Pounds Jatuh Setelah RUU Brexit yang Ditentang oleh UE Melewati Parlemen Inggris

Daftar Indodax

Pounds jatuh pada Rabu setelah majelis rendah parlemen Inggris menyetujui undang-undang pada Selasa yang memberi para menteri kekuatan untuk memutuskan perjanjian perceraian dengan Uni Eropa.

RUU Pasar Internal Inggris, yang para menteri akui melanggar hukum internasional, telah disetujui oleh 340 suara dibandingkan 256 di House of Commons dan sekarang lolos ke House of Lords untuk diperdebatkan.

Penurunan Sterling kecil; pengesahan RUU itu diharapkan dan pelaku pasar telah meningkatkan ekspektasi mereka terhadap kesepakatan Brexit.

“Kesepakatan menaklukkan semua dalam hal negosiasi Brexit,” kata Neil Jones, kepala penjualan hedge fund Eropa di Mizuho.

“RUU Pasar Internal yang melewati House of Commons adalah bisnis seperti yang diharapkan. Sejauh ini sudah sesuai ekspektasi pasar. Apa yang membuat RUU ini sementara waktu adalah ekspektasi kesepakatan antara UE dan Inggris.”

Ketika RUU Pasar Internal pada awalnya diusulkan, itu bertepatan dengan kemungkinan besar Brexit tanpa kesepakatan. Sekarang ketakutan itu telah berkurang, begitu pula kekhawatiran seputar efek berbahaya dari RUU tersebut pada Perjanjian Penarikan.

Pemerintah mengatakan klausul dalam RUU yang mengesampingkan Perjanjian Penarikan hanya akan digunakan jika pembicaraan tentang solusi perbatasan dengan UE gagal. Jika kesepakatan dapat dicapai di perbatasan Irlandia, kekuasaan mungkin tidak diperlukan.

Kebangkitan kasus COVID-19 juga mengalihkan perhatian dari RUU tersebut.

“Saat Anda memperhitungkan dampak pada pasar, terkadang faktor yang sebelumnya merupakan faktor utama jatuh ke tahap kedua,” kata Jones.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan mengadakan konferensi pers tentang COVID-19 pada hari Rabu saat ia bergulat dengan gelombang kedua dari wabah virus corona baru.

Inggris, yang memiliki jumlah kematian resmi terburuk di Eropa, melaporkan 7.143 kasus baru virus korona pada hari Selasa, angka tunggal tertinggi hingga saat ini, dan 71 kematian, jumlah harian terburuk sejak Juli.

Negosiasi Brexit berlanjut minggu ini dalam apa yang sejauh ini merupakan pembicaraan terakhir sebelum KTT Uni Eropa bulan depan.

Sementara itu, Norwegia dan Inggris telah mencapai kesepakatan bilateral di bidang perikanan, kata pemerintah Norwegia pada Rabu, sebelum Inggris meninggalkan Uni Eropa pada akhir tahun.

Pound Inggris terakhir diperdagangkan turun 0,3% versus dolar AS pada $ 1,2817, setelah mencapai level terendah sebelumnya sejak Senin. Terhadap euro, sterling turun 0,2% menjadi 91,55 pence.

Komentar
Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *