata dan dipersembahkan untuk ayahnya yaitu Lou Stone. Lou Stone dikenal sebagai seorang pialang saham yang di saat itu tengah mengalami depresi berat.

Wall Street adalah nama sebuah jalan di Amerika Serikat sekaligus istilah yang terkait dengan keuangan dan juga berpengaruh di negeri Paman Sam. Film ini mengangkat sisi buruk dari pasar saham yang ditunjukkan oleh sosok pialang pasar modal bernama Bud Fox.

Bud Fox mengejar ambisinya untuk bisa sukses di pasar saham dengan cara apapun termasuk melanggar kode etik. Pada akhirnya, tindakannya tersebut mengakibatkan dirinya terjebak di dalam masalah besar.

Pesan dari film ini adalah agar lebih berhati-hati dalam bermain saham. Di film ini juga, kamu bisa belajar cara untuk menghindari kejahatan keuangan seperti yang dikisahkan dalam film.

Boiler Room

Boiler Room diproduksi di tahun 2000 ini dibintangi oleh Ben Affleck dan Vin Diesel. Film ini mengisahkan tentang Seth, seorang mahasiswa yang drop out. Hubungannya dengan sang ayah yang buruk membuat Seth memiliki ambisi agar bisa mandiri dan sukses di dunia pialang. Lalu, Seth pun bekerja menjadi broker saham di “Ruang Boiler” dan menjadi kaya.

Film ini menceritakan Seth terjebak dalam keserakahan di dunia trading saham dan dia sendiri pun tidak menyadari bahwa dirinya telah menjual saham bodong. Untuk bisa menuntaskan ambisinya menjadi sukses di dunia saham, dia pun menggadaikan moralnya.

Enron: The Smartest Guys in the Room

Film ini bagus banget untuk ditonton jika kamu pengin belajar trading saham. Diadaptasi dari buku dengan judul yang sama, Enron : The Smartest Guys in Room, film yang diproduksi tahun 2005 dan berjenis dokumenter menceritakan tentang tragedi Enron. Jadi, Enron merupakan sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat dan mengalami kejatuhan.

Ini merupakan sebuah kisah kasus penipuan keuangan dan akuntansi yang paling berat terjadi sepanjang sejarah Amerika Serikat. Dimulai dari kebangkitan Enron di tahun 1985 hingga mengalami kebangkrutan di tahun 2001.

Lewat film ini kamu bisa melihat langsung wawancara eksklusif Bethany Mclean dengan Peter Elkind, mantan karyawan Enron dan juga para petinggi perusahaan tersebut.

The Wolf of Wall Street

Sejak dirilis tahun 2013, film ini sukses mencuri perhatian penonton. The Wolf of Wall Street dibintangi oleh aktor terkenal Hollywood, Leonardo DiCaprio. Dan film ini bergenre drama, biografi dan juga kejahatan dengan bumbu komedi.

Tak jauh berbeda dengan Boiler Room, film ini menceritakan seluk beluk trading saham dan kisah hidup dari seorang pialang saham ternama, Jordan Belfort.

Belfort pun berhenti bekerja sebagai pialang karena perusahaan tempat dia bekerja mengalami kebangkrutan. Namun, bersama teman-temannya, dia membuka sebuah perusahaan saham sendiri dan bisa meraih kesuksesan. Sayangnya di tengah kesuksesan tersebut, mereka berubah menjadi mafia saham dan melakukan berbagai tindak kejahatan, korupsi juga penipuan saham sehingga diburu oleh FBI.

Too Big Too Fail

Too Big Too Fail adalah drama tv yang ditayangkan di salah satu stasiun tv kabel ternama, HBO di pertengahan tahun 2011. Film ini diadaptasi dari buku karangan Andrew Ross Sorkin dengan judul Too Big Too Fail : The Inside Story of How Wall Street and Washington Fought to Save the Financial System and Themselves yang terbit di tahun 2009. Untuk filmnya sendiri disutradarai oleh Curtin Hanson. Dan film ini sukses mengantarkan beberapa aktornya masuk ke dalam nominasi penghargaan bergengsi di Amerika Serikat.

Film ini mengisahkan tentang krisis yang terjadi di tahun 2008. Untuk point of view (POV) film ini dari sisi salah satu bank investasi terbesar yakni Lehman Brothers harus mengalami kebangkrutan dan meninggalkan kehancuran. Secara garis besar, film ini membahas strategi Dick Fuld, CEO Lehman Brothers yang melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan bank tersebut dari kebangkrutan.

The Big Short

Film ini paling banyak mendapat rekomendasi untuk ditonton bagi kamu yang ingin terjun di dunia trading saham.

The Big Short disutradarai oleh Adam Mckay, dan dibintangi oleh aktor-aktris kenamaan Hollywood, sebut saja Christian Bale, Brad Pitt, Ryan Gosling, Margot Robbie hingga Selena Gomez. Dan film ini pun berhasil membawa pulang 6 kategori di Academy Award.

The Big Short bergenre biografi dengan bumbu komedi yang menceritakan kisah nyata tentang krisis ekonomi dunia lebih khususnya di Amerika. Diceritakan empat orang pria melihat sebuah peluang dari krisis tersebut dan menciptakan ide gila.

Kamu akan belajar banyak kosakata ekonomi di film ini seperti Credit Default Swap dan Collateralized Debt Obligations (CDO). Dijamin wawasan kamu tentang dunia ekonomi akan bertambah sekaligus terhibur dengan ceritanya.

Demikian rekomendasi film tentang trading saham yang bisa menjadi rujukan bagi kamu yang ingin belajar. Selamat menonton!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *