Ini Cara Bedakan Sakit Pinggang Covid dan Nyeri Otot Biasa

Wikimedan.com – Ini Cara Bedakan Sakit Pinggang Covid dan Nyeri Otot Biasa. Sebuah studi di Inggris mengungkap bahwa sekitar satu dari lima orang pasien Omicron mengalami gejala nyeri otot seperti sakit pinggang.

Sakit pinggang dilaporkan sebagai gejala yang muncul pada tahap awal penyakit. Namun, dalam sejumlah kasus, sakit pinggang juga bisa menjadi gejala jangka panjang yang bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah infeksi. Kondisi itu biasa disebut Long-Covid.

Rasa sakit yang bertahan lama setelah pemulihan adalah efek samping dari sitokin. “Anda dapat membunuh virus di dalam tubuh tetapi respons peradangan yang terjadi selama infeksi dapat bertahan tergantung pada respons imun pasien,” kata Dr Charu Dutt Arora, peneliti Covid dari Asian Institute of Medical Sciences, dikutip dari Indian Express.

Bagaimana membedakan sakit pinggang akibat Covid dan nyeri otot biasa?

Kebanyakan pasien Covid melaporkan nyeri di pinggang bagian bawah, menurut laporan Healthline. Sakit punggung yang disebabkan oleh COVID-19 sering digambarkan sebagai rasa sakit yang dalam, bukan rasa sakit yang tajam atau menusuk yang mungkin menyertai cedera otot yang tiba-tiba.

Pasien juga mengatakan nyeri punggung Omicron terasa seperti kram menstruasi, batu ginjal, atau kejang otot

Rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi virus juga cenderung berkurang dengan mengubah postur tubuh Anda. Hal ini tidak berlaku pada rasa sakit yang disebabkan oleh cedera otot.

Beberapa orang melaporkan mengalami nyeri punggung yang persisten setelah infeksi COVID-19. Nyeri ini masih dirasakan bahkan berbulan-bulan setelah sembuh dari Covid.

Sebuah studi di Italia pada 2020 menemukan bahwa sekitar 25 persen orang dengan COVID-19 mengalami nyeri sendi yang persisten hingga dua bulan setelah timbulnya gejala COVID-19. Namun, jika pasien memiliki kekebalan yang baik, rasa sakit bisa cepat hilang.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220728175958-33-359423/ini-cara-bedakan-sakit-pinggang-covid-dan-nyeri-otot-biasa

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *