Kisah Komika Fico Fahriza yang Ternyata Masih Berkerabat dengan Ketua PKI DN Aidit

Daftar Indodax

Wikimedan.com – Tanggal 30 September selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia sebagai hari terkelam dalam perjalanan sejarah bangsa ini. Tema yang santer dibicarakan pada saat itu adalah soal peristiwa gerakan 30 September atau G30S/PKI hingga segala hal yang sifatnya terkait dengan komunis.

Satu dari sekian bahasan tersebut, terselip nama Fico Fachriza yang ramai dibicarakan netizen karena disebut masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Dipa Nusantara (DN) Aidit yang merupakan Ketua CC PKI. Kisahnya yang ramai menjadi bahasan di Twitter, membuka sedikit sejarah masa lalu Fico yang tak banyak diketahui.

Hubungan kekerabatan dengan DN Aidit lewat sang kakek

Ketua CC PKI Dipa Nusantara (DN) Aidit [sumber gambar]Komika Fico Fachriza sempat menjadi sorotan setelah mengungkapkan fakta bahwa dirinya memiliki hubungan kekerabatan dengan DN Aidit. Jalur tersebut diperolehnya dari sang kakek, Murad Aidit, adik kandung DN Aidit, yang memiliki seorang putri yakni ibu dari Fico. Fakta ini ia ketahui saat dirinya berusia enam tahun. Di mana seluruh cap keturunan PKI dihapus oleh Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) pada tahun 1999.

Sempat protes ke guru soal PKI saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar

Salah satu kisah sejarah menuntut pembubaran PKI [sumber gambar]Saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 4, Fico sempat protes terhadap sang guru lantaran mengisahkan sejarah soal PKI berbeda dengan versi kakeknya. Gurunya yang terkejut kemudian bertanya kepada Fico soal versi tersebut. Dengan spontan, bintang film Comic itu menjawab bahwa hal tersebut diketahuinya dari sang kakek, Murad Aidit, yang tak lain merupakan adik kandung Ketua Senior PKI, DN Aidit.

Fico kecil yang tak lepas dari gunjingan rekan-rekannya

Komedian Fico (kiri) dan Foto masa kecil Fico dengan sang kakek Murad Aidit [sumber gambar]Stigma yang melekat pada dirinya sebagai keturunan PKI membuat Fico tak lepas dari bahan gunjingan. Banyak dari teman-temannya yang mengatakan pada dirinya soal PKI yang tidak beragama, hingga tidak diperbolehkan saat hendak menjadi imam salat. “Dibilang, ‘eh lo ngapain jadi imam salat? Lo kan komunis,” ucap Fico yang dikutip dari Nusadaily (30/09/2020).

Kakek Fico merupakan figur cerdas yang sempat dimasukkan ke penjara

Wajah Murad Aidit dalam edisi khusus Tempo (kiri), dan saat bersama Fico sang cucu (kanan) [sumber gambar]Bagi Fico, sang kakek Murad Aidit merupakan figur yang luar biasa. Ia mengisahkan bahwa kakeknya merupakan seorang cendekiawan yang sempat berkuliah di Uni Soviet dengan biaya dari DN Aidit. Kakek Fico itu sempat dijanjikan menjadi menteri agar mau pulang ke Indonesia. Nahas, ia langsung ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara setibanya di tanah air.

Kisahnya ramai dan menjadi sorotan di media sosial

Kisah Fico yang mengungkap fakta bahwa dirinya memiliki hubungan kekerabatan dengan Ketua CC PKI Aidit, kemudian menjadi sorotan dan viral di media sosial Twitter. Banyak dari netizen yang tidak menyangka jika sosok yang biasa melucu sebagai komika Stand Up Comedy itu keturunan seorang pemimpin partai besar sekelas PKI.

Ada sebuah pesan bijak dari Fico terkait mereka yang kerap mengungkit-ungkit masalah soal PKI dan komunisme. Dirinya mengaku tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut dan tetap berusaha berpikir positif. Fico juga berusaha untuk tidak merasa kesal ataupun malu dengan fakta bahwa dirinya masih memiliki hubungan kerabat dengan DN Aidit.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *