CBDC Tidak Akan Sepenuhnya Menggantikan Uang Tunai Jika Fed AS Berhasil

Daftar Indodax

Banyak yang berharap bahwa akan segera tiba saat mata uang digital bank sentral, atau CBDC, mengganti dolar fisik untuk selamanya. Komentar dari Ketua Federal Reserve Amerika Serikat Jerome Powell, bagaimanapun, menunjukkan bahwa ini mungkin bukan masalahnya.

Komentar ketua difilmkan dan kemudian ditampilkan di sebuah acara di Swiss pada hari Kamis, menurut sebuah artikel dari Bloomberg. Komite Pembayaran dan Infrastruktur Pasar mengadakan acara tersebut.

Dalam pidatonya, Powell menyebutkan bahwa bank sentral AS dan enam bank sentral lainnya secara kolaboratif menyusun laporan sehubungan dengan Bank for International Settlements. Laporan tersebut menimbang kelangsungan hidup CBDC dalam kaitannya dengan tujuan pemerintah.

Powell menambahkan, sesuai pelaporan Bloomberg:

“Relevan dengan topik hari ini, salah satu dari tiga prinsip utama yang disoroti dalam laporan ini adalah bahwa CBDC perlu hidup berdampingan dengan uang tunai dan jenis uang lainnya dalam sistem pembayaran yang fleksibel dan inovatif.”

Secara keseluruhan, negara-negara telah melakukan pendekatan CBDC secara berbeda. Beberapa negara, seperti Cina, telah berlomba – lomba untuk membuat CBDC. Bahama meluncurkan CBDC-nya , Sand Dollar, pada musim gugur 2020. Namun, AS telah mengendarai kereta yang lebih lambat, memprioritaskan kualitas daripada kecepatan – meskipun komentar dari Powell pada awal 2021 menekankan pentingnya CBDC .

Dalam komentarnya baru-baru ini, Powell menjelaskan, sesuai dengan laporan Bloomberg:

“Krisis Covid telah membawa ke dalam fokus yang lebih tajam kebutuhan untuk mengatasi keterbatasan pengaturan kami saat ini untuk pembayaran lintas batas. […] Dan seperti yang ditunjukkan oleh konferensi ini, terlepas dari tantangan tahun lalu, kami masih dapat membuat kemajuan penting.”

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *