Inilah Cara Mengecek IMEI Realme dengan Mudah dan Cepat


Maraknya jual beli ponsel pintar ilegal yang berasal dari pasar gelap atau black market (BM) mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan pengawasan lebih ketat lewat nomor IMEI pada ponsel pintar. Penerapan aturan mengenai IMEI dipercaya merupakan langkah serius pemerintah Indonesia dalam memberantas ponsel pintar seludupan.

Aturan yang digarap berdasarkan kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ini menerapkan kebijakan bila perangkat ponsel pintar tidak dilengkapi dengan nomor IMEI dan tidak terdaftar pada database pemerintah secara otomatis akan terblokir.

Bagi kamu yang belum tahu, IMEI atau International Mobile Equipment Identity, wujudnya berupa nomor identitas khusus dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu GSM yang diproduksi oleh vendor ponsel pintar. Bila ponsel pintar milikmu memiliki slot kartu SIM Ganda atau Dual SIM, maka kamu akan mempunyai dua nomor IMEI dan salah satu nomor seri IMEI tersebut berisi mengenai informasi tipe ponsel pintar.

Selain itu, setiap nomor IMEI terdiri dari 15 sampai 16 digit angka dan bersifat unik sehingga setiap pengguna tidak akan memiliki nomor IMEI yang sama. Adapun format dari nomor IMEI yang biasanya adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B yakni TAC atau Type Allocation Code, petunjuk mengenai negara pembuatan model dan ponsel pintar tersebut.

Mengulik Fungsi Nomor IMEI

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bila tidak memiliki nomor IMEI atau tidak terdaftar maka ponsel pintar terblokir. Maksud blokir di sini yaitu pengguna ponsel pintar tidak dapat lagi mengakses internet di kawasan Republik Indonesia.

Fungsi lain dari kehadiran nomor IMEI yaitu sangat berguna jika kamu kehilangan ponsel pintar, maka dengan menggunakan nomor IMEI tersebut kamu dapat secara langsung memblokir ponsel pintar milikmu yang hilang. Kamu juga bisa melacak posisi ponsel pintar yang hilang tersebut, canggih kan?

Melalui nomor IMEI, kamu hanya perlu datang ke toko operator seluler dan memberikan nomor IMEI berserta nomor ponsel pintarnya. Tidak lama, petugas akan membantu melakukan operasi pelacakan dan ponsel pintar bisa diketahui keberadaanya.

Adapun kegunaan lain dari nomor IMEI, kamu bisa mengecek masa garansi dari perangkat ponsel pintar yang dimiliki. Tentunya, hal tersebut sangat krusial bila hendak membeli ponsel pintar secara online sehingga kamu dapat memastikan mengenai kondisi ponsel pintar tersebut, apakah produk baru atau lama.

Apakah Ponsel Realme Memiliki Nomor IMEI

Pemerintah Indonesia membuat kebijakan pemblokiran bagi perangkat yang tidak memiliki nomor IMEI tidak serta-merta hanya diperuntukan pada satu produsen ponsel pintar saja, akan tetapi untuk semua merek atau produsen ponsel pintar baik yang berbasis Android maupun iOS. Intinya, tidak pandang bulu tanpa terkecuali pada ponsel Realme.

Pada ponsel Realme tentunya mempunyai nomor IMEI jika memang ponsel tersebut bukan produk ilegal dan dipastikan nomor IMEI pada ponsel Realme berbeda-beda. Bagi kamu yang hendak membeli ponsel Realme atau telah mempunyai merek ponsel pintar ini sebaiknya untuk mengecek nomor IMEI, memastikan apakah perangkat tersebut adalah hasil pembelian dari pasar gelap atau resmi.

Lalu, bagaimana cara untuk melihat nomor IMEI di Realme? Apakah perlu ke operator seluler atau mengunjungi Kominfo? Tidak perlu! Kamu cukup membaca tutorial dari Wikimedan berikut ini karena kamu akan dibimbing cara melihat dan mengetahui nomor IMEI pada ponsel Realme. Yuk, simak dan baca sampai tuntas tutorialnya!

Mencari Nomor IMEI di Ponsel Realme

Ada bebera cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan nomor IMEI di Realme, tentunya cara dari Wikimedan ini mudah sekali untuk dicoba.

1. Mengecek Kode IMEI di Kotak Kemasan

Metode ini bisa kamu coba jika ponsel Realme sudah hilang sehingga sangat disarankan untuk menyimpan kotak kemasan atau dus Realme dengan baik di teman yang aman dan mudah dicari. Sementara bila kotak kemasan Realme milikmu sudah hilang entah kemana, kamu bisa melewati metode pengecekan kode IMEI pada Realme ini.

Langkah pertama ingatlah kembali di mana kamu menyimpan kotak kemasan Realme. Setelah mengetahui tempat penyimpanan dus Realme, pergilah untuk mengambil kotak kemasan tersebut. Selanjutnya apabila kotak kemasan tersebut telah berada digenggaman, lihat baik-baik sekeliling dus Realme.

Pastikan tulisan-tulisan atau sticker yang tertempel di kotak kemasan masih menempel. Berikutnya, lihatlah bagian belakang bawah kotak kemasan Realme.

Di sana biasanya akan tercantum nomor IMEI dari Realme milikmu. Selepas mengetahui nomor IMEI tersebut sebaiknya kamu mencatatnya agar di kemudian hari tidak perlu lagi mencari kotak kemasan Realme milikmu.

2. Memanggil Kode Rahasia

Metode ini bisa kamu implementasikan pada semua merek ponsel pintar berbasis Android mulai dari Samsung, OPPO, Xiaomi, dan tidak ketinggalan pada Realme. Cara mengetahui nomor IMEI di Realme lewat memanggil kode rahasia juga cukup gampang dan yang jelas tidak akan memotong biaya pulsa. Berikut ini cara mengetahui nomor IMEI Realme dengan kode rahasia.

  • Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu memastikan kalau ponsel dalam kehidupan hidup dan memiliki baterai yang penuh.
  • Dilanjutkan dengan membuka menu Panggilan yang berlokasi di beranda Realme milikmu.
  • Setelah muncul tombol angka-angka, ketiklah *#06#.
  • Dalam hitungan dentik kamu akan melihat dua nomor IMEI yang mewakili dua slot SIM pada ponsel pintar Realme milikmu.
  • Jika ponsel Realme sudah dilengkapi dengan fitur Screenshoot, maka kamu bisa menangkap gambar dari nomor IMEI tadi untuk disimpan di dalam galeri ponsel pintarmu.

3. Mengetahui Nomor IMEI Realme di Menu Pengaturan

Metode yang satu ini bisa kamu coba bila kamu ingin melihat lebih rinci mengenai informasi dari ponsel Realme yang kamu miliki. Tidak perlu khawatir soal Internet atau pulsa karena cara ini bisa dilakukan tanpa tersambung ke Internet dan tidak membutuhkan pulsa sama sekali. Caranya pun mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Seperti biasa kamu harus mengaktifikan atau menghidupkan ponsel Realme.
  • Setelah ponsel Realme milikmu menyala, pastikan juga kalau perangkatmu mempunyai daya baterai yang cukup untuk melakukan metode pengecekan nomor IMEI ini.
  • Selanjutnya cari menu Pengaturan atau Settings yang biasanya berbentuk gerigi atau gir dan bukalah menu tersebut.
  • Berikutnya, carilah opsi Tentang Telepon atau About Phone yang biasanya nangkring di bagian terbawah. Bila kamu tidak bisa menemukan opsi Tentang Telepon, kamu bisa mencarinya di kolom pencarian yang letaknya di atas laman menu Pengaturan. Lalu, ketik “Tentang Telepon” tidak membutuhkan waktu yang lama, kamu akan bertemu dengan opsi tersebut.
  • Kliklah opsi Tentang Ponsel itu, dilanjutkan dengan memilih menu Status IMEI.
  • Voila! Di menu Status IMEI kamu akan bersua dengan nomor IMEI Realme milikmu. Kamu bisa melakukan screenshoot atau menangkap gambar tampilan menu Status IMEI untuk disimpan pada galeri ponsel Realme milikmu. Bisa juga kamu mencatatnya di aplikasi Catatan yang disediakan oleh Realme.

Bagaimana mudah bukan melihat dan mengetahui nomor IMEI pada ponsel Realme? Sebaiknya bagi kamu yang ingin membeli ponsel Realme untuk memperhatikan dan mengecek nomor IMEI-nya atau untuk yang telah mempunyai disarankan untuk mencatat dan menyimpan nomor IMEI Realme.

Semoga tutorial tadi bermanfaat dan membantu kamu yang sedang kebingungan mengetahui nomor IMEI pada ponsel Realme. Ingin mendapatkan informasi tips dan trik seputar aplikasi dan ponsel pintar? Terus ikuti tips dari Wikimedan, yah!

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *