Kisah Mistis Kolam Cinta Gunung Puntang, Konon Dulu Tempat Mandi Para Noni Belanda

Daftar Indodax

Berlibur jadi salah satu hal paling menyenangkan dan ditunggu oleh sekian banyak orang. Di Indonesia sendiri banyak sekali destinasi yang dapat kamu kunjungi, nggak perlu repot-repot pergi ke tempat jauh. Salah satu destinasi paling menarik ialah Gunung Puntang yang letaknya ada di Bandung Selatan, Jawa Barat, tepatnya di kota Banjaran.

Selain dikenal karena ketinggiannya yang mencapai 2223 mdpl, gunung ini juga populer karena konon menyimpan terlalu banyak sejarah. Contohnya saja seperti sejarah pelarian dari Prabu Siliwangi. Namun, selain itu semua ada juga hal-hal lain yang mesti kamu ketahui sebelum berkunjung ke wisata satu ini. Yuk simak selengkapnya!

Mitos ngajak pasangan mandi Gunung Puntang biar hubungan langgeng

Ada beberapa destinasi wisata yang menawarkan hal semacam ini, di mana ketika pasangan yang sedang menjalin hubungan mandi di dalamnya, maka hubungan mereka akan langgeng. Sama halnya pada Gunung Puntang, terdapat sebuah tempat bernama Kolam Cinta dan lokasinya ada di kaki gunung tersebut. Apabila terdapat pasangan berkunjung dan mandi di Kolam Cinta itu, maka konon hubungan mereka akan bertahan lama.

Kolam Cinta yang disebut pada poin di atas memiliki bentuk menyerupai hati, sehingga nampak unik dan menjadi alasan mengapa dinamakan demikian. Selain karena mitos pasangan mandi agar hubungannya langgeng, ada pula cerita mengenai bahwa dulunya kolam tersebut dijadikan sebagai tempat mandi atau berenang bagi para noni Belanda.

Wisata sejarah radio Malabar 

Selain terkenal karena Kolam Cinta-nya, Gunung Puntang juga mempunyai wisata sejarahnya sendiri yaitu radio Malabar. Dulunya, Hindia Belanda memang pernah membangun sebuah pemancar radio dengan nama radio Malabar. Hal itu terjadi pada sekitar tahun 1917 di mana pembangunannya dipimpin oleh seseorang bernama Dr. Cornelius Johannes de Groot.

Setelah peresmiannya yang dilakukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, akhirnya radio ini membuka jasa komunikasi yang dulu diperuntukkan bagi para warga Belanda yang tinggal di Indonesia. Kemudian muncul ungkapan terkenal yang sampai saat ini masih diingat oleh masyarakat Indonesia yaitu Halo Bandung.

Pantangan mandi membelakangi Curug Siliwangi

Selain radio Malabar dan Kolam Cinta, kamu juga bisa bertandang ke Curug Siliwangi yang juga menjadi daya tarik utama. Namun, ketika mandi di destinasi ini sebaiknya kamu berhati-hati, karena ada pantangan tertentu yang sebaiknya tidak dilanggar.

Salah satunya ialah jangan pernah mandi membelakangi Curug tersebut. Konon, jika melakukan hal ini maka akan ada sesuatu yang seakan mendorong kamu dan arus airnya menjadi kencang. Apabila tubuh tak bisa menjaga keseimbangan dengan baik, maka kamu akan hanyut dan bisa saja terbawa arus air.

Bumi perkemahan bekas perumahan elit Belanda

Bumi perkemahan di Gunung Puntang juga memiliki daya tariknya sendiri, karena menurut warga sekitar, tempat yang hanya tinggal puing-puing bangunan itu dulunya merupakan tempat tinggal para petinggi Belanda. Tentu sebelum akhirnya para nippon menghabisi dan membantai mereka semua. Maka tak heran lagi jika beberapa pendaki mengaku pernah melihat penampakan-penampakan khas perawakan orang Belanda.

Meski ngeri tetap menjadi daya tarik

Meski terdapat banyak cerita mengerikan mengenai gunung satu ini, nyatanya tak membuat para wisatawan merasa takut. Sebab, setiap tahunnya saja selalu ada ribuan orang yang datang berkunjung dan menikmati pemandangan alam di tempat wisata tersebut. Kebanyakan akan mendatangi Kolam Cinta dan menikmati beberapa bangunan peninggalan sejarah, meskipun di beberapa lokasi tinggal puing-puingnya saja.

Jadi, tertarik buat datang ke Gunung Puntang? Percaya nggak percaya sama mitos, toh wisata di lokasi tersebut memang menarik ya. Jangan lupa untuk melakukan persiapan dengan sebaik mungkin ya!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *