Ciri-ciri Bubuk Minuman yang Berkualitas dan Aman

Daftar Indodax

Ciri-ciri Bubuk Minuman yang Berkualitas dan Aman – Minuman menjadi salah satu komoditi usaha yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Banyak orang yang berlomba membuka usaha dibidang ini karena memang penggemarnya pun sangat banyak. Bahkan beberapa tahun terakhir bisnis di bidang tersebut sangat meningkat dengan cepat di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Untuk memfasilitasi usaha seperti ini maka banyak perusahaan yang mulai berinovasi dengan membuat minuman dalam bentuk serbuk. Hal tersebut kemudian dibuat dengan kemasan yang cukup menarik dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Nantinya kehadiran produk tersebut akan mempermudah para pebisnis dalam mendapatkan minuman instan yang mudah untuk diracik.

Sayangnya bubuk minuman yang tersedia masih tetap disiasati oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan. Banyak yang menggunakan bahan-bahan berbahaya maupun tidak memiliki izin edar secara resmi. Hal ini sangat berisiko tinggi dan perlu Anda cermati terlebih dahulu. Anda bisa mengetahui berapa ciri-ciri dari jenis produk tersebut dengan kualitas yang baik dan juga aman.

Memiliki Izin Edar

Hal pertama ialah mengenai izin edar yang biasanya sudah didapatkan dari BPOM dan juga MUI. Kedua lembaga besar ini akan memberikan izin edar dengan rangkaian pengecekan yang cukup panjang sebelumnya. Hal ini tidak lain untuk memastikan kandungan di dalam produk tersebut cukup aman dan halal untuk dikonsumsi.

Beberapa produk bubuk minuman untuk usaha seringkali tidak memiliki izin edar dari kedua lembaga tersebut yang biasanya akan tertera langsung pada kemasan dari produk tersebut. Meskipun bahan yang digunakan cukup aman pengguna tetap tidak dapat memastikan jika produk tersebut benar-benar aman karena bisa saja mengalami kontaminasi ataupun proses lainnya.

Komposisi yang Aman

Berbagai jenis bahan dan komposisi saat ini sudah tersedia baik dari bahan alami maupun bahan campuran. Produk minuman yang akan Anda gunakan perlu dicek dari segi komposisi apakah menggunakan bahan yang aman ataupun justru sebaliknya. Biasanya bahan yang sangat perlu dihindari ialah bahan buatan terutama pemanis, pengawet dan pewarna.

Bubuk minuman tersebut harus memiliki daftar komposisi atau bahan-bahan yang digunakan yang sangat jelas dan tertera pada bagian kemasan. Jika hanya mencantumkan beberapa bahan yang dianggap mewakili seluruh bahan yang digunakan maka anda perlu berhati-hati karena tidak dapat melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Tanggal Kedaluwarsa

Selanjutnya proses pembuatan sebuah produk termasuk untuk minuman ini akan menentukan tanggal kedaluwarsa atau lamanya waktu penggunaan produk dalam kondisi yang masih berkualitas. Produk yang Anda pilih harus mencantumkan tanggal kedaluwarsa yang biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan tempat pembuatannya.

Bubuk minuman untuk usaha sangat perlu memiliki tanggal kedaluwarsa sebab digunakan dalam waktu yang cukup lama dan untuk banyak orang. Nantinya Anda bisa memastikan jika kualitas dari produk tersebut masih baik dan tidak terlalu lama dibiarkan sehingga kondisinya berubah.

Produsen Jelas

Ciri-ciri yang terakhir ialah adanya produsen atau perusahaan pembuat produk tersebut yang jelas. Untuk mendirikan sebuah usaha sebisa mungkin Anda menggunakan produk yang cukup jelas produsennya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda ingin mengembangkan usaha tersebut menjadi lebih besar maka proses perizinan dan lain sebagainya akan lebih dimudahkan karena produk yang digunakan cukup jelas termasuk produsennya. Pada proses pengembangan usaha biasanya akan berhubungan dengan jasa atau lembaga khusus yang membutuhkan data yang valid dari produk yang diajukan.

Beberapa ciri-ciri diatas bisa menjadi rujukan bagi Anda untuk memilih bubuk minuman yang aman dan berkualitas. Terlebih jika Anda ingin menggunakannya untuk sebuah bisnis maka produk yang dipilih tidak bisa sembarangan.

Berikut kami tampilkan salah satu video dari Youtube Jakarta Powder Supply

Share :