6 Tips Menabung untuk Pelajar Yang Bisa Di Tiru

Daftar Indodax

Wikimedan.com – 6 Tips Menabung untuk Pelajar Yang Bisa Di Tiru. Kebiasaan menabung harus dibiasakan sejak anak-anak. Supaya setelah dewasa nanti mereka terbiasa untuk menyisihkan uang untuk tabungan. Anda harus tahu apa saja tips menabung untuk pelajar jika ingin kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Bagi pelajar, tabungan ini bisa digunakan untuk apa saja. Bahkan tabungan tersebut bisa membantu meringankan beban orang tua dalam hal biaya pendidikan. Jangan biarkan Anda terbiasa dengan sikap malas menabung, yang bisa merugikan diri sendiri di masa depan.

Tips Menabung untuk Pelajar yang Bisa Dicontoh oleh Anak Sekolah

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membiasakan diri untuk menabung. Jika membiasakan diri selalu menabung selagi anak-anak atau selagi muda, maka kebiasaan itu bisa dilakukan hingga dewasa. Berikut ini tips menabung yang bisa dilakukan oleh para pelajar:

  • Menentukan Goal Tabungan Anda

Cara menabung yang paling pertama dan bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan dahulu goal dari tabungan Anda. Misalnya tabungan itu ditujukan untuk membeli apa, apakah untuk membeli keperluan sekolah, biaya sekolah, atau kebutuhan lainnya.

Bisa juga digunakan untuk hal-hal yang Anda inginkan di luar kebutuhan sekolah, karena Anda tak mau membebani orang tua. Contohnya menabung untuk menonton konser musik favorit Anda atau membeli hal-hal yang berkaitan dengan hobi.

Hal itu akan menjadi motivasi tersendiri bagi Anda, sehingga Anda bisa semangat menyisihkan uang untuk ditabung. Ketika sedang menabung tersebut, mungkin Anda ingin menggunakan tabungan itu untuk keperluan lainnya.

Tapi, ingat kembali apa saja yang menjadi goal tabungan Anda sehingga Anda semakin meneguhkan keyakinan dalam menabung.

 

  • Menyisihkan Uang Jajan di Awal

Cara menabung yang tepat untuk anak pelajar yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan menyisihkan uang jajan di awal. Sebaiknya, tidak menyisihkan uang di akhir bulan untuk tabungan. Hal itu malah bisa membuat niat menabung Anda gagal.

Jadi sebaiknya, menabunglah di awal bulan dengan cara menyisihkan uang jajan Anda. Jika Anda menabung di akhir bulan tapi uang bulanan atau uang bekal Anda habis tak tersisa, maka Anda tidak jadi menabung dan hal itu bisa menjadi kebiasaan buruk.

Setelah Anda mendapat uang bulanan dari orang tua, sebaiknya langsung ditabungkan sebagian sehingga bisa meminimalisir tabungan yang terpakai untuk keinginan lain. Jadikan hal itu kebiasaan juga, agar Anda pandai menabung sejak awal.

 

  • Menabung Uang Receh

Supaya Anda bisa menabung dan membiasakan diri untuk menabung maka tak perlu sisihkan uang jajan terlalu banyak. Anda bisa memulainya dari uang receh terlebih dulu dan sesuaikan dengan jumlah uang yang diberikan oleh orang tua.

Sebaiknya Anda tidak meremehkan uang receh hanya karena nominalnya kecil. Tapi uang receh juga bisa menjadi uang dengan nominal yang besar jika Anda menabungnya sedikit demi sedikit. Jangan menghitung yang Anda tabung tersebut, yang penting Anda membiasakan menabung.

 

  • Menggunakan Celengan yang Menarik

Supaya kebiasaan menabung Anda menjadi lebih semangat, maka Anda bisa mencoba menggunakan jenis celengan yang menarik. Misalnya dengan membeli bentuk celengan yang sesuai dengan karakter kesukaan Anda.

Bisa juga dengan menggunakan celengan yang warnanya sesuai dengan warna kesukaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat sendiri celengan yang sesuai keinginan misalnya dari kardus, botol atau bahkan kaleng yang sudah tak terpakai.

Buat celengan semenarik dan sekreatif mungkin, sehingga Anda menjadi lebih semangat ketika harus menabung. Ingatlah bahwa tabungan ini sangat bermanfaat untuk masa depan Anda.

 

  • Mengatasi Goal Menabung yang Lebih Dari Satu

Keinginan setiap orang itu bermacam-macam, wajar jika Anda pun punya banyak keinginan. Mungkin Anda memiliki jenis goal yang berbeda-beda, tapi tidak masalah. Anda hanya perlu mengatur keuangan menjadi lebih bijaksana, dengan memisahkan tabungan masing-masing,

Beri tanda atau label pada setiap tabungan Anda atau pada celengan yang Anda miliki tersebut. Supaya Anda tidak lupa, tabungan mana yang ingin digunakan untuk keinginan yang satu dan keinginan yang lainnya. Anda juga lebih mengetahui progress dari masing-masing tabungan itu.

 

  • Menitipkan Uang ke Orang Lain

Cara lain yang bisa Anda lakukan dalam hal menabung adalah dengan menitipkan uang ke orang yang dipercaya. Namun, pilih orang dewasa yang benar-benar Anda percaya untuk menyimpan uang tersebut. Menabung memang bukan hal yang mudah apalagi jika belum terbiasa.

Anda juga harus bilang pada orang terpercaya tersebut, bahwa ingin menabung dan mempercayakan uang itu pada mereka. Bisa pada orang tua, teman, sahabat, kakak atau adik.

Baca juga : Begini 5 Tips Tampilan Desain Logo Yang Menarik dan Efisien

Maka Anda tak akan tergoda untuk menggunakan uang itu karena uangnya tidak Anda simpan sendiri.

Akan banyak hal yang tidak mudah ketika sedang membiasakan diri untuk menabung. Namun dengan tips menabung untuk pelajar yang telah dijelaskan di atas, maka Anda bisa mulai membiasakan diri untuk menabung.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *