Bukti Islam Mulai Berkembang, Inilah 4 Fakta Pesantren di Rusia yang Bikin Netizen Kagum

Daftar Indodax

Bukti Islam Mulai Berkembang, Inilah 4 Fakta Pesantren di Rusia yang Bikin Netizen Kagum. Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang sering ditemui di Indonesia. Ya, hal ini karena mayoritas dari penduduk negeri ini beragama Islam, sehingga pendidikan berbasis agama sangat diperlukan. Tak kalah dengan lembaga pendidikan lainnya, pesantren juga mencetak generasi muda yang berkualitas.

Di Rusia ternyata ada juga hal yang serupa, sebuah pesantren yang didalamnya banyak santri yang menuntut ilmu. Ya, meskipun bukan agama mayoritas tapi keberadaan pesantren ini sangat diakui. Lalu benarkah hal itu? Biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Ramai video pesantren yang santrinya cantik di Rusia

Beberapa waktu yang lalu, netizen dihebohkan dengan video mengenai kehidupan Islam di Rusia. Sebuah kanal Youtube menunjukkan kehidupan sebuah pesantren di negeri beruang merah itu. Uniknya, di pesantren ini tampak semua santrinya perempuan yang cantik.

Semua santriwati di sana menggunakan hijab yang anggun dan sedang mengikuti sebuah pelajaran. Di video tersebut juga dijelaskan bangunan pesantren yang terlihat indah dengan warna cokelat. Adanya video ini tentunya membuat banyak orang kagum dengan kehidupan Islam di sana yang ternyata tidak berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Sedang belajar ilmu agama

Satu hal yang menarik dari video tersebut adalah mengenai apa yang sedang dipelajari para santriwati cantik itu. Pasalnya mereka seperti mempelajari ilmu agama Islam dengan seksama. Hal ini bisa dilihat dari buku-buku dan papan tulisnya yang menggunakan bahasa arab.

Tentunya hal ini makin menambah salut netizen dengan kehidupan santriwati di Rusia itu. Apalagi banyak yang punya paras yang sangat menawan diantara mereka. Namun demikian, apakah benar tempat itu adalah sebuah pesantren masih belum ada info yang valid. Akan tetapi mengenai Islam di Rusia yang berkembang dengan pesat memang sudah ada data validnya.

Islam yang jadi agama terbesar kedua

Usut punya usut, Islam menempati posisi kedua sebagai agama terbesar di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Uniknya, Islam di negara ini ternyata berbeda dengan yang ada di negara Eropa lainnya, yang sebagian besar adalah imigran. Dilansir dari laman Republika, Islam di Rusia dianut oleh penduduk asli di beberapa negara.

Tatar, Bashkirs, dan Chechnya adalah beberapa etnis yang mayoritas penduduknya yang beragama Islam. Tidak hanya itu, pertumbuhan Islam juga lumayan naik secara signifikan selama 10 tahun terakhir. Dilansir dari laman Russia Today, diperkirakan tahun 2050 jika pertumbuhan ini terus meningkat kemungkinan kelak negeri beruang merah ini jadi salah satu negara yang muslimnya terbesar di dunia seperti Indonesia.

Tapi benar ada pesantren di Rusia

Meskipun di video itu kita belum tahu apakah itu benar pesantren atau lembaga belajar saja, namun ternyata memang ada tempat serupa di Rusia. Dilansir dari laman Liputan6, sebuah pesantren Ramadan diadakan oleh Dewan Mufti Rusia ketika bulan suci tiba.

Mereka yang ikut dalam pesantren itu adalah para muslim dari Tatar, Bashkir, Uzbek, Tajik, Kyrgyzs, Dagestans dan Chechnya yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Acara Ramadan Tent ini juga dibuka untuk umum dan diselenggarakan selama bulan suci. Bagi mereka yang tidak beragama Islam namun tertarik, juga bisa datang ke sana.

Islam di Rusia punya masa depan yang cemerlang karena sedang tumbuh dan berkembang. Pemerintah juga menyambutnya dengan baik sehingga warganya juga merasa nyaman. Meskipun bukan mayoritas, namun kehidupan beragama mereka dijamin negara. 

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *