Dulu Sebut Profesi Penyanyi Haram Kini ke Borobudur Juga Haram, Siapa Ustaz Sofyan Chalid?

Daftar Indodax

Dulu Sebut Profesi Penyanyi Haram Kini ke Borobudur Juga Haram, Siapa Ustaz Sofyan Chalid? Masih ingat dengan Ustaz Sofyan Chalid? Ustaz satu ini beberapa kali membuat netizen geregetan karena isi ceramahnya yang cukup sensitif. Baru-baru ini, kembali viral video Ustaz Sofyan yang menyebut jika mendatangi Candi Borobudur adalah haram hukumnya. Tentu banyak orang yang tidak sepakat dengan pendapat tersebut, karena banyak yang berpendapat jika berwisata tidak bisa dikaitkan dengan keimanan seseorang.

Sebenarnya, tak sekali Ustaz Sofyan bersinggungan dengan netizen perihal isi ceramahnya. Sebelumnya, ustaz asal Manado ini juga pernah membuat netizen ribut karena pembahasan soal profesi sebagai penyanyi adalah haram. Sebenarnya siapa Ustaz Sofyan ini? Dan apa saja ceramahnya yang viral? Berikut ulasannya.

Menyebut berwisata ke Borobudur haram

Belum lama ini beredar video Ustaz Sofyan Chalid yang menyebut berwisata ke Candi Borobudur merupakan hal yang haram bagi kaum muslim. Dia menjelaskan jika mendatangi candi tersebut sama dengan persetujuan terhadap peribadatan yang dilakukan oleh penganut agama yang di tempat tersebut. Meski pun dalam hati menolak, namun kehadiran kita di tempat tersebut adalah bentuk dari persetujuan itu sendiri.

Oleh sebab itu, Ustaz Sofyan menegaskan agar tidak ke tempat tersebut kecuali untuk satu tujuan, membubarkan orang yang beribadah selain kepada Allah SWT. Video tersebut sebenarnya diunggah pada 3 September 2018 lalu.

Tanggapan publik tentang pernyataan tersebut

Menanggapi video yang viral tersebut, banyak netizen yang tidak setuju dengan pendapat Ustaz Sofyan. Salah seorang netizen bernama Tommy Y bahkan menghubungkan dengan kejadian saat seorang Banser (Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama) yang meninggal karena bertugas menjaga umat nasrani yang sedang menjalankan ibadah.

Tommy mengemukakan bahwa damai itu indah. Netizen lain juga menjelaskan jika begitu banyak manusia yang mendapat rezeki dari keberadaan Candi Borobudur, jadi kenapa harus menghalangi orang datang ke tempat tersebut?

Dulu menyebut profesi penyanyi haram

Sebelumnya, Ustaz Sofyan juga menyebut jika penyanyi merupakan profesi rendahan dan uang yang dihasilkan juga haram. Video yang diunggah di grup kajian Facebook pada tahun 2019 lalu itu pun sontak viral dan jadi perbincangan di media sosial.

Setelah video tersebut viral, Ustaz Sofyan pun melakukan klarifikasi, menjelaskan bahwa ia hanya menukil dari para ulama Ahlusunnah Wal Jamaah. Haramnya profesi penyanyi itu berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadist. Jadi apa yang disampaikan sebelumnya bukanlah semata-mata pendapat pribadi.

Siapa Ustaz Sofyan Chalid?

Namanya banyak dikenal sejak beberapa videonya viral di media sosial, sebenarnya siapa Ustaz Sofyan Chalid ini? Ia merupakan pria kelahiran Manado, 28 September 1980. Selain seorang da’i, Ustaz Sofyan juga merupakan seorang pengajar dan juga penulis.

Ia pernah mengajar di Majelis Ta’lim Forum Studi dan Dakwah Islam Manado, Majelis Ta’lim As-Sunnah Ternate, Madrasah As-Salafiyyah Depok dan lainnya. Sementara itu, ia juga menulis buku di antaranya Salafi, Antara Tuduhan dan Kenyataan, Tauhid Pilar Utama Membangun Negeri, Madrasah Ramadhan dan yang lainnya.

Itulah beberapa hal tentang Ustaz Sofyan Chalid. Meski banyak yang tidak setuju dengan pendapat ustaz satu ini, namun alangkah baiknya jika kita tak perlu menghujat di media sosial. Saling menghargai pendapat itu lebih baik.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *