Inilah Penjelasan Tentang Jamur Kulit Beserta Pencegahan Dan Pengobatannya

Daftar Indodax

Seseorang yang mengalami infeksi jamur pada kulit pada umumnya ingin infeksi tersebut segera menghilang dan keluhannya cepat sembuh, apalagi untuk seseorang yang sangat peduli pada penampilan.

Pasalnya, bercak berwarna putih atau sisik pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Di sisi lain, keluhan akibat infeksi jamur pada kulit dianggap tidak terlalu mengganggu sehingga banyak juga yang menyepelekan terjadinya infeksi jamur pada kulit, dan berusaha mengobatinya sendiri, tanpa bantuan khusus dari dokter.

Berbagai terapi, baik terapi obat maupun terapi “herbal”, yang beredar luas di masyarakat di klaim dapat menyembuhkan kondisi infeksi jamur pada kulit. Namun, ketika seseorang telah mencoba berbagai cara yang dilakukan sendiri tetapi infeksi jamur pada kulit belum juga membaik, barulah memutuskan untuk ke dokter guna mengobati infeksi jamur pada kulit ini.

Apa Itu Infeksi Jamur Kulit?

Jamur hidup di mana saja. Jamur bisa ditemukan di tumbuhan, tanah, bahkan di permukaan kulit. Organisme mikroskopis yang bisa tumbuh di kulit ini umumnya tidak menyebabkan masalah serius, kecuali jamur tersebut menyebar dengan lebih cepat dibandingkan pertumbuhannya yang normal, atau menyebabkan masuk ke dalam lapisan kulit melalui luka.

Karena jamur cenderung tumbuh di tempat yang hangat dan lembab, infeksi jamur kulit biasanya terjadi pada area kulit yang mudah berkeringat dan lembab, di mana tidak ada sirkulasi udara. Contohnya, jamur bisa tumbuh di bagian kaki, paha, dan lipatan kulit.

Seringkali, infeksi jamur terlihat seperti ruam yang bersisik atau ditandai dengan perubahan warna pada kulit yang biasanya terasa gatal. Sejumlah infeksi jamur sangat umum terjadi. Meskipun infeksi jamur ini mengganggu dan terasa tidak nyaman, tapi umumnya gangguan ini tidak serius.

Infeksi jamur bisa menular melalui kontak langsung. Biasanya, terjadi akibat kontak dengan jamur atau pakaian atau benda lainnya, kontak langsung dengan penderita ataupun via hewan yang juga memiliki infeksi jamur.

Macam Macam Jamur Kulit

Berikut beberapa macam jenis jamur kulit:

1. Dermatofitosis

Dermatofitosis sering juga disebut dengan ringworm. Jamur yang satu ini bisa menyebabkan ruam kulit, dengan ditandai munculnya bentuk lingkaran warna merah yang sangat gatal. Jenis yang satu ini bisa menular, sehingga harus berhati-hati saat bersentuhan dengan orang lain.

2. Kurap Kaki

Kurap kaki sering kali muncul di sela-sela kaki, yang diawali dengan gejala kulit kaki mengelupas, kulit melepuh dan berwarna merah. Jamur ini dapat timbul akibat terlalu sering menggunakan kaos kaki atau sepatu, yang menyebabkan kaki menjadi lembap dan bau.

3. Tinea cruris

Tinea cruris merupakan jamur yang muncul pada lipatan kulit yang lembap, seperti pantat dan area intim. Area kulit yang terinfeksi jamur ini akan memerah dan muncul rasa gatal. Jamur ini dapat muncul kalau terlalu sering menggunakan celana ketat.

4. Kandidiasis Kulit

Jenis jamur candida ini bisa muncul di bagian kulit tubuh. Tetapi paling sering muncul di area tubuh yang lembap seperti ketiak. Jamur ini bisa menyebabkan rasa gatal, kemerahan dan rasa panas.

 

Pencegahan Jamur Kulit

Coba lakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah terjadinya infeksi jamur kulit:

  • Selalu jaga kebersihan.
  • Hindari bergantian mengenakan baju, handuk dan barang pribadi lainnya dengan orang lain.
  • Kenakan baju bersih setiap hari, terutama kaus kaki dan pakaian dalam.
  • Pilih pakaian dan sepatu yang bisa melancarkan sirkulasi udara. Hindari pakaian atau sepatu yang terlalu ketat.
  • Pastikan untuk mengeringkan badan dengan handuk kering dan bersih, setelah mandi atau berenang.
  • Kenakan sandal atau selop di kamar ganti kolam renang dan hindari berjalan tanpa alas kaki.
  • Lap bersih semua permukaan benda dan tempat yang digunakan banyak orang, seperti alat-alat gym atau matras.
  • Jauhi hewan yang memiliki tanda-tanda infeksi jamur, seperti bulu yang rontok atau sering menggaruk.
  • Upayakan untuk menghilangkan faktor pencetus infeksi, misalnya untuk tinea pedis dengan keluhan jamur pada jari kaki, untuk menyembuhkan dan menghindari terulangnya infeksi, maka sebaiknya Anda menjaga kondisi kaki agar tetap kering dan menghindari hal-hal yang membuat kaki menjadi lembap. Dan perlu Anda ingat, faktor pencetus setiap infeksi jamur sangat bervariasi. Apabila Anda tidak mengetahui faktor pencetus infeksi jamur yang terjadi pada diri Anda, diskusikan faktor pencetus ini dengan dokter Anda.
  • Tingkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Jaga kebersihan diri secara keseluruhan dengan baik, misalnya mandi minimal 2  kali sehari dengan sabun.

Canesten, Solusi Tepat Atasi Gatal karena Jamur Kulit

Pengobatan antijamur dapat bekerja dengan baik untuk mengobati infeksi jamur. Obat ini bisa membunuh jamur secara langsung maupun mencegahnya agar tidak tumbuh dan menyebar. Obat jamur kulit tersedia dalam bentuk obat OTC atau pengobatan dengan resep. Jenisnya juga bervariasi, diantaranya seperti:

  • Krim atau salep
  • Pil
  • Bedak
  • Spray atau semprotan
  • Sampo

Jika Anda mengalami infeksi jamur, maka produk obat OTC bisa membantu membasmi jamur hingga bersih. Apabila infeksi jamur cukup parah, dokter mungkin akan merekomendasikan obat antijamur yang lebih ampuh untuk membantu mengatasi infeksi Anda.

Selain pengobatan OTC atau obat dengan resep, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu menghilangkan infeksi jamur, di antaranya yaitu:

  • Menjaga area yang terkena infeksi jamur agar tetap bersih dan kering
  • Mengenakan pakaian atau sepatu yang longgar yang memudahkan kulit untuk bernapas

Infeksi jamur memang terasa tidak nyaman bahkan mungkin sakit dan perih. Dalam sejumlah kasus, infeksi jamur akan hilang setelah beberapa minggu atau bulan, dengan pengobatan yang efektif.

Jika Anda merasa mengalami infeksi jamur, maka Anda bisa mengatasinya dengan Canesten. Obat jamur kulit Canesten merupakan solusi tepat untuk mengatasi gatal akibat jamur kulit. Canesten merupakan salah satu produk dari Bayer telah dipercaya selama lebih dari 45 tahun dan digunakan di seluruh dunia. untuk informasi selengkapnya, dapat dilihat di website Canesten untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Share :