Laporan: Volume Perdagangan Bitcoin Lebih dari Dua Kali Lipat dalam Satu Minggu

Sebuah laporan yang diterbitkan pada 9 Januari oleh perusahaan riset pasar cryptocurrency, Arcane Research, volume perdagangan Bitcoin (BTC) lebih dari dua kali lipat dalam seminggu.

Menurut laporan tersebut, volume perdagangan harian rata-rata 7 hari telah mengalami peningkatan 126% dalam seminggu pada awal 2020, dengan hampir $ 1,5 miliar diperdagangkan hanya pada 8 Januari. Laporan itu berbunyi:

“Pasar pulih tajam dari $ 192 juta yang mengecewakan yang diperdagangkan pada 1 Januari.”

Para peneliti juga mencatat bahwa Crypto Fear & Greed Index yang ditampilkan di situs web perangkat lunak alternatif Alternative.me telah terus naik sejak pertengahan Desember dan pada 6 Januari menyentuh level netral untuk pertama kalinya sejak Oktober.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa volatilitas Bitcoin meningkat bersamaan dengan harganya dan saat ini naik level 3%. Dokumen itu berbunyi:

“Meskipun jatuh kembali ke ketakutan dalam beberapa hari terakhir, pasar dipastikan semakin bullish.”

Situs web indeks menjelaskan bahwa ketika mencapai ketakutan yang ekstrim itu berarti bahwa investor terlalu khawatir yang menghadirkan peluang pembelian, sedangkan ketika alat menunjukkan keserakahan yang ekstrem, pasar kemungkinan akan mengalami koreksi. Indikator ini berasal dari volatilitas, momentum dan volume pasar, media sosial, survei, dominasi pasar crypto Bitcoin, dan Google Trend.

Menariknya, para peneliti juga menyarankan bahwa ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat membawa korelasi Bitcoin dengan emas ke tingkat yang tidak terlihat sejak Agustus 2016.

Sementara para penulis laporan mengakui bahwa “terlalu dini untuk menarik kesimpulan tegas,” mereka juga menunjukkan bahwa peristiwa besar dalam konflik baru menyebabkan reaksi positif oleh harga emas dan Bitcoin. Makalah itu berbunyi:

“Narasi ‘safe haven’ untuk Bitcoin mulai menjadi kenyataan. Namun, tindakan harga jangka pendek ini juga bisa jadi hanya korelasi palsu dan evaluasi jangka panjang harus dipertimbangkan.”

Loading...
Silahkan Share Ke Yang Lain Ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *