Cara Atasi Anosmia Buat Ringankan Gejala Covid-19 BA.4 & BA.5

Wikimedan.com – Cara Atasi Anosmia Buat Ringankan Gejala Covid-19 BA.4 & BA.5. Kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 terus mengalami kenaikan di tanah air. Adapun salah satu gejala yang ditimbulkan adalah anosmia atau hilangnya kemampuan indra penciuman.

Anosmia bisa memengaruhi kualitas hidup seseorang. Misalnya, menurunkan nafsu makan dan berat badan akibat tidak bisa merasakan makanan.

Kendati demikian, Covid-19 bukan satu-satunya penyakit yang bisa menyebabkan anosmia. Seseorang yang mengalami demam biasa juga bisa terkena gejala ini.Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut? Simak penjelasannya:

Bilas Hidung dengan Larutan Garam

Cara mengatasi anosmia bisa dilakukan dengan membilas bagian dalam hidung dengan larutan air garam. Langkah tersebut dapat dilakukan jika hilang kemampuan indra penciuman yang disebabkan oleh infeksi atau alergi.

Bawang Putih

Sifat anti inflamasi yang kuat dari asam ricinoleic penyusun aktif dalam bawang putih mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Bawang putih juga mengandung sifat anti bakteri yang dapat membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

Hancurkan 4-5 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam secangkir air mendidih. Rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut selagi masih panas, dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

 

Jahe

Gingerol, konstituen aktif jahe memberikan aroma dan rasa jahe yang khas yang membantu merangsang indra perasa dan meningkatkan indra penciuman. Selain itu, sebagai ekspektoran alami, ini juga menunjukkan sifat anti mikroba dan pereda nyeri yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

Bisa juga mengonsumsi jahe dengan menyeduhnya menjadi teh atau mengunyahnya sedikit saja untuk meningkatkan indra penciuman sebagai cara mengatasi anosmia.

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *