Cara Membuat User Journey untuk Bisnis yang Lebih Besar

Daftar Indodax

Cara Membuat User Journey untuk Bisnis yang Lebih Besar – Ketika mengembangkan produk, Anda tentu harus mempertimbangkan pengalaman pengguna. Apalagi di dunia modern yang serba berkembang, pengalaman pengguna atau user journey memiliki peran yang besar.

Secara mendasar, user journey merupakan aktifitas yang berkaitan dengan pengguan dan produk atau jasa yang sedang Anda kembangkan. Ada dua aspek yang penting dalam user journey, yakni bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan produk atau jasa yang Anda miliki dan bagaimana pengguna ketika berinteraksi dengan produk Anda.

Pentingnya User Journey

Jika Anda ingin mengetahui cara membuat user journey dengan benar, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa pentingnya menggunakan user journey. Jika dilakukan dengan baik, user journey akan memberikan pengetahuan kepada perusahaan, apakah produk yang dipasarkan memang memberikan manfaat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dengan user journey, Anda juga bisa lebih mudah dalam mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu produk. Nantinya identifikasi masalah dan perbaikan bisa dilakukan dengan tepat, sesuai kebutuhan dan keingginan konusmen.

Hal yang sama jika Anda hendak melakukan penambahan fitur pada produk yang Anda kembangkan, dengan menggunakan user journey, Anda bisa mengetahui apakah fitur tersebut tingkat urgensinya memang tinggi. Manfaat yang besar ketika melakukan user journey akan memudahkan Anda dalam mengembangkan perusahaan ke depannya.

Ketahui Cara Membuat User Journey dengan Benar

Dengan mengetahui keuntungan penggunaan user journey, Anda tentunya berminat untuk melakukannya. Meskipun pemula, jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan membuat user journey yang baik, diantaranya:

  • Kenali dan Pahami Pengguna

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali dan memahami pengguna. Cara membuat user journey ini harus diketahui oleh semua pengelola perusahaan, jika Anda tidak mengenali pengguna, tentunya Anda tidak bisa melakukan user journey.

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memahami dan mengenali pengguna adalah dengan melihat latar belakang, kebiasaan dan ekspteasi yang dimiliki pengguna. Dengan begitu, user journey yang akan Anda lakukan bisa maksimal.

 

  • Buatlah Journey yang Memudahkan

Berikutnya adalah memberikan kemudahan kepada pengguna, khususnya dalam aspek journey. Setiap pengguna tentu tidak ingin melakukan sesuatu yang merepotkan, jika bisa dilakukan dengan lebih simpel, maka lakukan user journey dengan tekhnik yang ringkas dan simpel.

 

  • Buat Skenario Alternatif

Jika sebelumnya Anda sudah membuat scenario atau teknis melakukan user journey, perhatikan kembali tiap tahapnya. Cara membuat user journey harus dilakukan dengan seksama, sehingga pengguna bisa langsung memberikan respon atas penggunaan produk yang Anda tawarkan.

 

Dengan membuat scenario secara alternative, maka Anda bisa mendapatkan gambaran lebih baik terkait dengan kesulitan yang dialami oleh pengguna. Informasi dan berbagai timbal balik yang Anda dapatkan, Anda bisa memenuhi kebutuhan serta ekspetasi yang dimiliki oleh pengguna.

Dengan mengetahui cara membuat pengalaman pengguna tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam mengembangkan produk yang dimiliki. Ke depannya Anda tentu tidak kesulitan apabila hendak membuat produk baru untuk ditawarkan kepada pelanggan, sebab sudah sesuai dengan keinginan dan ekspetasi pengguna.

Demikianlah langkah dan cara membuat user journey untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Semoga dengan informasi tersebut Anda bisa mengumpulkan data terkait dengan pengalaman pengguna dengan lebih mudah.  Jika Anda bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, tentunya bisnis yang Anda kembangkan bisa mendapatkan keuntungan besar.

Share :