Kontroversi Menkes Terawan di Tengah Covid-19 yang jadi Sorotan Masyarakat Indonesia

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto bisa dibilang menjadi sosok yang paling banyak disorot saat terjadi pandemi Covid-19. Seperti yang baru-baru ini terjadi, ia diundang oleh Najwa Shihab ke dalam program Mata Najwa, di mana videonya yang berjudul “Mata Najwa” edisi “Menanti Terawan”, viral di media sosial.

Jarangnya Terawan tampil di depan publik di tengah pesatnya penyebaran Covid-19 seolah memantik pertanyaan, “ke mana kah gerangan sang menteri berada?” Bukan kali ini saja tokoh kelahiran 5 Agustus 1964 itu menjadi sorotan luas. Sepak terjangnya selama pandemi Covid-19 juga mengundang sejumlah kontroversi.

Berkelakar terkait Covid-19 karena Indonesia dianggap kebal

Menkes Terawan Agus Putranto saat diwawancara oleh awak media [sumber gambar]Menkes Terawan sempat menjadi sorotan lantaran dianggap menganggap remeh pandemi Covid-19 yang saat itu telah banyak menyebar hampir di seluruh dunia. Alih-alih mengeluarkan imbauan, ia malah berkelakar dengan mengatakan virus tersebut tidak akan masuk ke Indonesia. Lebih lanjut, Terawan beranggapan bahwa masyarakat kebal karena kekuatan doa, sehingga ia meminta publik untuk ‘santai’ dalam menanggapi Covid-19.

Tagar #SalahSiapaMembeli yang membuat Menkes Terawan jadi sorotan

Menkes Terawan yang terlihat mengenakan masker [sumber gambar]Masker yang dijual dengan harga tinggi di awal-awal merebaknya Covid-19 turut ditanggapi oleh Menkes Terawan. Saat itu, penemu metode cuci otak Terawan Theory itu menyoroti harga masker yang melambung tak karuan hingga menyalahkan para pembelinya. Tak cukup, Terawan juga mengeluarkan pernyataan bahwa masker hanya digunakan oleh orang sakit. Belakangan, pemerintah justru mewajibkan masker saat beraktivitas.

Sosok Menkes Terawan yang jarang terlihat oleh publik

Sosoknya yang mulai jarang terlihat di depan publik [sumber gambar]Penyebaran pandemi Covid-19 yang semakin meningkat dari hari ke hari dirasakan kian mengkhawatirkan. Menkes Terawan yang diharapkan hadir di hadapan publik untuk menenangkan masyarakat – paling tidak dibutuhkan pernyataannya soal Covid-19, nyatanya tak pernah muncul. Terlebih sejak juru bicara pemerintah terkait Covid-19 dipegang oleh Achmad Yurianto, sosoknya seolah absen bak ditelan bumi.

Tak penuhi undangan wawancara Najwa Shihab di Mata Najwa

Kontroversi Terawan yang terbaru adalah perihal dirinya yang tak kunjung hadir di Mata Najwa. Berdasarkan pengakuan sang presenter, Najwa Shihab, pihaknya telah beberapa kali mengundang Terawan untuk hadir sebagai narasumber. Namun, hingga kini Terawan belum menampakkan diri di acara tersebut. Tagar #MataNajwaMenantiTerawan pun sempat menjadi trending topik di Twitter.

Kontroversi lain yang membuat dirinya jadi sorotan

Metode cuci otak Terawan yang sempat menuai kontroversi [sumber gambar]Sebelumnya disorot karena pandemi Covid-19, terapi cuci otak Terawan sempat menuai kontroversi. Salah satunya adalah dari pihak Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) dan Ikatan Dokter Indonesia, yang sempat merekomendasikan sanksi pemberhentian sementara selama 12 bulan. Namun, IDI kemudian kembali mengkaji ulang atas kasus tersebut dan menunda sanksi yang diberikan. Terawan pun tetap menjadi keanggotaan IDI.

Meski telah diundang beberapa kali oleh Najwa Shihab, Menkes Terawan Agus Putranto hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk hadir di acara tersebut. Alhasil, Najwa dalam videonya “Mata Najwa” edisi “Menanti Terawan”, hanya mewawancarai kursi kosong seolah-olah sang menteri ada di sana. Semoga saja ke depannya ia mau diwawancarai oleh Najwa dan membuka apa yang sebenarnya terjadi.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *