Harga Bitcoin yang Tidak Stabil Memutar Aliran Investasi ke Emas

Daftar Indodax

Harga Bitcoin yang Tidak Stabil Memutar Aliran Investasi ke Emas. Jake Klein, CEO dari perusahaan pertambangan emas Australia Evolution Mining, mengatakan bahwa volatilitas harga kripto akan membuat emas menjadi proposisi yang jauh lebih menarik.

Berbicara kepada CNBC pada hari Kamis, Klein berpendapat bahwa Bitcoin (BTC) masih jauh dari menawarkan keamanan lama yang terkait dengan emas dari perspektif investasi lindung nilai (hedging) meskipun pengembalian Bitcoin melebihi emas dengan beberapa kali lipat dalam dekade terakhir.

Menurut Klein, kripto masih merupakan permainan spekulatif, dan volatilitas yang menyertainya yang melekat di pasar semacam itu akan mengarahkan investor kembali ke emas.

Sifat tidak stabil dari harga cryptocurrency adalah kritik yang sering dikutip terhadap kripto sebagai kelas aset. Kembali pada bulan Juni, Francesca Fornasari dari anak perusahaan BNY Mellon Insight Investment berpendapat bahwa volatilitas harga Bitcoin, di antara faktor-faktor lain, mungkin membuat BTC tidak cocok untuk investor institusi.

Data dari Woobull Charts menempatkan volatilitas 60 hari Bitcoin pada 11,69% menyusul aksi harga BTC yang tidak stabil pada bulan Juni ketika volatilitas 30 hari tahunan melonjak ke level tertinggi satu tahun di atas 117%.

Emas juga telah melihat kinerja harga yang berombak sejak awal tahun dengan swing setinggi $200 antara Juni dan Agustus.

Meskipun pernyataan Klein tentang emas masih lebih unggul dari Bitcoin, eksekutif tersebut menyatakan bahwa kedua aset dapat hidup berdampingan sambil menolak klaim bahwa BTC pada akhirnya akan menjatuhkan logam mulia dari aset safe havennya.

Sebelumnya, ahli strategi Bloomberg Mike McGlone baru-baru ini menyatakan bahwa BTC akan menggantikan emas.

Dalam hal pengembalian, Bitcoin mengalahkan emas di semua kerangka waktu sejak yang pertama muncul. Memang, pengembalian emas 10 tahun baru-baru ini berbalik negatif, sementara kinerja Bitcoin selama dekade terakhir berada di lebih dari 360.000%.

Mengambil tahun lalu sebagai titik referensi juga melukiskan gambaran serupa. Emas turun 8% sejak Agustus 2020, sementara Bitcoin telah mencetak kenaikan 300% sejak 20 Agustus 2020.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *